Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Pemilik Hotel Terkaya di Dunia

Dari Bulat Utemuratov hingga Bernard Arnault, berikut 15 orang terkaya di dunia yang memiliki hotel yang tersebar di berbagai negara
Bernard Arnault yang menjadi orang terkaya ketiga versi Forbes memperkenalkan budaya Paris.
Bernard Arnault yang menjadi orang terkaya ketiga versi Forbes memperkenalkan budaya Paris.

11.Ji Qi

Kekayaan Bersih: $3,4 miliar

Memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di industri perhotelan, Ji Qi adalah miliarder mandiri. Beliau adalah Direktur, Chief Executive Officer, Executive Chairman, sekaligus pendiri H World Group Limited, salah satu grup manajemen jaringan hotel multi-merek terbesar di China.

Sebagai operator hotel dan pemilik waralaba, perusahaan bertanggung jawab untuk menyediakan sewa hotel, operasional hotel, serta layanan pengembangan bersama. Korporasi mengoperasikan ribuan hotel dengan berbagai merek sesuai dengan anggaran dan segmen kelas menengah.

10. JB Pritzker

Kekayaan Bersih: $3,6 miliar

Pengusaha, politisi, dan dermawan Amerika, Jay Robert (J.B.) Pritzker diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar $3,6 miliar. Pritzker memiliki beberapa perusahaan rintisan modal ventura dan investasi atas namanya seperti Grup Pritzker, yang dia jalankan bersama saudaranya hingga 2017. Salah satu dari beberapa pewaris kekayaan keluarga Pritzker, J.B. Pritzker, diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar $3,6 miliar. Hyatt Hotels didirikan oleh pamannya, Jay Pritzker, sedangkan ayahnya David dikreditkan untuk mengelola dan mengembangkan jaringan tersebut. Adiknya, Penny Pritzker, juga seorang miliarder yang masuk dalam daftar pemilik hotel terkaya di dunia.

9.Bob Gaglardi

Kekayaan Bersih: $3,7 miliar

Nomor 788 dalam Daftar Miliarder Dunia Forbes, Bob Gaglardi adalah pendiri Northland Properties. Northland Properties adalah perusahaan Kanada yang memiliki lebih dari 60 resor dan hotel, 175 tempat dan restoran, serta 3 tim hoki.

Gaglardi memulai bisnisnya pada tahun 1963 dengan hanya pinjaman $5.000. Empat tahun kemudian, dia mendirikan Sandman Inn Hotel di British Columbia. Pada tahun-tahun berikutnya, Gaglardi terus mengembangkan hotelnya di seluruh Kanada, sekaligus melakukan diversifikasi ke real estat dan restoran.

8. Anthony Pritzker

Kekayaan Bersih: $3,7 miliar

Menjabat sebagai mitra pengelola grup Pritzker, Anthony Nicholas Pritzker adalah salah satu pemilik hotel terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar $3,7 miliar. Pritzker Group adalah firma ekuitas swasta yang melakukan investasi langsung di bisnis pasar menengah di seluruh sektor jasa, produk manufaktur, dan perawatan kesehatan.

7. Jean Pritzker

Kekayaan Bersih: $4,3 miliar

Jean "Gigi" Pritzker adalah pewaris lain dari kerajaan besar keluarga Pritzker. Meskipun sumber kekayaannya sebagian besar berasal dari kekayaan hotelnya, dia sendiri adalah seorang produser film yang berbasis di Los Angeles. Forbes mencatat perkiraan kekayaan bersihnya menjadi $4,3 miliar. Pritzker adalah cucu dari A.N. Pritzker yang menciptakan konglomerat industri Marmon dan jaringan hotel Hyatt Hotels bersama dua putra Pritzker, Jay dan Robert.

Gigi, bersama suaminya, juga mendirikan Yayasan Keluarga Pritzker Pucker dan Teater Anak Chicago. Yayasan keluarganya diketahui menyumbang untuk seni, pendidikan, dan keuntungan berorientasi komunitas lainnya.

6. Thomas Pritzker

Kekayaan Bersih: $5,5 miliar

Pewaris kerajaan Pritzker lainnya, Thomas Pritzker adalah ketua eksekutif Hyatt Hotels Corporation (NYSE:H) dan Organisasi Pritzker. Umumnya dikenal sebagai Hyatt Hotels & Resorts, Hyatt Hotels Corporation (NYSE:H) adalah perusahaan perhotelan multinasional Amerika yang didirikan oleh mendiang ayah Thomas Pritzker.

