Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Bijak Manfaatkan Dana BSU untuk Modal Bisnis Sampingan

Bagi Anda penerima dana BSU bisa menggunakan dana tersebut sebagai modal bisnis kecil-kecilan, berikut tipsnya.
Ilustrasi bantuan subsidi upah (BSU) 2022 atau subsidi gaji Rp600.000/Bisnis-Bisnis - Arief Hermawan Prn
Ilustrasi bantuan subsidi upah (BSU) 2022 atau subsidi gaji Rp600.000/Bisnis-Bisnis - Arief Hermawan Prn

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memang memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat. Salah satunya adalah Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 sebesar Rp600.000 yang mulai cair dari hari Senin (12/9/2022).

Sebagai program pemerintah dalam upaya melakukan pemulihan ekonomi nasional, pendistribusian dana ini akan dilakukan secara bertahap dengan target 4,36 juta pekerja/buruh.

Tentunya, sebagian masyarakat, mungkin akan tergiur dengan nominal yang ada bahkan ada yang langsung membelanjakannya. Padahal, di masa seperti saat ini, sudah seharusnya kita berhati-hati dalam mengelola keuangan.

Apalagi, jika Anda punya keinginan atau sedang menjalankan memiliki bisnis sampingan, maka dengan mengaturnya secara cermat, ini bisa menghasilkan suatu keuntungan di masa mendatang. Melansir dari Inc dan Business Daily News, berikut cara bijak memanfaatkan dana subsidi untuk bisnis sampingan. Simak ulasannya.

1. Sisihkan Dana

Ketika Anda memiliki pekerjaan tetap, dan Anda mendapatkan bantuan dana subsidi Anda mungkin tergoda untuk membelanjakan uang secara cuma-cuma untuk bisnis sampingan dan menganggap bisnis hanya sebagai penyalur hobi. Tapi, sebaiknya, hal tersebut jangan sampai terulang kembali.

Anda harus memastikan, bahwa sekecil apapun bisnis sampingan, jangan memperlakukannya sebagai hobi, penting untuk lakukan secara professional agarkegiatan tersebut bisa memberikan penghasilan. Ini adalah cara yang cerdas dalam memanfaatkan dana bantuan subsidi Anda, karena hal tersebut meminimalisir penggunaan pinjaman atau hutang kartu kredit dalam mendukung bisnis sampingan Anda. Investasikan kembali dana bantuan subsidi Anda untuk menggandakan uang lewat bisnis sampingan yang Anda tekuni.

2. Atur Uang dengan Rekening Terpisah

Apabila Anda punya atau ingin memulai bisnis sampingan, sebaiknya pisahkan uang yang berasal dari subsidi dengan uang pribadi. Tujuan dari pemisahan ini untuk menghindari modal bisnis dari dana subsidi tersebut terpakai untuk keperluan pribadi.

Adapun, hal terburuk yang terjadi ketika Anda tetap menggabungkan antara uang bisnis sampingan dengan uang pribadi yaitu modal habis tanpa terasa. Keadaan ini akan membuat usaha Anda terpaksa gulung tikar.

Gunakan tempat yang berbeda antara uang pribadi dan kas bisnis. Anda bisa memisahkannya di dua dompet berbeda. Sebaiknya Anda juga membuat rekening yang terpisah khusus untuk bisnis. Anda juga harus berkomitmen untuk tidak menggunakan kas bisnis dalam rangka memenuhi kebutuhan pribadi. Punya rekening terpisah juga memudahkan Anda untuk melacak berapa banyak yang dihasilkan di luar pekerjaan Anda sehari-hari.

3. Buat Catatan Keuangan

Apabila Anda secara rutin menyisihkan waktu setiap hari atau bulan untuk meninjau dan memantau bisnis Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih akrab dengan keuangan bisnis Anda dan bisa mengalokasikan dana guna pemanfaataan dalam mengembangkan bisnis secara lebih bijak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper