Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Family Office dengan Aset Terbesar di Dunia, Klan Hartono Salip Pemilik Pabrik LEGO

Klan Hartono berada di urutan ke-17, di mana aset keluarganya setara dengan family office dari keluarga pemilik pabrik LEGO
Michael Hartono/Istimewa
Michael Hartono/Istimewa

11. Athos KG

Athos KG adalah kantor keluarga yang didirikan pada 2006 dan berbasis di Holzkirchen. Athos merupakan kantor keluarga tunggal dari Thomas und Andreas Strüngmann dan mengelola lebih dari US$30 miliar atau Rp442,5 triliun dalam bentuk aset. 

Perusahaan ini aktif terutama di pasar ekuitas swasta Eropa dan memiliki saham pengendali di BioNTech.

12. Bayshore Global Management

Bayshore Global Management adalah kantor keluarga tunggal milik Sergey Brin, salah satu pendiri Google. Didirikan pada 2006 dengan markas di California, Amerika Serikat dengan kekayaan sebesar US$30 miliar atau Rp442,5 triliun dari keluarga Brin. 

Tidak banyak informasi yang diketahui tentang kantor keluarga Brin, termasuk investasi mereka, karena Bayshore Global Management tidak memiliki situs web.

13. Soros Family Office

kantor keluarga tunggal milik George Soros, sebelumnya diorganisir sebagai hedge fund, kantor keluarga ini didirikan pada 1970 dan berkantor pusat di New York City, Amerika Serikat. 

Soros Family Office menjadi penasihat utama untuk Quantum Group of Funds, sebuah kelompok dana lindung yang dimiliki secara pribadi dan berbasis di London. Kantor keluarga ini mengelola lebih dari US$30 miliar atau Rp442,5 triliun dalam bentuk aset.

14. Emerson Collective

Emerson Collective adalah kantor keluarga dari Laurene Powell Jobs, istri almarhum Steve Jobs, pendiri Apple. 

Kantor keluarga tunggal ini adalah organisasi berorientasi profit yang beroperasi sebagai organisasi perubahan sosial dengan fokus pada solusi filantropi dan investasi berdampak untuk mendorong perubahan dalam masyarakat. Terletak di California, Amerika Serikat, Emerson Collective mengelola aset sebesar US$28 miliar atau Rp413 triliun. 

15. The Grosvenor Estate

Kantor keluarga tunggal dari keluarga Grosvenor yang dipimpin oleh Duke of Westminster ini berpusat di Chester, Inggris, dan mengelola lebih dari US$25 miliar atau Rp368,7 triliun dalam bentuk aset. Grosvenor Estate utamanya berinvestasi di pasar pertanian, makanan, dan properti pedesaan.

16. Euclidean Capital

Family office milik miliarder dana lindung, James Simon, yang juga merupakan pendiri Renaissance Technologies. Berlokasi di New York, Amerika Serikat ini mengelola aset sebesar US$21 miliar atau Rp309,7 triliun 

17. Hartono Family Office

Setelah Oei meninggal pada tahun 1963, putra-putranya Michael dan Budi Hartono melakukan diversifikasi dengan berinvestasi di Bank Central Asia. 

Kantor keluarga asal Indonesia yang menjadi pewaris dan pemilik produsen kretek, Djarum Group, salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia. Melansir dari Simple, perusahaan ini mengelola aset sebesar US$21 miliar atau Rp309,7 triliun 

18. KIRKBI

KIRKBI adalah kantor keluarga dari Keluarga Kristiansen, keluarga asal Denmark yang mendirikan Lego. 

KIRKBI adalah perusahaan induk dan perusahaan investasi swasta yang berfokus pada membangun masa depan yang berkelanjutan bagi kepemilikan keluarga terhadap merek LEGO untuk generasi mendatang. Kantor keluarga tunggal ini mengelola sekitar US$21 miliar atau Rp309,7 triliun dalam aset.

19. Crossby Advisors

Crossby Advisors adalah kantor keluarga tunggal dari Keluarga Johnson, pemilik generasi ketiga dari bisnis keluarga, Fidelity Investments. 

Perusahaan ini didirikan pada 2008 dan saat ini berkantor pusat di New Hampshire, Amerika Serikat. Crossby Advisors mengelola lebih dari US$17,2 miliar atau Rp253,7 triliun dalam aset keluarga Johnson.

20. Carl Bennet AB

Carl Bennet AB adalah kantor keluarga tunggal untuk Keluarga Bennet yang meliputi Carl Bennet, seorang miliarder Swedia dan chairman perusahaan teknologi medis Getinge serta perusahaan percetakan Elanders, istri Carl Bennet, dan anak mereka. 

Perusahaan ini didirikan pada 1989 dan berkantor pusat di Gothenburg, Swedia. Carl Bennet AB mengelola lebih dari US$16,4 miliar atau Rp241,9 triliun dalam aset dan terutama aktif di industri perawatan kesehatan, teknologi medis, perawatan gigi, teknik, dan logistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper