Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Peluang Bisnis ABUBA Steak, Pionir Bisnis Steak di Indonesia

Buat Anda yang berminat untuk mencoba buka bisnis Abuba Steak, berikut cara kemitraan yang bisa dicoba.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 04 Oktober 2022  |  17:45 WIB
Peluang Bisnis ABUBA Steak, Pionir Bisnis Steak di Indonesia
Abuba Steak
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ABUBA Steak merupakan pelopor bisnis kuliner berupa makanan steak ala Barat yang menawarkan beragam pilihan daging steak, mulai dari lokal, wagyu, Australia, New Zealand, hingga Amerika Serikat (US).

Didirikan sejak 1992, kini usaha tersebut telah berkembang memiliki puluhan cabang di Jabodetabek dan Jawa Barat bahkan selalu menjadi incaran untuk mereka, yakni para kalangan pecinta daging. Hal ini, karena ABUBA Steak dapat memberikan kualitas daging terbaik dengan harga yang terjangkau.

Menariknya, ABUBA Steak pun kian memperluas target pasar, ini dibuktikan lewat peluncuran steak vegan guna menyasar para vegetarian.

Tentu dengan melihat adanya peluang bisnis yang cukup menjanjikan, akan sangat menguntungkan jika Anda mengajukan kerja sama berupa bisnis franchise dengan ABUBA Steak. Lantas bagaimana peluang bisnisnya? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Peluang Bisnis Franchise ABUBA Steak

Melansir dari situs resminya, ABUBA Steak ini merupakan nama yang diambil dari singkatan nama si pemilik, yaitu Abu Bakar. Adapun, pada tahun 1992 bisnis ini bermula dari warung tenda kaki lima di kawasan Kemang Jakarta. Pada 1996, ABUBA Steak pun pindah ke sebuah tempat yang cukup strategis di Jalan Cipete Raya.

Sampai akhirnya pada 2005, ketika putra tunggalnya Ali Ariansyah yang baru saja lulus dari sekolah perhotelan di Swiss mencoba mengelola bisnis ABUBA Steak, bisnis tersebut makin berkembang secara signifikan.

Secara perlahan pengelolaan manajemen ABUBA Steak berubah menjadi lebih modern dan tersistematis. Dengan perhitungan yang tepat dan cermat, akhirnya pihak manajemen bisa mengalokasikan anggaran khusus untuk marketing.

Sejak saat itu ABUBA Steak mulai tumbuh menjadi salah satu tempat makan yang laris dan membuka berbagai gerai di beragam tempat. Bukan hanya membidik mangsa menengah ke bawah saja, tetapi juga mulai melakukan inovasi agar makanan mereka mulai bisa diterima kalangan atas dan memberikan daging yang lebih berkualitas.

Perlu diketahui bahwa restoran steak terkenal itu telah mendapatkan berbagai macam penghargaan seperti partisipasinya dikonversi Gugus Kendali Mutu Direktorat Material pada tahun 1996 dan US Meat Culinary dari US Meat Export Fundation tahun 2000 silam.

Berkat pencapaian dan tingginya kepuasan pelanggan atas layanannya, saat ini, ABUBA Steak telah memiliki 26 cabang dengan sekitar 800 karyawan.

Syarat Bisnis Franchise ABUBA Steak

Melihat perkembangan bisnis steak yang makin menggeliat dalam beberapa tahun terakhir, membuat peluang bisnis ini cukup menjanjikan untuk diselami dan sayang bila dilewatkan. Pangsa pasar dari bisnis ABUBA Steak pun cukup luas karena produk tersebut menawarkan makanan sehat dengan kualitas daging terbaik. Sayangnya, melalui laman ABUBA Steak, untuk jenis kemitraan franchise akan segera hadir. Sehingga, untuk saat ini tidak ada informasi soal syarat franchise.

Namun, berdasarkan unggahan di Instagram resmi ABUBA Steak, bisnis ini dapat memberi gambaran bahwa semua gerai yang beroperasi dibuka dengan konsep restoran, sehingga hal tersebut tidak menutup kemungkinan, apabila calon mitra harus mempersiapkan minimal 1 lantai ruko.

