Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Perusahaan Energi Terbarukan Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Perusahaan energi terbarukan kini sudah mulai bermunculan di berbagai negara, berikut daftar yang terbesar.
Pembangkit listrik tenaga angin di tepi pantai di Jepang. /Bloomberg-Noriko Hayashi
Pembangkit listrik tenaga angin di tepi pantai di Jepang. /Bloomberg-Noriko Hayashi

6. Jinko Solar Holding Co. Ltd.

JinkoSolar Holding Co., Ltd. adalah produsen panel surya yang berkantor pusat di Shanghai, Tiongkok. Perusahaan ini memulai sebagai produsen sel surya yang terbuat dari keping (wafer) pada tahun 2006 dan go public di New York Stock Exchange pada tahun 2010. JinkoSolar mendistribusikan produk tenaga surya dan menjualnya ke pelanggan utilitas, komersial, dan residensial di berbagai negara.

Jinko menjual produknya ke pelanggan di AS, Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika Latin

Sementara itu, pada 2021 Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS mulai memblokir impor produk JinkoSolar ke Amerika Serikat karena kekhawatiran tentang penggunaan tenaga kerja paksa Uyghur.

7. Canadian Solar Inc.

Canadian Solar adalah perusahaan energi surya yang berbasis di Kanada yang merancang dan memproduksi modul fotovoltaik surya dan memberikan solusi energi. Fotovoltaik sendiri adalah teknologi pengubahan energi dari sinar matahari menjadi energi listrik secara langsung. 

Perusahaan yang mengoperasikan proyek tenaga surya dan menawarkan layanan operasi dan pemeliharaan ini melayani pelanggan di lebih dari 160 negara.

8. Brookfield Renewable Corp.

Brookfield Renewable adalah kemitraan terbatas yang berbasis di Kanada yang memiliki dan mengoperasikan aset energi terbarukan yang berfokus pada operasi pembangkit listrik tenaga air, tetapi juga memiliki dan mengoperasikan fasilitas angin, surya, pembangkit terdistribusi, dan penyimpanan. 

9. Daqo New Energy

Daqo New Energy menyediakan industri PV surya dengan polysilicon dengan kemurnian tinggi dan mengklaim bahwa mereka merupakan salah satu produsen berbiaya rendah di dunia. 

Perusahaan ini beroperasi di Xinjiang, Cina, dengan kapasitas produksi 70.000 metrik ton. Setelah diproduksi, polisilikon Daqo digunakan untuk membuat solusi tenaga surya, seperti sel dan wafer. Didirikan pada tahun 2008, Daqo New Energy berkantor pusat di Shanghai. 

10. Algonquin Power & Utilities Corp.

Berbasis di Oakville, Ontario, Kanada, Algonquin Power & Utilities menyediakan utilitas yang diatur tarif dan layanan energi terbarukan kepada lebih dari satu juta konsumen di seluruh Amerika Utara. 

 

Layanannya termasuk gas alam, air, dan listrik. Ini dilakukan melalui Liberty, bisnis operasi Algonquin. Perusahaan ini juga berinvestasi dalam sumber energi bersih dan terbarukan, termasuk matahari, angin, air, dan termal. Perusahaan ini memiliki aset lebih dari US$16 juta secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper