Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuma 3 Persen Anak Muda yang Jadi Pengusaha, PIP Ungkap Penyebabnya

Ternyata ini penyabab hanya 3 persen anak muda yang berminat jadi pengusaha. Simak penjelasan PIP Kemenkeu.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 26 Agustus 2022  |  09:57 WIB
Cuma 3 Persen Anak Muda yang Jadi Pengusaha, PIP Ungkap Penyebabnya
Direktur Kerja Sama Pendanaan dan Pembiayaan Pusat Investasi Pemerintah Muhammad Yusuf dalam UMi Youthpreneur Competition 2022 di Museum Nasional, Jakarta pada Jumat (26/8/2022). - Bisnis/Ni Luh Anggela
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pusat Investasi Pemerintah Kementerian Keuangan atau PIP Kemenkeu melaporkan generasi muda angkatan kerja yang menjadi pelaku usaha hanya sebesar 3 persen.

Hal tersebut disampaikan Direktur Kerja Sama Pendanaan dan Pembiayaan Pusat Investasi Pemerintah Muhammad Yusuf dalam UMi Youthpreneur Competition 2022 di Museum Nasional, Jakarta pada Jumat (26/8/2022).

Yusuf mengungkapkan, sebagian besar generasi muda lebih tertarik menjadi pegawai dibandingkan pelaku usaha. Jumlah pelaku usaha yang sangat sedikit itu, salah satunya disebabkan oleh sulitnya permodalan atau kurangnya ide untuk memulai usaha.

"Kenapa hanya sedikit  yang mau jadi pelaku usaha? Salah satunya adalah kesulitan permodalan. Atau bingung mau bikin usaha apa, nggak ketemu idenya apa," katanya.

Melihat kondisi tersebut, lanjut Yusuf, PIP mencoba mengatasi salah satu kendala dalam menjalankan atau memulai usaha dengan permodalan khususnya bagi para pelaku usaha di level mikro atau ultra mikro.

"Itu yang coba kita layani, solusi permodalan, termasuk generasi muda  yang mungkin baru mau memulai, nah ini yang kita mulai coba berikan solusi," ujarnya.

PIP sendiri memiliki program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Sebagaimana diketahui, pembiayaan-pembiayaan lain khususnya perbankan, relatif tidak bisa dijangkau oleh pelaku usaha ultra mikro.

Oleh karena itu, PIP melalui pembiayaan UMi disalurkan melalui lembaga keuangan non perbankan seperti Pegadaian dan koperasi-koperasi penyalur.

Pada kesempatan yang sama, CEO dan Founder Patris Ricco Antonius mengatakan permodalan sangat penting bagi seorang entrepreneur. Selain sudah mendapatkan pendanaan, kata dia, para pelaku usaha harus bisa mengelola dana tersebut dengan baik.

"Kalau bisnis temen-temen sedang bagus-bagusnya, gampang banget untuk dapet pendanaan, kesempatan untuk terlibat dan sebagainya," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat investasi pemerintah pengusaha muda tips bisnis
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top