Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapakah Pemilik Label Rekaman Musik Terkaya di Dunia?

Kesuksesan karier seorang musisi maupun band tergantung pada label rekaman musik. Simak deretan label musik terkaya di dunia.
CEO Universal Music Group Inc Lucian Grainge/ Bloomberg
CEO Universal Music Group Inc Lucian Grainge/ Bloomberg

6. Capitol Music Group, Rp7,7 Triliun 

Capitol Music Group dibentuk pada tahun 2007 dengan menggabungkan Virgins Record dan Capital Records. 

Capitol Records adalah label rekaman yang didirikan pada tahun 1942 oleh Glenn E. Wallichs , Jonny Mercer dan Buddy DeSylva. 

Kantor pusatnya berada di California, AS. Beberapa artis terkenal yang berada di bawah naungan label musik ini adalah 50 Cent, Katy Perry dan Steve Barnett. Diperkirakan pendapatannya mencapai US$500 juta atau setara dengan Rp7,7 triliun. 

7. Atlantic Records, Rp3,09 Triliun

Atlantic Records adalah label rekaman lain yang didirikan pada tahun 1974 oleh penggemar berat musik jazz dan blues, Ahmet dan Nesuhi Ertegun, dua bersaudara asal Turki yang tinggal di Amerika.

Lalu, pada 1974 Atlantic Records menjadi anak perusahaan dari Warner Music Group yang membuat mereka memperluas genre ke hip hop dan rock & roll. 

Kantor pusat Atlantic Records berada di New York City, AS. Beberapa artis yang pernah bekerja sama dengan Atlantic Records antara lain Aretha Franklin, Ray Charles, Wiz Khalifa , Ed Sheeran dan Led Zeppelin. 

Atlantic Records diperkirakan menghasilkan pendapatan US$200 juta atau setara dengan Rp3,09 triliun.

8. Columbia Records, Rp1,5 Triliun 

Columbia Records adalah salah satu perusahaan rekaman tertua di industri musik asal New York, AS. 

Columbia Records dimulai pada 15 Januari 1889, sebagai perusahaan label. Dulunya, perusahaan ini dikenal sebagai Gramofon Columbia Connecticut. 

Sampai akhirnya, Sony kemudian membeli perusahaan tersebut pada tahun 1989 seharga US$3,4 miliar guna memasuki industri pasar musik Asia. Beberapa artis terkenal di bawah Columbia Records termasuk Bruce Springsteen, Beyonce, Adele dan James Taylor. 

Perusahaan ini diperkirakan memiliki pendapatan US$100 juta atau setara dengan Rp1,5 triliun per tahun.

9. RCA Records, Rp619 Miliar 

RCA Records didirikan pada tahun 1900, menjadikannya perusahaan rekaman tertua kedua setelah Colombia Records. Nama RCA Records berasal dari Radio Corporation of America. 

RCA sekarang menjadi anak perusahaan dari Sony Music Entertainment yang menawarkan semua jenis musik, termasuk pop, klasik, afrobeat , dan blues. Beberapa orang terkenal yang pernah bekerja sama dengan RCA antara lain Alicia Keys, Justin Timberlake, Elvis Presley, David Bowie, Britney Spears, dan Buddy Guy. 

Diperkirakan label musik ini menghasilkan pendapatan US$40 juta atau setara dengan Rp619 miliar per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper