Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 18 Ide Bisnis Menguntungkan untuk Mahasiswa Tambah Penghasilan

Jika Anda unggul dalam mata pelajaran tertentu, bantulah teman-teman Anda sebagai tutor. Anda dapat mengenakan biaya untuk sesi individu atau menawarkan paket k
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai mahasiswa dan menjalani studi di perguruan tinggi ini menjadi waktu yang tepat untuk belajar dan berkembang.

Bahkan, keadaan ini menuntut mahasiswa untuk mengelola hidup dengan baik, termasuk dalam masalah keuangan.

Namun, tak jarang dari mahasiswa dapat memperoleh uang saku tambahan tanpa harus mengandalkan kiriman orang tua.

Hal ini sangat bagus, sebab berbisnis bukan hanya menambah uang saku, tetapi sebagai modal dan pengalaman yang dapat dijadikan pilihan setelah lulus kuliah.

Lalu, apa saja ide bisnis menarik untuk mahasiswa?

Melansir dari Small Business Trends pada Rabu (03/8/2022), berikut ide yang layak dipertimbangkan.

Mengapa Mahasiswa Harus Memulai Bisnis?

Banyak hal positif yang bisa Anda dapatkan dengan berbisnis saat masih mahasiswa. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Hasilkan uang tambahan: Memulai bisnis dapat membantu Anda menutupi biaya kuliah, buku, atau biaya hidup. Dengan ide bisnis yang sangat menguntungkan, Anda bahkan dapat menghemat banyak uang untuk kelulusan saat Anda sendirian.

2. Lebih dulu memulai karir Anda: Banyak orang memulai karir mereka setelah dari perguruan tinggi. Tetapi jika impian Anda memang terkait dunia usaha, maka terjun ke bidang kewirausahaan selama kuliah berarti Anda semakin dekat dengan tujuan Anda setelah lulus.

3. Mampu membuat resume yang mengesankan: Jika Anda tertarik dengan jalur karir, maka bisnis yang Anda buat, bisa menjadi sebuah nilai jual diri Anda, karena Anda dapat melakukan personal branding, terkait ambisi, kreativitas, dan kepemimpinan Anda, dan ini akan membuat recruiters terkesan dan memberi Anda peluang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

4. Manfaatkan peluang jaringan: Selama anda melakukan bisnis, secara tidak sadar Anda memiliki akses ke banyak bantuan selama di sekolah, dari siswa dan guru lain hingga pusat bisnis dan organisasi siswa. Terhubung dengan orang lain yang memiliki koneksi ke industri Anda untuk berbagi ide atau bermitra dalam usaha baru.

5. Mulai di lingkungan berisiko rendah: Banyak mahasiswa memiliki pinjaman atau bantuan orang tua yang menutupi biaya hidup selama kuliah. Namun, apabila Anda menghasilkan uang sendiri selama kuliah dan bisa mengelolanya. Maka, ini bisa menjadi tabungan Anda untuk masa depan. atau hari tuamu makin terjamin karena sudah ada bekal.

Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Ada banyak ide bisnis startup yang bisa Anda jalankan di kampus Anda, berikut adalah beberapa pilihan bisnis kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper