Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa itu Afiliasi? Ini Kelebihan, Contoh dan Cara Kerjanya

Afiliasi merupakan bentuk kepemilikan yang secara tidak langsung atau langsung bisa mengendalikan sebuah entitas. Simak penjelasannya.
Afiliasi merupakan cara mendapatkan uang melalui penjualan produk atau jasa dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi./Freepik
Afiliasi merupakan cara mendapatkan uang melalui penjualan produk atau jasa dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Afiliasi adalah suatu langkah besar memperoleh penghasilan tambahan dengan mendaftarkan diri pada suatu perusahaan yang sedang menawarkan peluang untuk menjualkan produknya kepada konsumen melalui afiliasi, agar mendapat keuntungan sesuai kesepakatan bersama. 

Secara sederhana, afiliasi merupakan cara mendapatkan uang melalui penjualan produk atau jasa dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Kamu juga bisa bergabung menjadi affiliate marketers dan akan diberikan gaji setelah produk tersebut terjual. 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang afiliasi yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Contoh afiliasi

Perusahaan afiliasi dapat ditemukan pada bisnis yang saling terkait. Di pasar modal misalnya, perusahaan sekuritas akan memiliki saham di perusahaan pengelolaan aset hingga perusahaan penjamin emisi. 

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, biasanya akan memiliki saham dan terafiliasi dengan perusahaan yang bergerak di bidang dana pensiun, asuransi, sekuritas dan sektor lainnya yang masih berhubungan dengan jasa keuangan, contohnya seperti: 

  • Bukalapak affiliate program 
    Bukalapak menawarkan salah satu program affiliate yang dinamakan dengan Bukalapak Affiliate Program. Di program ini, program affiliate nya dikatakan cukup menguntungkan. Contohnya seperti Bukalapak menerapkan sistem skema Pay Per Sale, yang berarti keuntungan afiliasi adalah saat link Bukalapak yang kamu berikan di media sosial mampu mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. 
  • Amazon associate 
    Program affiliate ini juga tidak kalah menawarkan keuntungan yang menarik. Setiap penjualan yang bisa kamu lakukan dengan sukses, maka pihak Amazon akan memberikan keuntungan sebesar 4 persen. 
  • Shopify affiliate 
    Shopify merupakan salah satu platform untuk para pebisnis online dalam mempromosikan produknya di internet. Keuntungannya juga tidak main-main jika kamu mengikuti program ini. Kamu bisa mendapat keuntungan sekitar 58-2000 dollar jika kamu berhasil menciptakan sebuah transaksi. 

Sebelum berhasil mengikuti program ini, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan, seperti apakah pernah mempunyai pengalaman sebagai digital marketing hingga bagaimana yang akan digunakan dalam mempromosikan bisnis shopify. 

2. Cara kerja afiliasi

  • Mendaftar terlebih dahulu sebagai affiliate pada merchant atau vendor.
  • Affiliate mencari produk yang baik dan bermutu untuk diperjualkan.
  • Setelah mendapat persetujuan untuk memasarkan produk yang dipilih, affiliate akan mendapatkan link atau URL berupa kode afiliasi. Selanjutnya kode tersebut akan digunakan dalam promosi yang dipasang pada link di website atau pribadi milik kita.
  • Pengunjung bisa datang ke website dan melihat produk apa saja yang dijualkan. Jika pengunjung tertarik pada produk dan mengklik link tadi maka pengunjung akan dibawa ke website merchant.
  • Kunjungan pengunjung tadi akan dicatat oleh cookie atau kumpulan informasi rekam jejak dan aktivitas ketika menelusuri sebuah website, bahwa ia berasal dari website kita sebagai affiliate dengan kode tertentu.
  • Apabila pengunjung jadi membeli produk, maka alat proses transaksi akan bekerja dengan mengirimkan uang ke merchant dan sebagian ke affiliate sesuai presentasi yang sudah diatur. 

3. Kelebihan afiliasi

  • Modal kecil 
    Kelebihan yang pertama adalah modal kecil, bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali. Sebab, kamu bisa menjual produk perusahaan tanpa membelinya terlebih dahulu. Kamu cukup mempromosikan agar konsumen tertarik untuk membeli. 
  • Jam kerja fleksibel
    Fleksibel atau tidak terikat dengan kontrak yang mengatur jam promosi dari program afiliasi pada waktu tertentu seperti bekerja kantoran. Kamu dapat menemukan sendiri kapan waktu yang pas untuk promosi. 
  • Kerja dari rumah 
    Kamu bisa melakukan promosi kode referral dari mana saja. Seperti dari kantor, café atau rumah. Kamu hanya memerlukan sambungan internet dan smartphone atau laptop. Dengan begitu, afiliasi adalah bentuk pekerjaan sempurna untuk kamu yang tidak suka bekerja kantoran. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu jika kamu baru ingin memulai afiliasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper