Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Pebisnis Minuman Kekinian Tetap bertahan di Tengah Ketatnya Kompetisi

Dalam membantu mewujudkan hal tersebut, salah satu produsen bubuk minuman lokal Forest Beverage Solutions merangkul barista  dan pelaku bisnis coffe shop untuk
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  21:01 WIB
Tips Pebisnis Minuman Kekinian Tetap bertahan di Tengah Ketatnya Kompetisi
Minuman kekinian Forest - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis kedai kopi dan minuman kekinian masih menggoda dan menarik untuk dikelola karena pertumbuhannya yang masih terus positif.

Berdasarkan tingginya minat konsumen terhadap banyaknya minuman kekinian yang tersebar di pasaran saat ini, bisnis ini pun menjadi salah satu usaha yang terbilang menjanjikan.

Hal tersebut tentunya membuat banyak orang juga ingin turut membuka bisnis sejenis. Namun sebelum memulai bisnis ini, pastinya diperlukan strategi dan rencana bisnis yang tepat. Selain itu, yang tidak kalah penting ialah bahan baku berkualitas sebagai bahan dasar pembuatan minuman itu sendiri.

Dalam membantu mewujudkan hal tersebut, salah satu produsen bubuk minuman lokal Forest Beverage Solutions merangkul barista  dan pelaku bisnis coffe shop untuk memperkenalkan produknya.

CEO dan Co-Founder Forest, Muadzin F Jihad, mengatakan alasan mereka merangkul semua pelaku bisnis kopi dan minuman kekinian serta barista, karena merupakan ujung tombak kedai kopi.

Adapun cara mereka merangkulnya adalah dengan komunitas Barista Indonesia mengadakan dua jenis lomba, latte art dan manual brew. Memperebutkan hadiah total uang tunai 10.000.000 rupiah dari tiap-tiap lomba tersebut.

Sedangkan dengan para pelaku bisnis coffee shop dan minuman kekinian dengan mengadakan talkshow seputar bisnis kopi dan kedai kopi. Talkshow ini diisi oleh narasumber dari berbagai pihak, yaitu komunitas barista, institusi pelatihan kopi, penyedia mesin kopi dan grinder, penyuplai susu foaming, dan pihak Forest sendiri sebagai produsen bubuk  minuman dan sirup.

Muadzin juga menjelaskan bahwa pada tahun ini, Forest mentransformasi konsep dan kategori bisnisnya, sekaligus mengubah logonya. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Forest mentrasnformasi nama bisnis yang sebelumnya ialah Forest Bubble Drink menjadi Forest Beverage Solutions.

“Artinya kami tidak lagi hanya menjadi produsen dan supplier bubuk minuman, tapi kami adalah solusi dari segala permasalahan yang ada di bisnis minuman pelanggan dan klien kami. Karena itu, meluncurkan produk format liquid termasuk salah satu solusi menjawab kendala konsumen, sekaligus strategi untuk memperluas pasar produk Forest,” imbuhnya.

Hafizh Suradiharja selaku Founder dan Owner Forest menambahkan, sejalan dengan proses transformasi tersebut, kami di tahun ini juga meresmikan divisi non-profit Forest Innovation Center. Sebuah pusat edukasi, konsultasi, dan R&D untuk klien dan pelanggan kami yang memiliki kendala seputar bisnis minuman, atau juga untuk calon pengusaha yang ingin membuka bisnis minuman atau kedai kopi kekinian.”

Forest Innovation Center sebagai pusat edukasi rutin mengadakan pelatihan offline dan online mengenai cara membuka bisnis minuman, tips dan trik, perumusan menu, penghitungan modal awal dan HPP, operasional, digital marketing, dan lain-lain.

Di samping pusat edukasi, Hafizh mengungkapkan bahwa Forest juga akan segera merilis portal edukasi bisnis berisi video pembelajaran dan tutorial berbasis web. “Untuk pendaftaran training, mendapatkan produk baru Forest Syrup, atau produk Forest Powder Drink yang telah populer lebih dulu, bisa langsung ke website resmi kami www.forestbeveragesolutions.com,” pungkasnya.

Forest juga secara resmi meluncurkan produk baru bernama Forest Syrup. Forest Beverage Solutions sendiri sebelumnya dikenal dengan nama Forest Bubble Drink dan menjadi top seller nomor satu di salah satu marketplace ternama sejak tahun 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi minuman kekinian
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top