Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Brand Populer Milik Keluarga Cendana, dari Hotel hingga Kopi Kekinian

rikut sejumlah brand terkenal milik keluarga Cendana yang masih eksis hingga sekarang.
Taman buah Mekarsari
Taman buah Mekarsari

Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga Cendana, yang dikenal sebagai keluarga Soeharto, memiliki sejumlah bisnis dan terkenal sebagai pebisnis di Indonesia. 

Pada masa pemerintahan Soeharto, keluarga Cendana memiliki pengaruh yang cukup besar di sektor ekonomi, di mana mereka memiliki banyak bisnis dan terlibat dalam berbagai sektor bisnis di Indonesia. Bahkan, hingga saat ini sejumlah brand miliknya pun terus eksis di pasaran. 

Lantas, apa saja bisnis populer milik Keluarga Cendana? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Lorin Hotel

Tommy Soeharto yang memiliki nama lengkap Hutomo Mandala Putera ini merupakan anak kelima atau bungsu dari Soeharto.

Melalui PT Lor Internasional Hotel mulai dari kelas budget hingga bintang 5, dirinya mengelola jaringan hotel yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, mulai dari Lorin Sentul, Lorin Kuta, Hotel Amantis Demak hingga Hotel Noormans Semarang 

2. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari ternyata dikelola oleh Siti Hutami Endang Adiningsih atau sering disapa Mamiek adalah putri paling kecil dari mantan Presiden Soeharto.

Melansir dari situs resminya, taman yang punya luas sekitar 264 hektar menjadi salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika  sekaligus merupakan tempat   penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding) dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

3. Kedai Kopi Cikini 049

Gendis Siti Hatmanti yang merupakan anak sulung dari Bambang TrihatmodjoGendis Siti Hatmanti diketahui memiliki bisnis FnB, tepatnya Kedai Kopi Cikini 049 yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. 

Sayangnya, informasi soal kedai tersebut sangatlah minim. Namun, berdasarkan pantauan Bisnis, kedai ini sudah berdiri sejak Mei 2017. 

4. Bhatara Hotel Bandung

Selain bisnis kedai kopi, melansir dari akun Instagramnya, Gendis juga diketahui menjalani bisnis perhotelan berbintang empat bernama De Bhatara Hotel Bandung. 

5. GORO Retail

GORO yang merupakan singkatan dari "Gotong Royong adalah sebuah jaringan toko grosir sendiri merupakan pusat berbelanja yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari buah, sayur, hingga peralatan dapur. 

GORO berada di bawah naungan PT Berkarya Makmur Sejahtera ini merupakan usaha yang dimiliki oleh Tommy sendiri. Di perusahaan tersebut, Tommy menjabat sebagai Komisaris Utama. 

6. Nusa Dua Beach Hotel

Melansir dari Satelit Earth, sebagai putri pertama Soeharto yaitu Siti Hardijanti Hastuti Soeharto atau biasa dikenal dengan Tutut Soeharto bersama dirinya mengelola Nusa Dua Beach Hotel.

Sebagai informasi, saat ini hotel tersebut mayoritas sahamnya dimiliki oleh Sultan Hassanal Bolkiah lewat Brunei Investment Agency (BIA).

7. Hilton Bali

Sigit Harjojudanto adalah anak kedua dari Soeharto dan Siti Hartinah. Sebagai seorang pengusaha Tanah Air dirinya mengelola salah satu jaringan hotel mewah dunia. 

Hilton Bali ini semula bernama Grand Nikko—hotel yang termasuk ke dalam merek hotel internasional, Nikko Hotel Internasional. Pemiliknya adalah JAL Hotel Company, anak usaha dari maskapai Jepang, Japan Airlines Co., Ltd. 

Namun, per 1 Desember 2016, Hotel Grand Nikko ini berganti nama menjadi Hilton Bali. Pergantian ini menyusul pengambilalihan Grand Nikko Bali oleh grup Hilton. Menggandeng PT Caterison Sukses, Hilton mengubah nama Grand Nikko menjadi Hilton Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arlina Laras

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler