Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi 7 Ide Bisnis Ramadan yang Menguntungkan

Berikut ini beberapa ide bisnis Ramadan yang bisa kamu coba untuk menambah pemasukan kamu di bulan penuh keberkahan.
Ide bisnis Ramadhan, salah satunya jualan kurma Freepik
Ide bisnis Ramadhan, salah satunya jualan kurma Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Pada bulan Ramadan, umat muslim beramai-ramai menjalankan ibadah berpuasa selama satu bulan penuh. Momen ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuka usaha. Hal ini sering terjadi dengan peningkatan konsumsi masyarakat Ketika Ramadhan. Kamu juga perlu mengetahui ide bisnis Ramadhan yang bisa kamu lakukan untuk menambah pemasukan. 

Usaha yang dibuka saat bulan Ramadhan ini mulai dari usaha kecil-kecilan yang sifatnya musiman. Namun, bisa juga bersifat jangka Panjang apabila dikembangkan menjadi lebih besar. Dengan kata lain, usaha tersebut bisa terus berjalan meskipun Ramadhan sudah selesai. 

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis Ramadan yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Menu berbuka atau takjil 

Ide bisnis ramadhan yang pertama yakni takjil atau menu buka puasa. Waktu berbuka puasa menjadi saat yang sangat dinanti orang yang berpuasa. Ketika saat itu telat tiba, hal yang pertama dicari tentu saja takjil atau hidangan berbuka. Sehingga ini bisa menjadi peluang usaha yang tepat. 

2. Kue kering

Jika kamu bisa membuat kue, ide usaha kue kering cocok untuk kamu jual Ketika bulan Ramadhan. Menjelang berakhirnya puasa, banyak orang yang membutuhkan persediaan kue kering untuk hari raya lebaran. Kue kering umumnya akan menjadi hidangan wajib yang disajikan untuk para tamu keluarga dan kerabat ketika lebaran. 

3. Busana muslim 

Permintaan pasar akan busana muslim biasanya meningkat menjelang Ramadhan. Busana muslim tersebut umumnya diperuntukkan untuk hari raya lebaran. Seperti tradisi, membeli busana muslim baru Ketika lebaran sudah menjadi kebiasaan umat muslim di tanah air. 

4. Kurma 

Ide bisnis ramadhan yang selanjutnya pasti mendatangkan cuan. Buah manis khas Timur Tengah ini selalu diburu dan mendapatkan permintaan yang cukup tinggi di hari-hari menjelang lebaran. Kandungan serat dan glukosa di dalamnya mampu menambah energi setelah seharian puasa. Namun, tidak ada salahnya juga menyajikan kurma Ketika sahur. Kurma juga bisa menjadi hidangan andalan di hari raya. 

5. Jasa jahit 

Membuat baju dengan kain yang dipilih sendiri dan desain yang dibuat sendiri bisa menjadi ide cemerlang. Di bulan puasa dan menjelang hari raya tidak hanya satu atau dua orang saja yang berpikiran seperti ini. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentunya dibutuhkan jasa jahit yang tidak sedikit. 

6. Menjual peralatan ibadah

Bulan puasa adalah saat yang tepat bagi seluruh insan untuk memupuk pahala. Jadi tidak mengherankan di bulan ini masjid-masjid setiap saat penuh karena gencarnya orang-orang beribadah. Dengan waktu ibadah yang cukup padat, pastinya diperlukan peralatan ibadah yang cukup banyak. 

7. Usaha katering

Selain takjil, ide bisnis ramadhan lainnya yang selalu ada adalah saat buka bersama. Hal inilah yang membuat katering termasuk ide jualan bulan puasa. Meskipun katering sendiri selalu ada setiap saat, akan tetapi usaha ini memiliki potensi besar Ketika bulan Ramadhan. 

Itulah beberapa ide bisnis Ramadhan yang bisa kamu coba. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler