Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sosok Rusdi Kirana, Pemilik Batik Air yang Sempat Jadi Salesman Mesin Ketik

Profil Rusdi Kirana, bos Lion Group sekaligus pemilik Batik Air yang ramai diperbincangkan publik usai kelalaian yang melibatkan Kaesang Pengarep dan Ari Lasso
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 14 November 2022  |  08:57 WIB
Sosok Rusdi Kirana, Pemilik Batik Air yang Sempat Jadi Salesman Mesin Ketik
Rusdi Kirana. - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilik maskapai Batik Air, Rusdi Kirana kini tengah menjadi sorotan. Pasalnya, Kaesang Pengarep, putra Presiden Joko Widodo mengakui bahwa kopernya disasarkan oleh Batik Air ke Bandara Kualanamu, di Medan pada Minggu (13/11/2022).

Tak hanya itu, sebelumnya Batik Air juga pernah menjadi trending topik di Twitter setelah meninggalkan Ari Lasso di Singapura, karena tak mendapatkan info dari pihak maskapai.

Melihat cuitan tersebut, warganet pun ramai-ramai mencuitkan mengenai beberapa kelalaian yang dilakukan oleh maskapai Batik Air.

Kini publik semakin penasaran dengan sosok Rusdi Kirana, yang merupakan sosok pemilik maskapai Batik Air. Lantas, seperti apa profil Rusdi Kirana tersebut? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Profil Rusdi Kirana

Rusdi Kirana merupakan pendiri Lion Air dan beberapa maskapai penerbangan lainnya seperti Wings Air, Batik Air, Thai Lion Air, Malindo Air, dan Lion Bizjet. 

Diketahui, dirinya terlibat aktif dalam arah strategis jangka panjang Lion Group, salah satunya sebagai Presiden Direktur hingga tahun 2014.

Sejak 2017,dia pun ditunjuk sebagai duta besar Indonesia untuk Malaysia. Rusdi juga pernah menjabat sebagai anggota Penasihat Presiden Joko Widodo dan sebagai wakil ketua Partai Kebangkitan Bangsa (Partai Kebangkitan Bangsa).

Sebelum sukses memiliki maskapai yang dikenal tarifnya yang relatif terjangkau itu, Rusdi sejatinya adalah sosok pribadi yang tangguh.

Rusdi saat remaja, sempat melakoni profesi sebagai penjual mesin tik 'Brother' Amerika.

Adapun, kesuksesannya yang dia raih di industri penerbangan saat ini, bermula ketika Rusdi mulai menjalankan bisnis agen perjalanan bersama sang kakak, yaitu Kusnan Kirana pada 1981.

Kusnan sendiri merupakan lulusan dari Sekolah Teknik Menengah 1 DKI (sekolah teknik kejuruan) pada tahun 1978.

Tentunya, berkat kecermatan dalam melihat potensi pasar, membuat kakak beradik ini mulai mengembangkan bisnis dengan mendirikan Lion Air pada tahun 1999 dan menjadikannya salah satu maskapai tersukses di tanah air.

Total Kekayaan Rusdi Kirana dan Kusnan Kirana

Untuk terus memperluas jaringan usahanya, Lion Air Group pun memiliki bisnis ekspedisi yang bernama Lion Parcel yang didirikan sejak 14 Februari 2013 guna melayani first, middle, dan last mile baik untuk pengiriman domestik maupun internasional serta bisnis perhotelan Lion Hotel & Plaza yang berlokasi di Manado.

Tak heran, apabila pada 2019 hingga 2020, nama Rusdi Kirana dan kakaknya yakni Kusnan Kirana, menduduki peringkat ke-38 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

Bahkan, menurut data Forbes tahun 2019, kekayaan Rusdi Kirana ditaksir mencapai US$835 juta atau sekitar Rp12,9 triliun

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maskapai penerbangan rusdi kirana lion air
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top