Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Bisnis Cuan di Hari Kemerdekaan 17 Agustus

Lantas, ide bisnis 17 Agustus apa saja yang menguntungkan? Berikut beberapa ide yang bisa Anda jadikan inspirasi
Penjual bendera musiman merapikan dagangannya di Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (7/8). Bendera dan umbul-umbul yang dijual dengan harga Rp20.000 hingga Rp500.000 itu mulai marak dijual di sepanjang jalan trans Sulawesi./Antara-Akbar Tado
Penjual bendera musiman merapikan dagangannya di Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (7/8). Bendera dan umbul-umbul yang dijual dengan harga Rp20.000 hingga Rp500.000 itu mulai marak dijual di sepanjang jalan trans Sulawesi./Antara-Akbar Tado

Bisnis.com, JAKARTA - Di hari kemerdekaan RI, banyak pebisnis yang memanfaatkan momen untuk menarik pelanggan sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan.

Perayaan HUT RI memang menjadi salah satu hal yang paling ditunggu oleh masyarakat. Antusiasme mereka sangat besar pada momen ini. Sebab, akan ada berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari upacara bendera, perlombaan, bazaar sampai ke konser musik di berbagai wilayah.

Oleh karenanya, momentum ini bisa menjadi peluang menarik, karena banyak orang akan mencari berbagai pernak-pernik atau jasa yang bertemakan kemerdekaan.

Lantas, ide bisnis 17 Agustus apa saja yang menguntungkan? Berikut beberapa ide yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Bisnis Bendera dan Berbagai Macam Dekorasi

Menyambut hari kemerdekaan, yakni pada tanggal 17 Agustus, biasanya setiap rumah maupun gedung akan berinisiatif memasang bendera merah putih menunjukkan sikap nasionalisme.

Artinya, atribut yang satu ini, akan sangat dibutuhkan, demi perayaan hari kemerdekaan yang sakral. Sehingga, kebutuhan akan bendera pun meningkat. Pada momen ini, Anda bisa menjual bendera kain dengan berbagai ukuran

Tak hanya itu, berbagai macam dekorasi yang bertemakan merah putih, pasti akan laku di pasaran.
Hal ini, karena masyarakat membutuhkannya untuk menghias jalanan, lapangan, hingga ruangan di kantor, sekolah, dan lainnya.

Sehingga, Anda bisa berbisnis, bendera plastik dan bendera kain berbagai macam ukuran, umbul-umbul warna merah putih, balon-balon, bendera hiasan warna-warni, lampion merah putih, hiasan pita merah putih, hiasan dinding tema Pancasila, pigura Pancasila, pahlawan, atau tokoh negara.

2. Layanan Sewa Kostum Adat/Profesi dan Tata Rias

Salah satu cara memaknai kemerdekaan dengan membuat acara pawai menggunakan pakaian daerah atau kostum profesi. Mulai dari tingkat RT/RW, sekolah, universitas, perusahaan, hingga instansi. Tujuannya untuk memperkenalkan pakaian adat, memahami keberagaman, menunjukan keindahan budaya, dan menjaga kelestarian budaya.

Sehubungan dengan itu, maka sewa kostum profesi dan baju tradisional menjadi pilihan bisnis menjelang kemerdekaan yang cukup laris.

Sediakan berbagai model, ukuran, dan jenis baju. Terutama baju adat dan baju profesi untuk anak-anak karena pawai baju adat paling sering diselenggarakan di tingkat TK dan SD.

Sambil menyewakan baju, bagi Anda yang memiliki keahlian merias, bisnis ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang mencari uang tambahan.

3. Layanan Jasa Fotografi dan Videografi

Selain berupa barang, Anda juga bisa kembangkan ide bisnis hari kemerdekaan, berupa jasa seperti fotografi. Di momen seperti itu, tentunya banyak hal-hal yang ingin didokumentasikan, seperti upacara bendera, perlombaan warga, atau acara kemerdekaan di berbagai skala.

Untuk mendapatkan peluang ini, maka Anda bisa mengiklankan diri, untuk menyewakan jasa fotografi ataupun videografi, di media sosial Anda.

Adapun, target pasar yang biasa menyewa seorang fotografter di suatu acara adalah instansi swasta, lembaga pemerintahan lingkungan masyarakat atau bahkan suatu organisasi.

Fotografer ataupun videographer juga bisa dengan suka rela mengambil gambar momen kemerdekaan untuk menjualnya ke situs stock photo dan video di internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Merchandise Bertemakan Indonesia

Salah satu ide bisnis di hari kemerdekaan yang bisa Anda coba, yaitu usaha merchandise bertemakan Indonesia.

Berbagai produk bisa Anda jadikan merchandise, mulai dari kaos, jaket, topi, tote bag, payung, jam dinding hingga masker.

Anda bisa sediakan produk-produk tema Indonesia tersebut dengan desain custom dan sentuhan yang lebih modern tanpa mengurangi nilai-nilai kebangsaan, sehingga bisa tetap cocok digunakan kapan saja.

5. Jasa Desain dan Percetakan

Bagi Anda yang menjalankan bisnis jasa percetakan sekaligus desain, bisa dipastikan keuntungan akan berlipat-lipat di sepanjang bulan Agustus ini.

Hal ini karena, menjelang hari kemerdekaan Indonesia, bisnis jasa percetakan dan desain akan mendapatkan banyak sekali pesanan atas plakat, piagam, banner, dan umbul-umbul akan dari berbagai instansi swasta maupun pemerintah.

6. Jual Piala dan Medali

Menjelang perayaan HUT RI, akan ada berbagai perlombaan baik yang diadakan oleh kelompok karang taruna maupun dari instansi seperti sekolah dan perusahaan. Mulai dari lomba yang berhubungan dengan olahraga, peragaan busana, atau perlombaan dari aneka permainan tradisional rakyat Indonesia seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, dan sebagainya.

Sejalan dengan tradisi tersebut, permintaan piala dan medali sebagai hadiah bagi pemenang perlombaan ikut meningkat. Biasanya, pemesanan dilakukan dalam jumlah yang cukup banyak. Maka dari itu, kamu perlu memerhatikan ketepatan waktu dan juga kualitas produknya.

Desain piala atau trofinya sendiri bisa Anda yang buat atau mengikuti request dari pelanggan. Untuk materialnya, piala atau trofi dapat dibuat dari bahan logam, akrilik, resin, fiber, hingga kayu.

7. Bisnis Jajanan Kuliner

Di hari kemerdekaan, mayoritas masyarakat akan merayakannya dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, lomba panjat pinang, acara konser musik, dan sebagainya. Apalagi, setelah mengikuti perlombaan, biasanya peserta atau panitia merasakan dahaga dan lapar.

Sehingga, dengan adanya orang berkumpul, Anda bisa memanfaatkan momentum ini untuk mendulang untung dengan berjualan makanan atau minuman ringan di sekitar lokasi keramaian tersebut. Agar lebih menarik, Anda bisa coba menyajikan menu khas kemerdekaan. Misalnya, es merah putih dan jajanan tradisional khas Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper