Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Pengusaha Jaringan Restoran Terbesar di Indonesia

Simak daftar pengusaha restoran dengan jaringan terbesar di Indonesia.
Solaria/solariaresto
Solaria/solariaresto

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis di bidang kuliner memang kian diminati, karena mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan bagi para pengusaha.

Di balik bisnis restoran yang menggurita dan tersebar di berbagai daerah, nyatanya ada sejumlah pengusaha yang menguasai jaringan restoran terbesar di Indonesia.

Lantas, siapa saja pengusaha tersebut? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

1. Aliuyanti

Aliuyanti merupakan pengusaha dari jaringan restoran keluarga, yakni Solaria. Adapun Aliuyanti sendiri seorang lulusan Fakultas Ekonomi UGM tahun 1985.

Melansir dari situs resminya, Solaria memang bermain di segmen menegah kebawah ketimbang segmen atas. Bahkan, dengan konsep tersebut, Solaria menjadi perusahaan cepat saji yang lebih efisien dan tumbuh lebih cepat. Sampai saat ini restoran dengan brand Solaria tersebar di 31 provinsi dan 55 kota besar dan sudah ada 200 restoran.

2. Soegiharto Sosrodjojo

Soegiharto Sosrodjojo merupakan pengusaha dibalik franchise utama Mc Donald's Corporation di Indonesia melalui PT Rekso Nasional Food yang telah membuka lebih dari 200 gerai McDonald's tersebar di berbagai kota yang didukung dengan lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia.

3. PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MBA)

Melansir dari situs resminya, Map Boga Adiperkasa merupakan salah satu anak perusahaan dari Grup MAP dan merupakan pemain utama di bidang kafe dan restoran di Indonesia.

Kini, MBA memiliki lebih dari 600 gerai yang tersebar di 37 kota di Indonesia. Portofolio MBA terdiri atas 8 merek terkemuka, yaitu Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery, Godiva, PAUL Bakery, Genki Sushi dan Subway.

4. Yum! Brands

Yum! Brands adalah perusahaan yang mengusai bisnis jaringan restoran cepat saji, seperti KFC, Pizza Hut, dan Taco Bell di Indonesia.

Berdasarkan situs resminya, David Gibbs adalah seorang Chief Executive Officer Yum! Brands pada 1 Januari 2020, dan menjabat sebagai Direktur Dewan sejak November 2019. Sebagai CEO dari Yum! Brands, Gibbs memimpin strategi menyeluruh, struktur, pengembangan sumber daya, dan budaya Perusahaan yang akan mendorong pertumbuhan global dan penjualan serta profitabilitas di semua Yum! bisnis waralaba di seluruh dunia.

5. PT Multirasa Nusantara

Melansir dari laman resmi Yoshinoya Holdings, disebutkan bahwa di tahun 2009, perjanjian franchise secara resmi telah ditandatangani oleh PT Multirasa Nusantara. Adapun, per November 2022 Yoshinoya Indonesia sudah memiliki lebih dari 133 outlet di seluruh Indonesia, seperti, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cirebon, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Kudus, Madiun, Kediri, Gresik, Malang, Jember, Bali, Palembang, Lampung dan Makassar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper