Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pengertian Globalisasi: Jenis, Penyebab, dan Dampaknya

Globalisasi adalah interaksi global yang membuat dunia menjadi seakan tanpa sekat. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  09:01 WIB
Pengertian Globalisasi: Jenis, Penyebab, dan Dampaknya
Mengenal Definisi Globalisasi hingga Cara Menghadapinya (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Istilah globalisasi pasti sudah tidak asing di telinga kita. Menurut kabar yang beredar, adanya globalisasi membuat setiap tempat seakan tidak memiliki sekat. Lantas, apa pengertian globalisasi? Dan bagaimana cara menghadapinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Globalisasi?

Globalisasi adalah integrasi internasional yang bisa terjadi karena pertukaran dunia, produk, pemikiran, hingga aspek kebudayaan lainnya. perkembangan infrastruktur, transportasi, dan komunikasi membuat proses ini menjadi lebih cepat.

Dengan adanya globalisasi, maka segala aktivitas manusia semakin mudah. Contoh globalisasi yang paling nyata yaitu dalam sektor perdagangan. Saat ini, sudah banyak produk luar negeri yang beredar di Indonesia, begitupun sebaliknya.

Jenis Globalisasi

Siapa sangka jika globalisasi ternyata memiliki berbagai jenis. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Globalisasi transportasi

Sektor transportasi ternyata mendapat pengaruh globalisasi. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya transportasi udara, darat, maupun laut yang dapat beroperasi antar negara. Dengan adanya globalisasi ini maka pengiriman barang atau perpindahan manusia dari satu tempat ke tempat lain lebih efektif dan efisien.

2. Globalisasi ekonomi

Jenis globalisasi lainnya yaitu globalisasi ekonomi. Ciri-ciri globalisasi ekonomi yaitu adanya perdagangan internasional seperti yang sudah disebutkan di atas. Perdagangan ini membuat ekonomi berjalan dengan lebih luas.

3. Globalisasi budaya

Selain transportasi dan ekonomi, ada juga globalisasi budaya. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya budaya luar negeri yang masuk ke Indonesia, ataupun sebaliknya. Contoh globalisasi budaya yaitu masuknya budaya Korea Selatan yang mulai menjamur di Indonesia.

4. Globalisasi IPTEK

Dalam bidang IPTEK, globalisasi membuat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih cepat. Globalisasi ini jugalah yang membuat IPTEK bisa dinikmati banyak orang di seluruh dunia.

5. Globalisasi komunikasi

Adanya globalisasi membuat komunikasi antar orang di seluruh belahan dunia menjadi semakin mudah. Kini hanya lewat sosial media, kita sudah bisa berkomunikasi dengan masyarakat yang tinggal di negara lain.

Penyebab Globalisasi

Globalisasi tidak muncul begitu saja. Terdapat sejumlah faktor yang menjadi penyebab globalisasi, seperti berikut:

  • Perkembangan teknologi, informasi, dan transportasi yang sangat pesat.
  • Adanya kerja sama internasional antar negara.
  • Sumber daya alam yang semakin berkurang.
  • Adanya unsur kebudayaan.

Dampak Globalisasi

Patut diakui bahwa globalisasi membawa dampak bagi kehidupan manusia. Berikut sejumlah manfaat globalisasi dan efek negatif dari globalisasi.

Dampak positif globalisasi

  • Menimbulkan sikap kreatif dan inovatif agar bisa bersaing di kancah internasional.
  • Mudah memperoleh barang dari luar negeri dengan harga yang murah.
  • Jenis lapangan kerja semakin beragam dan terbuka luas.

Dampak negatif globalisasi

  • Pasar nasional banyak dikuasai barang-barang impor.
  • Memicu gaya hidup tidak hemat di masyarakat.
  • Masuknya tenaga kerja asing dalam jumlah besar.
  • Usaha lokal bisa terganggu jika tidak bisa bersaing.

Upaya Menghadapi Globalisasi

Sebagaimana yang telah diterangkan sebelumnya bahwa globalisasi memiliki dampak negatif dan positif. Maka dari itu, kita perlu mengetahui cara menghadapi globalisasi agar bisa bersaing dengan lingkungan yang baru dan tidak kehilangan nilai budaya asli.

Upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan tidak mengkonsumsi mentah-mentah segala informasi yang didapat dari luar negeri. Ambil saja nilai yang masih relevan dengan budaya Indonesia.

Selain itu, cara lain untuk menghadapi globalisasi yaitu dengan memperbanyak membeli produk lokal. Hal ini bertujuan agar usaha dalam negeri tetap bisa bersaing dengan berbagai produk yang masuk dari luar negeri.

Itulah penjelasan seputar globalisasi yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas dapat membuat kita siap untuk menghadapi proses globalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

globalisasi internasional ekonomi teknologi budaya edukasi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top