Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Biaya, Kriteria, Fasilitas dan Cara Daftar Franchise Dunkin’ Donuts

Lantas apa saja yang harus dipersiapkan sebagai mitra dari franchise Dunkin Donuts? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 28 Juli 2022  |  13:35 WIB
Biaya, Kriteria, Fasilitas dan Cara Daftar Franchise Dunkin’ Donuts
Pengunjung mengunjungi kedai drive/thru Dunkin' Donuts Brooklyn, New York, 3 April 2020. (ANTARA)n

Bisnis.com, JAKARTA - Dunkin’ Donuts adalah gerai ternama yang menawarkan donat dengan berbagai pilihan topping.

Sukses menjadi salah satu franchise donat terbesar di kancah internasional, hal ini membuat para pebisnis tertarik menjadi mitra membuka usaha dengan sistem franchise.

Alasannya, karena Dunkin’ Donuts sudah memiliki reputasi yang baik di publik dan manajemen bisnis yang sudah teruji bagus bagus. Sehingga, ini akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis franchise dan menjangkau konsumen baru.

Lantas apa saja yang harus dipersiapkan sebagai mitra dari franchise internasional terkemuka ini? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Profil Dunkin’ Donuts

Tahun 1940 menjadi langkah awal seorang pengusaha bernama Bill Rosenberg mendirikan dan membuka sebuah gerai donut dengan nama Open Kettle di kota Boston, Quincy, Massachusetts, Amerika Serikat.

Dengan adanya perkembangan pesat yang terjadi di tahun kedua, membuat Rosenberg pun memutuskan mengubah nama Open Kettle menjadi nama lain, yakni Dunkin’ Donut dengan sistem franchise (waralaba) pada tahun 1950.

Kemudian di tahun 1970, Dunkin' Donuts telah dikenal sebagai merek internasional dengan reputasi yang luar biasa dalam hal kualitas produk dan pelayanan.

Reputasi dan ketenaran itu jugalah yang kemudian menarik minat Allied Domecq – sebuah perusahaan internasional yang membawahi Togo's dan Baskin Robins - untuk membeli Dunkin' Donuts dari keluarga Rosenberg. Pembelian dan pengambilalihan perusahaan dari keluarga Rosenberg akhirnya disepakati dan dilakukan dengan penuh persahabatan pada tahun 1983.

Meski berganti kepemilikan, Allied Domecq tetap berusaha mempertahankan sistem manajemen yang sudah berjalan di Dunkin’ Donuts. Kalaupun ada yang harus dirubah, perubahan dilakukan dalam skala kecil. Hanya satu yang menjadi ambisi seluruh manajemen Allied Domecq yaitu membantu Dunkin' Donuts memperluas pasar secara internasional. Untuk mewujudkan ambisinya tersebut, diberlakukanlah standarisasi di seluruh counter Dunkin’ Donuts.

Dengan didukung sumber daya manusia yang handal, dalam waktu singkat ambisi Allied Domecq tercapai. Dunkin' Donuts berhasil memperluas pasar secara menakjubkan sehingga gerainya tidak hanya tersebar di benua Amerika, tetapi juga di benua Eropa dan Asia.

Namun melansir dari pemberitaan terbaru, diketahui bahwa pada Desember 2020, Inspire Brands Inc telah mengakuisisi Dunkin’ Brands senilai US$11,3 miliar atau sekitar Rp164 triliun.

Dunkin’ Donuts di Indonesia

Tahun 1985, Dunkin' Donuts mulai merambah pasar Indonesia dengan gerai pertamanya didirikan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta.

Khusus wilayah Indonesia, master franchise Dunkin' Donuts dipegang Dunkin' Donuts Indonesia.

Meski banyak perusahaan-perusahaan multinasional donut lainnya yang juga berusaha mengimbangi gerak Dunkin’ Donuts, seperti Country Style Donuts asal Kanada, Donuts Xpress asal Australia, Krispy Kreme yang juga berasal dari AS, serta masih banyak lagi perusahaan-perusahaan donut lainnya.

Namun, Dunkin’ Donuts-lah yang dinilai paling berhasil dalam meluaskan jaringan pasarnya di Indonesia.

Kini Dunkin' Donuts Indonesia telah berhasil membuka lebih dari 200 gerai yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Menariknya, semua gerai yang tersebar adalah franchise.

Kriteria Menjadi Mitra Franchise Dunkin’ Donuts

Adapun ketika seorang pebisnis memutuskan menjadi mitra, pihak Dunkin’ Donuts Internasional telah mempersyaratkan beberapa kriteria, sebagai berikut:

1. Seorang mitra harus punya pengalaman di Multi-unit Quick Service Restaurant (QSR), retail, dan/atau layanan makanan
2. Mahir dalam menegosiasikan real estate utamanya di pasar tertentu
3. Punya kemampuan dalam mengoperasikan dan tiap struktur organisasi dan mendukung jaringan beberapa restoran di kota-kota besar di wilayah atau negara yang besar
4. Mampu terlibat dalam visi strategis jangka panjang untuk mengembangkan brand Dunkin’ Donuts
5. Punya kemampuan finansial yang cukup untuk mengembangkan minimal 20 restoran selama periode waktu tertentu.

Biaya Franchise Dunkin’ Donuts

Tidak ada informasi terkait berapa biaya yang diperlukan untuk membuka sistem franchise Dunkin’ Donuts di Indonesia. Namun, melihat segmen pasar yang masuk dalam kelas ekonomi menengah ke atas, maka harga franchise yang ditawarkan juga lumayan tinggi.

Melansir dari laman resmi global.dunkinfranchising.com, disebutkan bahwa ada biaya akan tergantung permintaan pasar dan jumlah restoran yang didirikan.

Sehingga, apabila Anda memutuskan akan mendirikan sebanyak 20 gerai sekaligus, maka Anda harus memiliki aset likuid sebesar US$1,5 juta atau sekitar Rp22 miliar dengan total kekayaan bersih sebesar US$3 juta atau sekitar Rp44 miliar. Sebagai tambahan informasi, biaya royalti akan dikenakan sebesar 5,9%. Sementara, untuk biaya royalti iklan sebesar 5% dengan ketentuan perjanjian selama 20 tahun.

Fasilitas Franchise Dunkin’ Donuts

Mengutip dari Entrepreneur, agar nantinya calon mitra tidak merasa kesulitan dalam proses penanganan bisnis, maka pihak Dunkin’ Donuts akan selalu memberi dukungan sesuai dengan standar kelas dunia, seperti:

1. Program Pelatihan

Calon mitra Dunkin’ Donuts akan menjalani serangkaian persiapan sebelum Anda dapat mengelola toko, antara lain:

- Pelatihan produksi akan mengajarkan Anda bagaimana produk dibuat
- Pelatihan operasi toko akan mengajarkan dan menguji Anda bagaimana menangani operasi toko Anda sehari-hari, dan yang terakhir Pelatihan
- Pemasaran toko lokal akan mengajarkan Anda strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja keuangan bisnis Anda dan penjualan.

2. Bantuan Pemilihan Lokasi

Pihak Dunkin’ Donuts akan membantu Anda menemukan lokasi yang menguntungkan untuk menempatkan bisnis Anda.

3. Dukungan Pemasaran dan Promosi

Pihak Dunkin’ Donuts akan melakukan memberikan penawaran berupa strategi nasional untuk memasarkan bisnis Anda dan memberi tahu Anda tentang produk baru yang masuk untuk dijual oleh bisnis.

Tak hanya itu, pihak Dunkin’ Donuts akan membantu ada dalam menguasai periklanan kerjasama, template iklan, publikasi di media nasional, periklanan regional, media sosial, SEO, pengembangan website, email pemasaran dan aplikasi loyalitas customer.

Dalam pembukaan gerai Anda, nanti pihak Dunkin’ Donuts akan membantu Anda dalam operasi dan segala pertanyaan serta masalah apa pun yang mungkin Anda temui.

4. Panduan Konsultasi Berkelanjutan

Meskipun pihak Dunkin’ Donuts tidak akan membatasi Anda dalam mengoperasikan bisnis, tapi secara berkala pihak Dunkin’ Donuts akan mengontrol bahkan memberikan saran tentang hal-hal yang dapat mengembangkan bisnis Anda lebih jauh.

Cara Daftar Franchise Dunkin’ Donuts

Beberapa tahapan yang perlu Anda persiapkan agar diterima menjadi mitra Dunkin' Donuts antara lain:

1. Langkah pertama adalah mengajukan permohonan franchise Dunkin’ Donuts dengan mengakses laman resmi global.dunkinfranchising.com dan kirimkan pengajuan franchise ke email [email protected]

2. Tunggu beberapa hari untuk tim franchise Dunkin’ Donuts akan meninjau permohonan Anda dan menghubungi Anda

3. Setelah uji tuntas awal selesai, biasanya Anda akan bertemu dengan manajer franchise sesuai dengan wilayah negara. Kemudian, Anda bisa memulai negosiasi tentang rencana bisnis sebagai panduan untuk menjalankan bisnis Anda

4. Setelah rencana bisnis Anda diserahkan kepada Manager Franchise, Anda akan diminta untuk memberikan semua dokumen hukum dan kemudian status keuangan Anda akan ditinjau. Jika Anda memenuhi semua kriteria yang diperlukan, Anda akan menerima surat persetujuan menjadi franchise Dunkin’ Donuts.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dunkin donuts donat franchise waralaba
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top