Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Membangun Bisnis Studio Musik yang Menguntungkan

Melansir dari Careers in Music pada Jumat (05/8/2022), berikut ulasan Bisnis terkait tips memulai bisnis studio musik.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 06 Agustus 2022  |  02:15 WIB
Tips Membangun Bisnis Studio Musik yang Menguntungkan
Studio musik - michaelsimpsonjr.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis studio musik selalu menjadi peluang usaha bagi para pebisnis, mengingat industri ini kian tumbuh dengan subur.

Memang membuka bisnis studio musik memerlukan modal yang tak sedikit, tetapi untung yang akan didapat cukup menggiurkan, apalagi jika studio musiknya memiliki layanan yang diinginkan pelanggan.

Untuk membuka bisnis ini, maka Anda memerlukan tempat dengan ruangan kedap suara (akustik), serta alat-alat musik, seperti gitar, bass, drum, mic dan sistem audio.

Semakin tinggi target market yang Anda tuju, semakin banyak pula alat musik yang dibutuhkan, dan cobalah buat tarif sewa per jam sesuai dengan target market Anda.

Tips Memulai Bisnis Studio Musik

Lantas bagaimana tips memulai bisnis studio musik?

Melansir dari Careers in Music pada Jumat (05/8/2022), berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

1. Lakukan Riset Pasar

Anda harus memutuskan apakah target pasar Anda adalah sekumpulan band rock, rapper, artis mapan, pendatang baru. Setelahnya, sebagai langkah awal, Anda harus mulai lakukan survei, di mana orang-orang itu merekam dan berapa banyak yang mereka bayarkan, ini bisa menjadi modal untuk menentukan tarif bisnis studio musik Anda. Sesuaikan harga dengan fasilitas yang ada di studio musik Anda.

2. Tentukan Lokasi dan Atur Ruangan

Dalam sebuah bisnis, sangat penting untuk menentukan lokasi strategis. Apakah studio musik Anda akan berada di area pusat kota atau di pedesaan atau bahkan di area non perumahan.

Selain lokasi studio musik, ruangan musik juga menjadi hal yang harus sangat diperhitungkan dalam pembuatan studio musik. Anda pastinya akan membutuhkan peredam suara untuk studio musik Anda agar suara yang dihasilkan tidak mengganggu orang lain. Pemilihan busa peredam pun harus diperhatikan dengan seksama agar suara yang dihasilkan lebih baik lagi.

Tak hanya itu, Anda juga harus mempertimbangkan ruangan yang ideal, termasuk luas dan pemandangannya agar anggota band merasa nyaman. Bahkan, memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak.

3. Kumpulkan Tim Pengelola Terbaik

Usaha studio musik memerlukan tim untuk mengatur sistem manajemen yang baik agar semua biaya atau budget awal bisa dikembalikan secepatnya. Bukan hanya itu saja, sistem manajemen yang baik harus bisa mengontrol pengeluaran biaya sehemat mungkin, namun bisa memberikan kuaalitas tinggi seperti studio musik yang sudah besar dan terkenal dimana-mana.

Tentu saja kemampuan teknis dan keterampilan bisnis sama pentingnya. Anda harus menikmati pencapaian teknis, tapi jangan pernah berhenti menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan Anda. Sebab, hal ini bisa mendatangkan proyek yang lebih besar yang mungkin menyenangkan dan lebih menghasilkan.

Dalam hal ini, kreativitas akan teruji untuk membuat Anda sebagai pemilik usaha bisa memberikan manajemen terbaik. Jadi, sebelum mulai membuka usaha ini, pastikan Anda sudah memiliki sistem manajemen teratur yang mampu menutupi semua masalah yang akan terjadi di masa depan.

4. Persiapkan Alat Musik dan Lakukan Perawatan

Apabila Anda masih merintis bisnis studio musik. Tidak ada salahnya untuk Anda menyesuaikan budget dapat membeli beberapa alat musik yang sesuai dengan visi misi studio misalnya, alat musik lokal atau biasa, dan alat musik yang memiliki lisensi atau original.

Lalu, apabila Anda berencana untuk menargetkan jenis musik tertentu, atau bahkan menambahkan fasilitas rekaman musik, maka Anda harus bersiap dengan beberapa perlengkapan tambahan. Anda juga harus
memiliki pengalaman sebagai produser terlebih dahulu, dengan beberapa lagu.

Tapi, sebagai alternatif, Anda dapat mengarahkan bisnis Anda ke penyanyi dan artis solo (yang mungkin sering merekam cover hingga backing track), dalam hal ini iklan yang bagus dan citra studio profesional akan sama pentingnya dengan output musik Anda

Namun, yang paling dari itu semua adalah, perawatan rutin, di mana mikrofon, alat-alat musik, dan perawatan ruangan harus selalu menjadi hal pertama yang dipikirkan

5. Lakukan Promosi

Dalam menjalankan bisnis studio musik diperlukan strategi yang tepat agar bisnis Anda banyak peminat. Media sosial menjadi wadah yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda. Selain itu, beriklan di media sosial tidak membutuhkan biaya yang besar

Selain itu, jadilah sponsor untuk acara musik. Ketika menjadi sponsor, bisnis studio musik Anda akan dikenal banyak orang. Bergabunglah dengan komunitas sesama pebisnis rental studio musik.

Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan komunitas melalui forum atau perkumpulan yang berisikan beberapa orang dengan hobi, kegemaran, dan pemahaman yang sama. Bergabung di komunitas bisnis rental studio musik bisa menjadi salah satu cara untuk mengenal serta memahami apa yang disukai atau dibutuhkan oleh calon konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

musica studio musik tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top