Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Live Streaming, Jadi Strategi Gaet Konsumen untuk Pebisnis Online

Manfaat live streaming untuk mendapatkan konsumen di bisnis Anda.
ilustrasi jual barang preloved lewat e-commerce/Freepik.com
ilustrasi jual barang preloved lewat e-commerce/Freepik.com

Bisnis.com JAKARTA – Live streaming khususnya live commerce bisa menjadi salah satu alat untuk seller dan juga brand berinteraksi dengan customer ataupun potensial customer di platform sosial media dan marketplace, e-commerce.

Founder Buzzlive.co, Fabian menjelaskan, live commerce juga bisa menjadi pilihan seller dan brand  dalam mempromosikan produk mereka secara tepat dan efektif.

"Untuk itulah, Buzzlive.co fokus memperkenalkan pentingnya live commerce bagi para host maupun masyarakat yang ingin memaksimalkan sosial media sebagai ladang bisnis baru," ujarnya.

Sejak dirintis oleh HashEntertainment tahun 2017 dan baru dikenalkan  ke publik tahun 2021, Buzzlive.co telah memiliki lebih dari 500 host yang terdaftar dan dikurasi, yang siap membantu seller mempromosikan produk mereka.

“Dan kita telah bekerjasama dengan lebih dari 300 seller di 4 platform (Shopee, Tokopedia, Lazada dan Tiktok). Kami telah memiliki platform dimana seller bisa mencari host yang sesuai dengan kriteria dan memiliki persona yang cocok dengan masing-masing seller,”kata Fabian.

Adapun tantangan yang dialami Buzzlive.co dalam memperkenalkan live commerce, ungkap Fabian, selalu  mengoptimasi teknologi yang telah ada untuk membantu host dan seller lebih efektif dan efisien dalam melakukan live commerce.

“Karena di 2023 akan semakin banyak seller yang melihat live commerce sebagai cara yang tepat dan efektif untuk menjual produk dan mengembangkan jumlah customer mereka,” tambah Fabian.

Dilansir dari bussinessdaily, Live Streaming adalah tindakan mentransmisikan rekaman langsung melalui internet ke audiens target yang aktif.

Di masa lalu, streaming langsung biasanya dilakukan pada platform streaming khusus. Saat ini, media sosial telah memperluas jangkauan streaming langsung, menjadikan siaran langsung sebagai komponen utama pemasaran media sosial dan fitur streaming yang tersedia di berbagai platform.

Video streaming langsung adalah alat serbaguna yang menawarkan jendela yang lebih jelas kepada pemirsa tentang bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan konten video langsung untuk mengintip produk yang akan datang, melakukan demonstrasi, menyiarkan acara, atau bahkan berkolaborasi dengan influencer untuk memperkuat pesan Anda.

Penggunaan streaming langsung yang populer lainnya adalah menjadi tuan rumah webinar di mana audiens dapat berinteraksi dengan presenter, mengajukan pertanyaan, dan menyelami topik tertentu.

Live Streaming memiliki kekuatan untuk memperluas penayangan acara yang dihadiri oleh ratusan hingga jutaan orang, untuk menghubungkan kantor global, dan untuk menjangkau pemirsa dengan skala yang belum pernah ada sebelumnya untuk peluncuran produk, peragaan busana, atau rilis penggemar eksklusif.

Fakta dan data perihal live streaming

  1. 91 juta pengguna internet akan memanfaatkan Live streaming pada tahun 2024.
  2. 47% pemirsa melakukan Live streaming lebih dari setahun yang lalu.
  3. Live streaming mencapai 1,1 miliar jam pada tahun 2019.
  4. 80% audiens lebih suka menonton video Live streaming dari suatu merek daripada membaca blog.
  5. 82% lebih suka video langsung dari merek ke pos sosial.
  6. 62% konsumen lebih cenderung memiliki persepsi negatif terhadap merek yang memublikasikan video berkualitas buruk.
  7. Kenikmatan video meningkatkan niat penjualan sebesar 97% dan asosiasi merek sebesar 139%.
  8. Setelah menonton video, 64% pengguna lebih cenderung membeli produk secara online.
  9. 39% eksekutif menelepon vendor setelah melihat video.
  10. 59% eksekutif lebih suka menonton video daripada membaca teks.
  11. 73% bisnis B2B yang menggunakan video Live streamingmelaporkan hasil positif terhadap ROI mereka.

Sementara itu, co-founder Buzzlive.co sekaligus pembuat acara Hashloween 2022, Clarissa Devina, mengatakan, Hashloween sendiri digelar untuk ikut meramaikan perayaan Haloween yang diadakan setiap tanggal 31 Oktober. Hashloween 2022 ini mengambil tema “Citayam Fashion Week”.

Tema “Citayam Fashion Week”, ungkap Clarissa, diambil berdasarkan tren atau fenomena yang sedang terjadi di 2022, ditambah venue acara yang terletak di tempat gelaran Citayam Fashion Week.  “Tujuannya, kami mendorong peserta yang hadir di Hashloween baik itu host, content creators, influencers serta selebgrams lainnya untuk terjun langsung mengambil alih kekreativitasan mereka dengan tema ini. Styledoubler juga bergerak dengan influencers dan menjadi sponsor acara Hashloween kali ini ,”tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper