Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Perusahaan Energi Terbarukan Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Perusahaan energi terbarukan kini sudah mulai bermunculan di berbagai negara, berikut daftar yang terbesar.
Pembangkit listrik tenaga angin di tepi pantai di Jepang. /Bloomberg-Noriko Hayashi
Pembangkit listrik tenaga angin di tepi pantai di Jepang. /Bloomberg-Noriko Hayashi

Bisnis.com, JAKARTA - Industri energi terbarukan saat ini menjadi segmen yang berkembang pesat dan menjadii sumber energi penting di banyak wilayah dan negara di seluruh dunia. 

Perusahaan dalam sektor ini menyediakan berbagai energi bersih termasuk matahari, angin, pembangkit listrik tenaga air, panas bumi, dan biomassa. Perusahaan energi terbarukan terbesar berkantor pusat di Spanyol dan Denmark, tetapi pemain besar lainnya berbasis di China, AS, dan Kanada.

Seolah tak ketinggalan, perusahaan asal Indonesia sendiri pun turut memanfaatkan potensi panas bumi yang besar di Indonesia untuk menyediakan akses ke energi bersih dan ramah lingkungan yang andal dan terjangkau. 

Melalui PT Pertamina Geothermal Energy atau biasa disingkat menjadi PGE, adalah anak usaha Pertamina Power Indonesia, perusahaan ini resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sekaligus IPO terbesar ke-5 pada Jumat (24/2/2023). 

Lantas, mana saja perusahaan energi terbarukan terbesar yang ada di dunia? 

1. General Electric Co.

General Electric adalah salah satu perusahaan multinasional Amerika terbesar. GE beroperasi di berbagai industri, termasuk perawatan kesehatan dan penerbangan, di mana perusahaan ini menjadi salah satu pemain kunci dalam solusi energi hijau. Perusahaan ini juga Itu telah membuat langkah dalam pengembangan turbin angin dan perangkat lunak hemat energi. 

2. Iberdrola SA

Perusahaan utilitas listrik multinasional yang berbasis di Spanyol ini bergerak dalam bidang pembangkitan, distribusi, dan perdagangan tenaga listrik.

Perusahaan ini berspesialisasi dalam energi bersih, termasuk angin darat dan lepas pantai, hidro yang dipompa, fotovoltaik surya, dan penyimpanan baterai. 

Perusahaan ini beroperasi di AS, Inggris, Spanyol, Meksiko, dan Brasil, Portugal, Yunani, Jepang, dan Australia.

3. Constellation Energy Corp.

Constellation Energy berkantor pusat di Baltimore tetapi memiliki kantor di seluruh Amerika Serikat yang menyediakan berbagai sumber energi, termasuk layanan listrik, nuklir, dan gas alam. 

Basis klien perusahaan meliputi bisnis, perumahan, dan pelanggan sektor publik. Menurut situs webnya, Constellation adalah penghasil energi bebas karbon terbesar di Amerika Serikat. 

4. NextEra Energy Resources

NextEra yang berbasis di Florida, Amerika Serikat (AS) adalah sebuah perusahaan besar di bidang pembangkit energi tenaga bayu (PLTB) dan pembangkit energi tenaga surya (PLTS) yang saat ini telah melampaui perusahaan raksasa minyak global Exxon Mobil sebagai perusahaan energi AS yang paling berharga berdasarkan nilai pasar.

PLTB sendiri adalah jenis pembangkit listrik yang mengubah tenaga angin menjadi energi listrik. Transformasi energi dilakukan dengan memanfaatkan hembusan angin untuk memutar kincir angin yang terhubung dengan turbin angin.

5. Vestas Wind Systems

Vestas Wind Systems adalah perusahaan energi angin yang berbasis di Denmark mengembangkan, memproduksi, dan memasang turbin angin. Perusahaan yang juga mengoperasikan segmen layanan yang menyediakan kontrak layanan, suku cadang, dan aktivitas terkait telah memasang turbin angin di banyak negara di seluruh dunia. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler