Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bulan Ramadan, Ini Keuntungan Pebisnis Menggunakan Platform Website

Pemilik usaha yang memiliki platform sendiri juga dapat mengumpulkan data konsumen untuk marketing, dan membuat strategi untuk meningkatkan penjualan seperti di bulan Ramadan ini.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 13 April 2022  |  15:08 WIB
Ilustrasi e-commerce - CC0
Ilustrasi e-commerce - CC0

Bisnis.com, JAKARTA - Saat bulan Ramadan, banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk memulai atau mengembangkan usaha mereka. 

Hal ini lantaran banyaknya masyarakat yang berbelanja secara online, yang dianggap lebih praktis dan juga kini masyarakat telah memasuki era digital.

Walaupun era digital membantu orang untuk lebih mudah dalam berjualan, hal ini juga setara dengan persaingan dengan semakin ketat. Untuk itu, maka Anda perlu memanfaatkan berbagai platform untuk memperluas pemasaran.

Sebagai contoh, Anda dapat memanfaatkan platform aplikasi seperti WhatsApp ataupun sosial media lainnya. Namun marketing Anda tidak akan terlalu luas, karena hanya dapat dilihat oleh lingkaran kontak Anda atau pertemanan Anda. 

Untuk mengatasinya, tak jarang para pengusaha juga mencoba untuk memasarkan produknya melalui marketplace. 

Dilansir dari Niagahoster, diketahui bahwa dua marketplace terbesar di Indonesia bisa mencapai 100 juta pengunjung setiap bulannya. Namun hal ini juga dialami oleh penjual lainnya. 

Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda juga mengembangkan pemasaran Anda melalui website. Melalui website, Anda dapat mengembangkan usaha tanpa kontrol atas pengelolaan platform. 

Head of Niagaweb by Niagahoster, Bijak putranto, mengatakan bahwa dengan memiliki website maka dapat menjadi platform toko online dan memiliki kendali penuh atas usahanya. 

Kemudian, aktivitas branding dan promosi juga menjadi lebih leluasa di platform milik sendiri. 

“Menggunakan marketplace itu ibaratnya kita masih menumpang dan memanfaatkan trafik milik orang lain. Yang juga berarti kita harus mengikuti peraturan dari pemilik platform tersebut. Seller di marketplace juga harus membayar biaya admin pada marketplace yang nominalnya cukup tinggi,” ujarnya.

Untuk itu, website juga dapat mengatasi penghematan biaya seperti bebas dari biaya admin. 

Pemilik usaha yang memiliki platform sendiri juga dapat mengumpulkan data konsumen untuk marketing, dan membuat strategi untuk meningkatkan penjualan seperti di bulan Ramadan ini. 

Anda dapat merancangnya dengan memberikan info mengenai profil bisnis, membuat konten, katalog yang lebih detail dan lain-lainnya. 

Anda juga dapat mempadukan website Anda dengan marketplace dan media sosial, agar bisnis Anda juga semakin kuat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bisnis Online tips bisnis marketplace
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top