Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perjalanan Bisnis Justin Moon Bangun MOOYAM

Justin Moon menceritakan bagaimana kisahnya membangun MOOYAM dan menjalankan bisnis makanan sehat di Indonesia
Mooyam
Mooyam

Bisnis.com, JAKARTA - Justin Moon, seorang mantan binaragawan dan personal trainer keturunan Korea berhasil menciptakan gelombang baru di dunia sajian pangan instan sehat di Indonesia.

Melalui Moon Mate, brand campuran budaya Korea dan Indonesia, dirinya meluncurkan MOOYAM, 1-minute chicken breast pertama di Indonesia. 

“Jadi, kami mendirikan PT Merdeka Moon Indonesia, perusahaan yang menaungi MOOYAM sejak 5 Mei 2021 di Bali,” katanya

Penamaan “Moon Mate” merupakan culture branding, yang secara harfiah, sebagai mate atau ‘teman’. 

Pemilihan dada ayam pun bukanlah tanpa alasan. 

Justin menyebut, kala menjalankan bisnis ini, pihaknya melakukan banyak riset pasar di Korea, di mana bisnis dada ayam paling berkembang dibandingkan di negara-negara lain di dunia. 

“Saat ini kondisi industri makanan fitness di Indonesia sama dengan kondisi awal industri ini di Korea,” ungkapnya pada Bisnis, Senin (3/7/2023). 

Akan tetapi, Justin menyebut Meski segi nutrisi pun dada ayam merupakan makanan alami berprotein terbaik di dunia.

Namun, jika diolah dengan cara yang salah, maka dada ayam yang memiliki sedikit kandungan lemak dapat menjadi kering dan menghasilkan bau amis yang tidak sedap. 

“Umur simpan dada ayam yang telah didinginkan juga seringkali terbilang pendek, sehingga seringkali menjadi pemborosan jika harus dibuang begitu saja setelah dibeli,” jelasnya. 

Padahal, kebiasaan makan adalah hal terpenting dalam gaya hidup sehat. Sayangnya, rutinitas yang sibuk kerap menjadi penyebab sulitnya memenuhi protein berkualitas tinggi. 

Mengalami Jatuh Bangun dalam Jalankan Bisnis di Indonesia

Dirinya menceritakan, jauh sebelum bisnis mereka makin diminati masyarakat luas.

Pada awalnya, banyak mitra bisnis Indonesia yang merasa ragu bahkan kerap menolak produk yang dia tawarkan. 

Pasalnya, sebagian dari mereka menilai pasar Indonesia lebih cenderung menyukai makanan dengan rasa pedas, asin, dan manis dan memiliki kekhawatiran masyarakat mungkin tidak akan menyukai rasa makanan sehat berprotein seperti MOOYAM. 

Kekhawatiran tersebut muncul karena MOOYAM memiliki kesan sederhana dan mungkin beberapa orang berpikir rasanya tawar jika dibandingkan dengan makanan instan. 

“Lalu, saya bilang kalau MOOYAM tidak hanya sekadar makanan biasa, tetapi juga makanan diet dan bulking yang higienis serta bernutrisi tinggi,” kenangnya. 

Bekerjasama dengan Banyak Pihak

Tak hanya itu, beberapa tantangan pun kerap dia alami. Mulai dari penyediaan bahan baku ayam yang mahal di Indonesia, pengembangan produk, tes laboratorium yang dilakukan berulang, proses sertifikasi Halal MUI, BPOM, dan HACCP, hingga penyediaan infrastruktur logistik.

Bahkan, Moon Mate menyadari proses distribusi tradisional di Indonesia dapat membuat harga produk MOOYAM menjadi relatif tinggi.

Namun, melalui hubungan langsung dengan konsumen dan beberapa perusahaan, mereka dapat meminimalisir margin dan menjual produk dengan harga yang masuk akal. 

Terbukti, MOOYAM dapat ditemukan dan dibeli melalui platform e-commerce dan tersedia di beberapa toko offline, antara lain K-Mart, Mugunghwa, Ranch Market Jakarta, Papaya, dan Grand Lucky Supermarket Bali.

Nama MOOYAM pun sudah cukup populer di kalangan pecinta olahraga dan selebritas yang menampilkan gaya hidup sehat di Indonesia. 

Mereka di antaranya binaragawan IFBB Pro Indonesia Isay Kesek, influencer Santy Lolie, Chelsea Olivia, Rich Kyle, dan Chicco Jerikho, serta perwakilan fitness influencer Indonesia Yulia Baltschun. 

Menciptakan Konten Kesehatan

Pendekatan melalui konten pun menjadi strategi Moon Mate dalam mengedukasi target pasarnya. 

Bersama dengan tim yang terlatih dan berpengalaman dalam menciptakan konten kesehatan yang kredibel dan terperinci. 

Mereka menggunakan pendekatan yang lebih profesional dan teknis dalam menyajikan informasi, sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada konsumen dengan pengetahuan yang lebih mendalam tentang kesehatan, olahraga, dan diet. 

“Ternyata, strategi tanpa hard selling ini pun berhasil. Bahkan, kita bisa membangun fanbase dan mendapat pelanggan setia,” sebutnya. 

Saat ini, pihaknya berambisi menjadi produsen makanan kesehatan dalam produk dada ayam siap saji di Indonesia

Justin pun berencana untuk terus mengembangkan dan membuat berbagai lini produk dan mengekspor MOOYAM ke negara lain, seperti Singapura dan Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper