Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kamus Entrepreneur: Apa Itu Modal Bisnis

Modal adalah kumpulan dari uang atau barang yang digunakan untuk menjalankan suatu usaha. Kata modal banyak digunakan dalam bisnis.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 Juli 2022  |  07:47 WIB
Kamus Entrepreneur: Apa Itu Modal Bisnis
Karyawan menunjukan Rupiah dan Dolar AS di Jakarta, Rabu (27/1/2021). Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup menguat 15 poin atau 0,11 persen menjadi Rp14.050 per dolar AS. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut KBBI, modal adalah uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya, atau harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan sebagainya.

Atau modal juga bisa berupa barang yang digunakan sebagai dasar atau bekal untuk bekerja (berjuang dan sebagainya)

Sedangkan modal dalam istilah bisnis yakni modal adalah kumpulan dari uang atau barang yang digunakan untuk menjalankan suatu usaha. Kata modal banyak digunakan dalam bisnis.

Mengutip Ajaib.co, modal adalah syarat sah suatu bisnis dapat didirikan. Dengan demikian, tak ada yang bisa menampik pentingnya modal yang dimiliki dalam berbisnis. Bahkan, ketika bisnis sudah berjalan pun, sering kali modal tambahan diperlukan untuk pengembangan bisnis.

Berikut manfaat modal dalam pendirian awal sebuah bisnis

1. Memiliki tempat usaha

Bisnis yang kamu dirikan harus punya tempat berpijak untuk menjalankan aktivitasnya. Sangat merepotkan jika kamu harus menumpang sana-sini dan berpindah-pindah tempat dalam waktu singkat karena tak punya tempat usaha. Di sinilah modal berperan penting untuk pengadaan tempat berbisnis.

2. Bahan produksi

Selanjutnya, produk atau jasa yang kamu tawarkan tentu butuh bahan baku atau fasilitas awal untuk kegiatan produksi. Misalnya, untuk bisnis cuci-setrika, kamu akan membutuhkan berbagai macam bahan pembersih dan pelembut.

3. Sumber daya manusia

Kamu tak mungkin bekerja sendiri sebagai pebisnis, apalagi bila bisnismu terus berkembang. Modal berperan penting menyediakan gaji untuk para karyawanmu selama masa-masa awal bisnis didirikan.

4. Mengantisipasi hal-hal tak terduga

Di tengah perjalanan berbisnis, mungkin saja terjadi hal-hal di luar kendali yang berdampak pada bisnismu. Modal awal yang kamu miliki bisa disisihkan sebagian sebagai simpanan. Bila terjadi peristiwa di luar dugaan, bisnismu akan terus berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal kamus entrepreneur kamus besar bahasa indonesia (kbbi) tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top