Calon mitra juga dapat mengajukan Business Plan (khusus nya projeksi penjualan) yang dibuat untuk lokasi tersebut.

Biaya Bisnis Franchise ABUBA Steak

Terkait biaya franchise, ABUBA Steak pun tidak mengumumkannya ke publik berapa modal yang harus dikeluarkan. Sehingga, Anda bisa menghubungi pihak manajemen ABUBA Steak.

Selain, Anda harus mempersiapkan biaya sewa lokasi. Anda pun juga perlu mengalokasikan biaya konstruksi, sewa, pegawai. Hal ini mengingat, restoran ABUBA Steak identik dengan desain interior yang menarik dan modern. Penting bagi calon mitra untuk lebih dulu mengalokasikan berapa modal yang dibutuhkan untuk kemungkinan fasilitas yang tidak tercover oleh paket mitra.

Skema Bisnis Franchise ABUBA Steak

Berdasarkan laporan bahwa saat ini semua cabang Bisnis ABUBA dijalankan langsung oleh manajemen. Dengan begitu, besar kemungkinan skema kerja sama yang ditawarkan adalah mitra pasif, di mana bisnis ABUBA Steak akan dikontrol langsung secara prinsipal.

Nantinya calon mitra hanya menawarkan sejumlah lokasi yang tepat menurut “standar” yang dimiliki oleh brand tersebut. Setelahnya, mitra akan mendpat laporan tiap bulan atas kinerja eksekusi bisnis yang ada. Setelahnya, seorang mitra akan mendapatkan pendapatan pasif secara berkala sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak soal persenan keuntungan.

Jenis Kemitraan dari Bisnis ABUBA Steak

Melansir dari laman resminya per Oktober 2022, ada berbagai jenis kerja sama yang ditawarkan oleh ABUBA Steak yang sedang berjalan, antara lain:

1. Sebagai Pemasok

Disebutkan, untuk menjadi rekan bisnis ABUBA Steak, seorang calon mitra hanya cukup mengisi format registrasi yang berisikan tentang profil perusahaan, produk, atau tipe layanan, katalog produk atau deskripsi produk dan tim manajemen ABUBA Steak akan menghubungi calon mitra tersebut. Adapun, supplier yang dimaksud adalah perusahaan yang menyedikan dan menyuplai t-shirt,jaket, sweater, sandal, sepatu, topi kepada pihak kesatu.

2. Sebagai Tamu Misterius

Mystery Guest adalah kontraktor honorer perorangan (freelancer) yang bekerja secara anonim (rahasia) dan berperan sebagai pelanggan biasa. Mystery Guest akan bertugas mengevaluasi pelayanan bisnis dari PT. ABUBA berdasarkan pengalaman yang didapat melalui kunjungan, panggilan telepon atau penilaian online. Lalu Mystery Guest harus melengkapi dan mengirimkan kuesioner dan laporan untuk menggambarkan secara rinci, layanan yang dilihat dan didapatkan saat kunjungan.

Selanjutnya Mystery Guest akan menerima bayaran berupa uang atau produk atas tugas yang telah diselesaikan.
Dari gerai ritel, restoran, perusahaan untuk memastikan bahwa layanan mereka telah sesuai dengan yang diharapkan.

3. Sebagai Pengulas Makanan

Ketiga, ada program Food Reviewer, di mana nikmati pihak manajemen akan memberikan produk gratis untuk bisa diunggah di media sosial milik mitra yang bekerja sama.

4. Sebagai Penyewa

Terakhir, kerja sama yang dihadirkan untuk saat ini seputar penyewaan tempat yang dihadirkan oleh PT ABUBA. Adapun, beberapa kemitraan yang akan hadir, seperti Reseller B2B dan B2C, Referral Program, Sewa Gudang, Logistik. Pengolahan dan Periklanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

premium steaks franchise franchisee bisnis franchise
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top