Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Bijak Manfaatkan Dana BSU untuk Modal Bisnis Sampingan

Bagi Anda penerima dana BSU bisa menggunakan dana tersebut sebagai modal bisnis kecil-kecilan, berikut tipsnya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 14 September 2022  |  17:25 WIB
Cara Bijak Manfaatkan Dana BSU untuk Modal Bisnis Sampingan
Ilustrasi bantuan subsidi upah (BSU) 2022 atau subsidi gaji Rp600.000 - Bisnis/Bisnis / Arief Hermawan P\r\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memang memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat. Salah satunya adalah Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 sebesar Rp600.000 yang mulai cair dari hari Senin (12/9/2022).

Sebagai program pemerintah dalam upaya melakukan pemulihan ekonomi nasional, pendistribusian dana ini akan dilakukan secara bertahap dengan target 4,36 juta pekerja/buruh.

Tentunya, sebagian masyarakat, mungkin akan tergiur dengan nominal yang ada bahkan ada yang langsung membelanjakannya. Padahal, di masa seperti saat ini, sudah seharusnya kita berhati-hati dalam mengelola keuangan.

Apalagi, jika Anda punya keinginan atau sedang menjalankan memiliki bisnis sampingan, maka dengan mengaturnya secara cermat, ini bisa menghasilkan suatu keuntungan di masa mendatang. Melansir dari Inc dan Business Daily News, berikut cara bijak memanfaatkan dana subsidi untuk bisnis sampingan. Simak ulasannya.

1. Sisihkan Dana

Ketika Anda memiliki pekerjaan tetap, dan Anda mendapatkan bantuan dana subsidi Anda mungkin tergoda untuk membelanjakan uang secara cuma-cuma untuk bisnis sampingan dan menganggap bisnis hanya sebagai penyalur hobi. Tapi, sebaiknya, hal tersebut jangan sampai terulang kembali.

Anda harus memastikan, bahwa sekecil apapun bisnis sampingan, jangan memperlakukannya sebagai hobi, penting untuk lakukan secara professional agarkegiatan tersebut bisa memberikan penghasilan. Ini adalah cara yang cerdas dalam memanfaatkan dana bantuan subsidi Anda, karena hal tersebut meminimalisir penggunaan pinjaman atau hutang kartu kredit dalam mendukung bisnis sampingan Anda. Investasikan kembali dana bantuan subsidi Anda untuk menggandakan uang lewat bisnis sampingan yang Anda tekuni.

2. Atur Uang dengan Rekening Terpisah

Apabila Anda punya atau ingin memulai bisnis sampingan, sebaiknya pisahkan uang yang berasal dari subsidi dengan uang pribadi. Tujuan dari pemisahan ini untuk menghindari modal bisnis dari dana subsidi tersebut terpakai untuk keperluan pribadi.

Adapun, hal terburuk yang terjadi ketika Anda tetap menggabungkan antara uang bisnis sampingan dengan uang pribadi yaitu modal habis tanpa terasa. Keadaan ini akan membuat usaha Anda terpaksa gulung tikar.

Gunakan tempat yang berbeda antara uang pribadi dan kas bisnis. Anda bisa memisahkannya di dua dompet berbeda. Sebaiknya Anda juga membuat rekening yang terpisah khusus untuk bisnis. Anda juga harus berkomitmen untuk tidak menggunakan kas bisnis dalam rangka memenuhi kebutuhan pribadi. Punya rekening terpisah juga memudahkan Anda untuk melacak berapa banyak yang dihasilkan di luar pekerjaan Anda sehari-hari.

3. Buat Catatan Keuangan

Apabila Anda secara rutin menyisihkan waktu setiap hari atau bulan untuk meninjau dan memantau bisnis Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih akrab dengan keuangan bisnis Anda dan bisa mengalokasikan dana guna pemanfaataan dalam mengembangkan bisnis secara lebih bijak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bsu subsidi modal
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top