Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ide Jualan Makanan Kekinian untuk yang Baru mencoba Jualan

Ada banyak ide jualan makanan yang bisa dikreasikan dan dijadikan usaha, simak rekomendasi dari bisnis.com.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 15 Agustus 2022  |  11:16 WIB
Ide Jualan Makanan Kekinian untuk yang Baru mencoba Jualan
Lemper ayam bisa menjadi ide jualan makanan. - resepkoki.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis makanan memang selalu laku dan tentunya banyak dicoba oleh penggiat bisnis. Ide jualan makanan bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Tentunya faktor rasa menjadi nomor satu agar bisnis makanan yang kamu tekuni bisa terus berkembang. 

Peluang bisnis makanan di Indonesia sendiri cukup tinggi, menurut hasil riset Statista, pendapatan dari jualan makanan diprediksi mengalami peningkatan hingga 10,79 persen hingga tahun 2025. Bisa dilihat, banyak sekali bisnis makanan baru yang bermunculan dan tentunya bisa berkembang dengan pesat. 

Bisnis makanan kekinian menjadi peluang yang paling menggiurkan untuk kamu lakukan sebagai pemula. Sebab, target marketnya lebih jelas dan pastinya sudah memiliki popularitas tersendiri untuk konsumen. 

Berikut beberapa ide jualan makanan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Ide jualan makanan kekinian

a. Lemper

Makanan yang terbuat dari beras ketan dan diisi dengan daging ayam di dalamnya masih hits hingga saat ini. Lemper dianggap salah satu makanan yang sederhana namun mengenyangkan. Sudah tidak heran, makanan ini diburu di manapun. Kamu bisa menjual lemper ini dengan dititipkan di pasar dan di warung. 

b. Keripik

Banyak sekali bahan makanan yang sekarang digunakan sebagai bahan untuk membuat keripik. Seperti, pisang, singkong, kentang hingga usus ayam. Jajanan keripik ini sangat diminati selain karena tekstur nya yang kriuk, tetapi juga bumbunya yang bervariasi membuat keripik ini membuat para peminatnya ketagihan. 

c. Donat

Mungkin terdengar aneh karena makanan seperti donat ini dijual dengan harga seribuan. Tapi, memang ada donat dengan harga seribuan, dengan toping yang beragam dan bentuk yang unik. Donat seribuan bisa kamu buat dari tepung terigu, dan pastikan menggunakan tepung terigu yang berkualitas agar donat juga enak saat disantap. Selain menggunakan media social, kamu juga bisa menjual donat dengan sistem pemasaran dari mulut ke mulut. 

d. Telur gulung

Jajanan seribuan masa kecil ini yang hamper semua orang tau keberadaannya, apalagi jika buka telur gulung. Biasanya telur gulung bisa kamu temui di depan sekolah. Namun, kamu juga bisa membuat ide bisnis dengan telur gulung ini. Melihat sekarang ini peminatnya semakin meningkat, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk kamu yang ingin memulai bisnis. 

e. Tahu Bulat

Tahukah kamu para pedagang tahu bulat ini bisa mendapatkan omset hingga ratusan ribu per harinya? Selain harganya yang murah, rasanya yang enak dan mengenyangkan membuat tahu bulat ni menjadi makanan terkenal di semua kalangan. 

Tips untuk menjalankan usaha ini yang pasti kamu harus mencari lokasi strategis sesuai dengan target market kamu, pastikan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas dan juga pahamilan selera pasar kamu. 

2. Ide jualan makanan online

a. Salad buah dan sayur

Pola hidup sehat kini tengah banyak diminati oleh masyarakat sehingga menjual salad buah dan salad sayur bisa menjadi ide jualan online. Kamu bisa menjual satu porsi salad yang berisikan macam-macam sayur atau buah di dalamnya. 

Jika ingin menjual salad sayur, kamu bisa menyajikan beberapa jenis dressing yang menarik, mulai dari saus kacang, saus cajun, mayones dan lainnya. Buatlah satu porsi salad semenarik mungkin dengan tempat yang menarik dan harga yang dapat bersaing. 

b. Kue kering

Usaha kue sering banyak diminati di bagai momen tertentu seperti hari lebaran, hari natal dan hari raya imlek. Umumnya seseorang akan membeli kue kering untuk dihidangkan pada para tamu yang singgah atau berkunjung ke rumah pada hari-hari tersebut. 

Jika kamu ingin mencoba menjual kue kering sendiri, kamu bisa memulainya dengan mencari resep kue yang enak. Tidak perlu repot untuk membuka took, kamu dapat melakukan promosi lewat grup whatsapp. 

c. Frozen food

Makanan ini biasanya terbuat dari olahan daging ayam, sapi ataupun ikan yang dibekukan lalu di vakum. Ide jualan makanan online frozen food ini cukup familiar di Indonesia. Contoh dari frozen food ini adalah sosis, nugget, siomai hingga kentang goreng. 

Saat ini, frozen food juga terdapat berbagai macam varian rasa dan olahan. Salah satunya bisa dicampur dengan sayuran. Ada juga frozen food yang mulai merambah ke snack manis. Seperti donat, roti goreng, dan masih banyak lagi. 

d. Dessert box

Akhir-akhir ini, dessert box menjadi ide jualan makanan online yang banyak digemari. Rasanya beragam serta terdapat banyak layer tekstur dalam satu kotaknya, membuat siapapun ketagihan menyantap makanan yang satu ini. 

Dessert box yang banyak digemari adalah dessert box dengan rasa-rasa yang unik, mulai dari red velvet, Nutella, lotus hingga boba. Selain itu, dessert box juga hadir dengan tampilan kemasan yang cantik dan beragam. 

Itulah ide jualan makanan yang bisa kamu coba jika tertarik untuk terjun ke dunia bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ide Jualan ide bisnis peluang bisnis makanan tips bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top