Korporasi mengelola dan mewaralabakan bisnis dan hotel mewah, properti liburan, dan juga resor. Pritzker, bersama anggota keluarga lainnya, juga memegang kepemilikan di real estat komersial melalui Pritzker Realty Group dan Vi Senior Living.

5. Robert Rowling

Kekayaan Bersih: $6 miliar

Pengusaha miliarder Amerika Robert Rowling diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar $6 miliar. Dia adalah pemilik TRT Holdings, sebuah perusahaan induk swasta yang berbasis di Texas yang memiliki jaringan hotel Omni Hotels & Resorts.

Omni Hotels & Resorts adalah perusahaan hotel mewah internasional dengan lebih dari 50 hotel dan restoran di seluruh Amerika Utara. Berbasis di Dallas, Texas, hotel-hotel ini terkenal dengan penawaran mewahnya.

Jaringan hotel juga telah membuka hotel baru di Boston, Atlanta, dan Dallas. Rowling juga seorang donatur, berkontribusi pada organisasi seperti super PAC American Crossroads, Texas Conservatives Fund, dan bahkan sekolah bisnis University of Texas.

4. Michael Kadoori

Kekayaan Bersih: $6 miliar

Michael David Kadoorie adalah miliarder dan pengusaha Hong Kong. Tidak hanya dia adalah ketua dan pemilik 18% dari produsen listrik terbesar Hong Kong; grup CLP, tetapi juga memegang 59% kepemilikan saham di Hotel Hong Kong dan Shanghai.

Hotel HongKong dan Shanghai adalah perusahaan induk yang bertanggung jawab atas kepemilikan, manajemen hotel, dan pengembangan Hotel Peninsula. Kadoorie juga memegang kepemilikan di hotel Peninsula melalui istri dan perwaliannya, menurut laporan tahunan Bloomberg 2022. Pada tahun 2022, Kadoorie membayar $337,5 juta untuk meningkatkan saham keluarganya di Hotel HongKong dan Shanghai, meningkatkan kepemilikan keluarganya menjadi 72%.

3. Karen Pritzker

Kekayaan Bersih: $6,2 miliar

Karen Pritzker adalah seorang miliarder dengan perkiraan kekayaan bersih $6,2 miliar. Dia memperoleh kekayaannya sebagian besar dari kepemilikannya di grup Pritzker.

Pritzker, kakeknya, telah membangun konglomerat industri bersama putra-putranya yang disebut Hotel Marmon dan Hyatt. Karen Pritzker adalah salah satu dari 11 miliarder yang menjadi pewaris kekayaan Pritzker ini. Keluarganya adalah salah satu keluarga terkaya di Amerika Serikat, dan banyak anggota keluarga lainnya masuk dalam daftar pemilik hotel terkaya di dunia.

2. Lui Che-Woo

Kekayaan Bersih: $14,4 miliar

Lui Chee-Woo adalah seorang pengusaha, dermawan, dan investor Hong Kong, dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar $14,4 miliar. Chee-Woo mengendalikan K. Wah Group, konglomerat Hong Kong yang memiliki saham di operator kasino Galaxy Entertainment serta pengembang properti K. Wah International.

Pada tahun 2018, Lui Che-Woo membeli saham senilai $928 juta di Wynn Resorts. Kekayaannya juga mencerminkan kepemilikannya di Hotel Stanford di bawah Konglomerat Grup K. Wah miliknya. Bisnis hotel terdiri dari selusin hotel di seluruh AS dan Hong Kong.

1. Bernard Arnault

Kekayaan Bersih: US$187 miliar

Salah satu pemilik hotel terkaya di dunia tak lain adalah Bernard Arnault. Arnault memegang gelar tersebut sekaligus menjadi salah satu individu terkaya di dunia, hanya dilampaui oleh Elon Musk.

Dengan kekayaan bersih $187 miliar, Arnault adalah CEO dan ketua konglomerat barang mewah LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton.

Selain itu, LVMH juga telah mengukuhkan namanya di sektor perhotelan mewah, antara lain dengan Cheval Blanc Maisons, Bvlgari Hotels, dan grup Belmond. Saat ini, properti hotelnya tersebar di 24 negara dan terus bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper