Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Sukses Pendiri Krispy Kreme, Sudah 17 Tahun di Indonesia

Kesuksesan Krispy Kreme sebagai salah satu toko donat legendaris di dunia, tidak lepas dari tangan dingin pendirinya.
Krispy Kreme/krispykreme
Krispy Kreme/krispykreme

Bisnis.com, JAKARTA -- Panganan berbahan dasar tepung terigu yang hangat, lembut, dan khas dengan lubang di tengahnya, donat, menjadi favorit banyak orang. 

Beberapa toko bahkan menjadi tenar dan mendunia lantaran menjual camilan manis ini, seperti Dunkin' Donut dan Krispy Kreme. 

Kesuksesan Krispy Kreme sebagai salah satu toko donat legendaris di dunia, misalnya, tak terlepas dari tangan dingin pendirinya. 

Adalah Vernon Rudolph, yang memulai bisnis toko makanan khusus donat yang diberi nama Krespe Kreme. Mengutip berbagai sumber, pria kelahiran Kentucky, Amerika Serikat 30 Juni 1915 itu meniti bisnis donatnya usai lulus sekolah saat pamannya membeli sebuah toko donat beserta resepnya dari Prancis. 

Lantaran bisnis pamannya tak berjalan lancar, dia menjual toko donatnya kepada ayah Rudolph dan mereka mulai bekerja di toko donat yang diberi nama Krispy Kreme tersebut. Berbeda dari sebelumnya, ayahnya justru berhasil membuka tiga toko dalam beberapa tahun.   

Rudolph kemudian memutuskan untuk memiliki toko donat Krispy Kremenya sendiri pada 1937. Dia menyewa gedung di seberang Salem College and Academy dan membuka toko menggunakan resep asli Krispy Kreme. 

Aroma donat lezat yang menyebar ke jalanan, membuat para pejalan kaki tertarik mengunjungi tokonya yang sederhana. Beberapa pelanggan pertamanya adalah orang-orang yang lewat setelah belanja di supermarket sekitar yang menanyakan apakah mereka bisa membeli satu donat hangat. 

Seiring waktu berjalan, Rudolph akhirnya mulai menjual waralaba toko donatnya mulai 1940, dan paada 1947 dua mendirikan Krispy Kreme Corporation sebagai Chairmaan President. 

Di bawah kepemimpinannya, Krispy Kreme terus berekspansi mulai 1950 membuka toko di Savannah, Georgia dan melebarkan sayap ke beberapa daerah lainnya di Amerika. 

Pada 1967, Krispy Kreme Doughnut Corporation akhirnya dibeli oleh Beatrice Foods dan membuka lebih banyak kesempatan berwaralaba pada 1982. 

Sejak itu, Krispy Kreme terus melakukan mengebut ekspansi hingga pada 1990 mulai membuka toko di luar Amerika Serikat, seperti di Kanada, bahkan ke Asia seperti di Taiwan, Korea Selatan, Malaysiaa, Filipina, Singapura, dan termasuk di Indonesia. 

Hak waralaba Krispy Kreme di Indonesia sendiri dipegang penuh oleh Mitra Adiperkasa, dan pertama kali membuka cabangnya di Tanah Air pada 2006. 

Atas kesuksesan tersebut Krispy Kreme kemudian masuk dan melantai di bursa AS, Nasdaq, pada 5 April 2000 dengan simbol saham KKD. Namun, lantaran perusahaan donat ini mengalami penurunan kinerja harga sahamnya ikut anjlok dengan pada 2005 turun sekitar 75-80 persen sehingga kembali menjadi perusahaan tertutup. 

Setelah kembali bangkit, pada Mei 2021 Kispy Kreme akhirnya kembali mengajukan menjadi perusahaan terbuka dan kembali IPO pada 1 Juli 2021 di bawah nama perusahaan Krispy Kreme Inc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper