Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Entrepreneur: Inkubator Bisnis dan Perannya

Inkubator bisnis adalah program yang dirancang khusus untuk membantu startup muda berinovasi dan tumbuh.
Ilustrasi inkubator bisnis /Kemendikbud
Ilustrasi inkubator bisnis /Kemendikbud

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam bisnis ada istilah yang disebut inkubator bisnis.

Inkubator bisnis adalah program yang dirancang khusus untuk membantu startup muda berinovasi dan tumbuh. Mereka biasanya menyediakan ruang kerja, bimbingan, pendidikan, dan akses ke investor untuk pemula atau pengusaha tunggal.

Sumber daya ini memungkinkan perusahaan dan ide terbentuk saat beroperasi dengan biaya lebih rendah selama tahap awal inkubasi bisnis. Inkubator memerlukan proses aplikasi untuk bergabung dan biasanya memerlukan komitmen untuk jangka waktu tertentu.

Inkubator bisnis sudah ada sejak tahun 1950-an. Sejak itu, mereka telah berevolusi menjadi berbagai bentuk. Meskipun ada beberapa jenis inkubator, semuanya memiliki tujuan yang sama untuk mendorong pertumbuhan.

Berikut adalah beberapa jenis yang mungkin Anda temukan saat mencari program inkubator dilansir dari draperuniversity:

Institusi akademik: Banyak inkubator bisnis dijalankan oleh universitas atau memiliki afiliasi akademik. Beberapa program bekerja dengan mahasiswa, sementara yang lain menerima kelompok perusahaan muda.

Perusahaan pengembangan nirlaba: Baik lembaga nirlaba dan pemerintah menggunakan inkubator untuk merangsang pembangunan ekonomi. Program-program ini mungkin secara khusus menerima perusahaan yang diarahkan pada kesejahteraan masyarakat.

Usaha pengembangan properti nirlaba: Perusahaan besar mengembangkan banyak inkubator untuk berbagai tujuan. Program-program ini dapat menjadi peluang investasi atau cara untuk mendanai anak perusahaan, mengembangkan teknologi atau mencari kemitraan.

Perusahaan modal ventura: Beberapa perusahaan modal ventura mendirikan inkubator sebagai peluang investasi. Inkubator ini dapat berinvestasi di perusahaan rintisan dengan imbalan ekuitas atau menawarkan pendanaan lebih lanjut dalam program ini.

Berapa Lama Biasanya Waktu yang Dibutuhkan Inkubator Bisnis?

Perbedaan antara inkubator dan akselerator adalah bahwa inkubator biasanya mengikuti jadwal yang tidak terlalu kaku dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik bisnis. Program-program ini seperti residensi dengan manfaat tambahan dari program pendidikan dan bimbingan. Akibatnya, proses inkubasi bisnis dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan perusahaan Anda.

Umumnya, Anda dapat tinggal di inkubator selama yang Anda butuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda ke tingkat yang berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler