Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saingi Timezone, Pengusaha Balikpapan Ini Hadirkan Wahana Gim Virtual Reality

Seorang pengusaha lulusan Teknik di Balikpapan hadirkan wahana gim Virtual Reality (VR) di Grand City untuk menarik minat masyarakat terhadap konsol gim.
Pengunjung mengenakan headset virtual reality (VR) Meta Quest 2 untuk memainkan video game di Tokyo Game Show 2022 di Chiba, Jepang, 15 September 2022./Bloomberg
Pengunjung mengenakan headset virtual reality (VR) Meta Quest 2 untuk memainkan video game di Tokyo Game Show 2022 di Chiba, Jepang, 15 September 2022./Bloomberg

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Wahana gim Virtual Reality mulai merambah Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di Kota Balikpapan.

Owner Izer Play, Fajar Rahmad Sihotang mengatakan usaha wahana permainan virtual reality ini pertama di Balikpapan dan diluncurkan pada 23 Desember 2022 lalu di Grand City. 

“Kami menyediakan solusi berupa permainan virtual reality yang belum pernah ada sebelumnya,” ujarnya di Balikpapan baru baru ini.

Fajar menyebutkan jenama ‘Izer Play’ sendiri berawal dari dirinya yang sangat menyukai bermain game semasa kecil, dengan username yang mengandung kata 'Izer'.

Dia mengungkapkan bahwa Izer Play menggunakan konsol yang tidak bergantung pada PC atau perangkat eksternal lainnya.

Permainan di dalam konsol ini membuat pemain merasa seolah-olah berada di dalam dunia game yang berbeda, sesuai dengan konsep virtual reality.

“Virtual reality ini merupakan pengalaman yang benar-benar baru, bahkan di Indonesia sekalipun,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan tren virtual reality dan metaverse yang booming saat pandemi COVI-19, pihaknya merasa layak untuk memperkenalkan pengalaman ini kepada masyarakat Balikpapan.

Mahasiswa Magister Teknik di salah satu universitas negeri ini menyebutkan banyak pelanggannya kini yang telah menjadi pelanggan tetap, terutama yang datang di akhir pekan.

Dengan target pasar utama pemuda berusia 18-25 tahun, Fajar mengungkapkan bahwa biasanya pelanggan datang bersama teman-teman mereka.

“Beberapa permainan populer adalah Beat Saber dan boxing atau tinju. Tinju menjadi salah satu best seller kami,” sebutnya.

Dia menjelaskan usahanya memiliki dua cabang, yang pertama di Grand City dan yang kedua dibuka pada 24 April di Pantai BSB.

Izer Play sendiri dilengkapi dengan 5 konsol 4 di antaranya digunakan untuk arena permainan dan 1 sebagai cadangan, khusus di Grand City.

Karakteristik masyarakat Balikpapan yang sangat tertarik dengan hal-hal baru menjadi alasan kuat dilahirkannya Izer Play. 

“Terutama karena pilihan tempat hiburan mungkin belum sebanyak di kota lain. Daya beli di Balikpapan juga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di Kalimantan,” terang Fajar.

Adapun, mayoritas pelanggan datang berkelompok, minimal 2-3 orang. Di hari kerja, pengunjung kebanyakan adalah pemuda, sedangkan di akhir pekan banyak keluarga yang datang dengan membawa anak-anak. Izer Play beroperasi setiap hari mulai pukul 14.00 WITA hingga 22.00 WITA.

“Kami sering kali terlihat puas dan bahagia setelah bermain, dengan senang hati memposting pengalaman mereka di media sosial. Sejauh ini, respons yang kami terima sangat positif,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper