Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Jadi Penambah Uang

Kenali beberapa ide bisnis yang cocok untuk seorang mahasiswa menambah uang saku.
Tips Bisnis/ilustrasi
Tips Bisnis/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Mahasiswa yang sedang merantau dan jauh dari keluarga, biasanya memiliki biaya tambahan selain uang kuliah. Biasanya, mahasiswa berpikir untuk mencari ide bisnis dan peluang usaha.  

Tidak sedikit mahasiswa yang melakukan pekerjaan paruh waktu, namun dianggap kurang fleksibel lantaran waktu yang bentrok dengan jadwal kuliah. Hal ini banyak mahasiswa membuka ide bisnis untuk menambah uang saku.

Simak ide bisnis yang cocok untuk mahasiswa:

1. Les Private 

Ide bisnis private les belajar cocok untuk seorang mahasiswa menambah uang saku, pasalnya bisnis yang dilakukan ini tidak dengan modal.

Bisnis ini cocok untuk semua jurusan mahasiswa karena bisnis ini mengandalkan pengetahuan yang kita dapatkan untuk diajarkan kembali kepada yang membutuhkan. 

Melalui bisnis ini anda dapat menghasilkan uang mulai dari Rp50.000 hingga Rp200.000 per sesi. 


2. Penulis

Ide bisnis selanjutnya adalah penulis. Menjadi penulis dapat dikatakan cukup bagus untuk menambah penghasilan. 

Pekerjaan ini dapat dilakukan dimana saja tanpa perlu datang ke kantor dengan bermodal ide kreatif, Laptop, dan koneksi internet sudah dapat menulis dan menghasilkan uang. 


3. Fotographer 

Gemar memfoto? mempunyai kamera? kini kamera dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto-foto yang indah. 

Bisnis fotografi ini cukup dengan memanfaatkan kamera dan kemampuan dalam memotret dengan sungguh sungguh. Bisnis ini dapat dilakukan ketika momen wisuda, foto bersama keluarga, organisasi, event atau wedding. 


4. Pemandu Wisata 

Bagi yang bingung ide bisnis apalagi yang harus dilakukan, kalian dapat mencoba pemandu wisata. Bisnis ini hanya bermodalkan kemampuan anda dalam mengetahui lokasi, sejarah serta kemampuan berbahasa asing bagi wisatawan asing. 

Bisnis ini cocok untuk kalian yang ingin menambah uang saku karena bisnis ini tidak memerlukan modal yang banyak hanya dengan kemampuan yang di punya. 


5. Penerjemah

Bisnis ini cocok untuk mahasiswa pasalnya ada banyak karya ilmiah yang harus diterjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia. Bisnis ini hanya mengandalkan kemampuan dalam berbahasa asing yang fasih dan anda bisa mendapatkan uang saku tambahan. 

6. Menjual snack

Makanan ringan menjadi salah satu teman bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas. Memanfaatkan makanan anda bisa mendapatkan uang dengan cara menjual makanan tersebut ke teman kampus.


Anda dapat menjadi supplier dengan membeli barang yang lebih murah kemudian kalian jualkan kepada teman dengan harga tambahan, dengan usaha ini kalian dapat menambah uang saku bulanan. 


7. Reseller Online Shop

Usaha online shop banyak digandrungi masyarakat saat ini termasuk mahasiswa. pasalnya dengan menjadi reseller online shop kalian dapat menghasilkan uang saku tambahan. 


Cukup dengan menggunakan marketplace yang populer kalian dapat menjual kembali barang yang terdapat dalam toko tersebut. Hal ini banyak mahasiswa yang ikut menjadi reseller dalam online shop ini untuk menghasilkan uang saku tambahan.


8. Bisnis Pulsa

Internet menjadi kebutuhan pokok untuk masyarakat berkomunikasi secara jauh. Ide bisnis ini cocok untuk mahasiswa yang ingin menambah uang tambahan. Cukup bermodal kecil anda dapat membeli pulsa ke agen dan menjual kan nya kembali. Hal tersebut berpotensi anda mendapatkan keuntungan untuk menambah uang saku anda. 


9. Content Creator 

Media social menjadi platform yang banyak digunakan anak muda saat ini. Melalui kreativitas nya membuat konten menjadi salah satu personal branding untuk dirinya di media sosial. Hal tersebut bisa mendapatkan penghasilan melalui kerja sama brand seperti endorsement. 


10. Jasa buket dan gift 

Baru-baru ini banyak sekali yang memberikan buket bunga atau uang sebagai ucapan selamat. Bagi kalangan mahasiswa tentu menjadi hal yang umum untuk merayakan kelulusan. 

Hal tersebut dapat dicoba dengan membuka jasa pembuatan buket baik bunga dan uang untuk menambah penghasilan uang saku anda.


Itulah ide bisnis yang dapat anda coba untuk menambah uang saku mahasiswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper