Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Wirausahawan Sosial dapat Pendanaan SGD20.000 untuk Kembangkan Bisnisnya

Keenam pemenang dipilih berdasarkan dampak dan skalabilitas ide bisnis mereka, serta tingkat komitmen dari anggota tim. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 14 Maret 2022  |  19:40 WIB
6 Wirausahawan Sosial dapat Pendanaan SGD20.000 untuk Kembangkan Bisnisnya
Pemenang YSE Global

Bisnis.com, JAKARTA - Enam usaha sosial asal Indonesia menerima dana sebesar SGD$20,000 untuk mengembangkan usaha sosial yang mereka rintis dari Young Entrepreneurs (YSE) Global 2021 yang diselenggarakan oleh Singapore International Foundation (SIF).

Berbagai tim yang berasal dari Kamboja, China, Yordania, India, Indonesia, Thailand, dan Singapura diseleksi dari kelompok yang terdiri dari 41 tim atau 109 kalangan pemuda yang mewakili 16 negara.

Semua tim tersebut telah mengikuti YSE Global 2021 - Workshop dari Juli hingga Agustus 2021. 

Di tahun ini, hampir 70 persen dari solusi yang diusulkan oleh tim yang berpartisipasi merupakan usaha yang berbasis teknologi angka tersebut meningkat tiga kali lipat dari edisi sebelumnya, dan merupakan rekor baru untuk program YSE Global.

Mulai dari deep tech, assistive tech (teknologi pendamping untuk penyandang disabilitas), hingga platform digital, para peserta memanfaatkan beragam inovasi teknologi tersebut untuk mengatasi masalah di bidang inklusi sosial, keberlanjutan sosial, sanitasi, perawatan sosial, dan pendidikan. Semua itu memiliki tujuan utama yaitu agar
menghasilkan dampak keberlanjutan disertai program bisnis yang selaras dengan tujuan PBB.

Keenam pemenang dipilih berdasarkan dampak dan skalabilitas ide bisnis mereka, serta tingkat komitmen dari anggota tim. 

Berikut adalah keenam tim pemenang (dalam urutan abjad):
1. AKYAS Sanitation (Yordania)
2. Kanpur Flowercycling Private Limited (Phool.co) (India)
3. Khmer Super Plantfood (Kamboja)
4. Sojourner Brother (Singapura)
5. TACT (Thailand)
6. VEMBI (India)

Carrie Tan, Pendiri usaha sosial “Daughters Of Tomorrow” dan Anggota Parlemen di Singapura menyampaikan pekerjaan yang dilakukan oleh wirausahawan sosial sangat penting karena mereka memiliki cara baru yang berkelanjutan untuk mengatasi kebutuhan sosial dan lingkungan yang belum terselesaikan di tengah masyarakat.

SIF Governor dan Ketua Juri YSE Global 2021, Ng Shin Ein, mencatat bahwa secara global, terdapat kumpulan pemuda tech-savvy yang didorong oleh rasa tujuan sosial yang kuat untuk menciptakan perubahan positif.

“Saat ini adalah momen yang menyenangkan bagi inovasi sosial. Teknologi telah menciptakan banyak peluang bagi wirausahawan muda untuk membuat perubahan yang berkelanjutan. Mereka telah mengembangkan solusi inovatif untuk menekan tantangan sosial dan lingkungan, dengan keuntungan dan dampak yang sangat penting. SIF dengan bangga mendukung usaha-usaha sosial tersebut dalam perjalanan mereka untuk menciptakan dampak sosial yang lebih besar.” paparnya.

Komerce, salah satu tim usaha sosial yang terpilih dari Indonesia memenangkan suara terbanyak dari komunitas online dan mereka menempati posisi pertama di kontes YSE Friends’ Favourite.

Intan Maulida Lazuardini, Partnership Officer, Komerce dari Indonesia mengatakan ada banyak hal yang bisa dipelajari dari usaha sosial di kancah internasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha kewirausahaan wirausaha muda tips wirausaha inspirasi wirausaha
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top