Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ASN dan PNS, Begini Tips Sukses Jalankan Bisnis Tanpa Ganggu Pekerjaan

Berikut tips berbisnis untuk pekerja ASN dan PNS yang tidak mengganggu pekerjaan utamanya.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 14 September 2022  |  19:55 WIB
ASN dan PNS, Begini Tips Sukses Jalankan Bisnis Tanpa Ganggu Pekerjaan
Ilustrasi seseorang mulai bisnis dengan modal kecil di rumah - Patriot
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjalankan bisnis sampingan bagi para ASN dan PNS bisa jadi solusi untuk mendapat tambahan penghasilan selain dari gaji pokok yang disediakan.

Meski profesi PNS dan ASN kerap jadi incaran sebagian besar masyarakat. Karena, adanya pemicu bahwa menjadi PNS tergolong lebih aman dalam hal keuangan.

Padahal, situasi yang terjadi tak melulu demikian. Terjadinya peningkatan kebutuhan, membuat bisnis sampingan sangat menguntungkan para ASN dan PNS. Selain itu, dengan menjalankan bisnis tentu bisa juga menjadi jaminan hari tua ketika pensiun nanti. Lantas, seperti apa tips bisnis untuk ASN dan PNS? Simak ulasan Bisnis selengkapnya.

1. Lakukan Pelaporan

Melansir dari PNS Kami Kamu, meski tidak ada larangan ASN dan PNS untuk punya bisnis. Artinya dibolehkan sepanjang tidak melanggar etika di dalam bekerja. Tapi, PNS dan ASN perlu menjaga etika bisnisnya. Di mana, etika yang dimaksud adalah PNS harus meminta izin kepada atasan untuk membuka bisnis sampingan. PNS juga harus memastikan untuk memilih bidang usaha yang tidak berhubungan dengan pekerjaannya di instansi kepemerintahan tempatnya bekerja dan sesuai azas kepatutan, yaitu tidak memecah konsentrasi atau mengganggu jam kerja.

2. Jual dan Perkenalkan Produk Anda pada Sesama

Ada begitu banyak calon pelanggan di luar sana yang mungkin membutuhkan produk-produk Anda. Tapi untuk langkah awal, Anda bisa menjual produk Anda ke teman-teman sesama PNS dan ASN terlebih dahulu dulu sebagai target pasar. Dari sini mungkin akan timbul ide bisnis atau bahkan melihat seberapa besar peluang menjalani bisnis ini. Adapun, bisnis yang bisa Anda coba seperti kuliner, kosmetik, dan lain-lain.

3. Buatlah Komitmen

Berdasarkan Shopify, untuk membuat komitmen, maka Anda bisa tuliskan daftar semua kegiatan dan komitmen yang Anda miliki selama seminggu dengan jumlah waktu yang Anda curahkan untuk masing-masing. Kemudian, optimalkan jam yang Anda miliki. Gunakan kalender dan agenda dan secara strategis jadwalkan semua yang ingin Anda capai, dengan mengelompokkan tugas serupa bersama-sama sehingga Anda dapat mengerjakannya dengan lebih efisien. Sehingga, setelahnya, Anda bisa fokus pada bisnis sampingan Anda tanpa mengganggu jam kerja, sehingga bisa memberikan pelayanan lebih maksimal kepada pelanggan.

3. Jangan Lakukan Semuanya Sendiri

Menurut Life Hacker, tidak peduli seberapa hebat kiat manajemen waktu yang Anda lakukan, tapi fakta bahwa Anda hanya memiliki waktu 24 jam dalam sehari adalah sebuah fakta. Sehingga bisnis sampingan bukanlah solusi jika Anda kehabisan tenaga. Apabila Anda telah mencoba semua yang Anda bisa untuk menyeimbangkan waktu antara bisnis dan pekerjaan harian Anda dan masih tidak memiliki cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikan semuanya, mintalah bantuan.

Berikut adalah beberapa tugas umum yang dapat dilakukan oleh freelancer berbakat atau penyedia pihak ketiga untuk Anda,seperti pengembangan dan pengelolaan situs web, desain grafis, manajemen media sosial

5. Optimalkan Waktu Luang

Saat di kantor, Anda tetapkan karyawan pada sebuah perusahaan dan memiliki atasan atau rekan satu tim yang harus Anda hormati. Maka Anda harus atur jadwal untuk memastikan bahwa waktu bekerja dan mengurus bisnis tak bersinggungan,

Misalnya saat jam makan siang, Anda bisa manfaatkan waktu untuk memantau atau melayani pelanggan saat waktu senggang. Bisnis ini pun cukup mudah dilakukan karena anda tidak harus menstok produk tetapi opsi lainnya menjadi dropship. Cukup dengan berbekal smartphone dan paket data, anda sudah dapat menjual serta mempromosikan barang. Selain itu, dapat pula menjadi reseller maupun agen produk online. Anda bisa menawarkan produk yang dijual kepada teman satu kantor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ASN pns tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top