Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Peluang Bisnis Jajanan Bola Ubi, Modal Cuma dari Rp10 Jutaan

Setelah viral pada 2017, kini bisnis jajanan bola ubi mulai dilirik kembali
Bola ubi raos/instagram
Bola ubi raos/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis di dunia kuliner terus berputar dengan kreasi terkini. Seperti bola-bola ubi yang kini sedang tren. 

Meski jajanan khusus sunda yang terbuat dari bahan dasar ubi yang digoreng sempat viral pada 2017, ternyata sajian ini kembali naik daun menjadi peluang bisnis menjanjikan.  

Salah satu brand franchise yang sudah populer di kalangan masyarakat adalah Bola Obi Raos. 

Berdiri sejak 2016, kini mitranya sudah tersebar di sejumlah wilayah. Mulai dari Bandung, Bekasi, Jakarta, Surabaya, Semarang, hingga Malang.

Syarat Franchise Bisnis 

Melansir dari proposal franchise, tidak ada syarat khusus mengenai kriteria calon mitra. Bahkan, bisnis ini terbilang sangat terbuka bagi calon mitra yang belum memiliki pengalaman sama sekali di bidang Food and Beverage.

Sementara, terkait penentuan lokasi, pihak Bola Obi Raos pusat akan turut membantu mitra dalam melakukan survei. 

Terkait royalty fee dan management fee untuk bisnis franchise ini pun, pihaknya tidak membebankannya kepada mitra.

Biaya Franchise Bisnis 

Bola Obi Raos menawarkan berbagai pilihan paket kemitraan dengan biaya yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan dan ambisi para calon mitra. Paket pertama adalah "RaoStandart" dengan biaya Rp15 juta.

Dengan modal tersebut, para mitra akan mendapatkan booth, lisensi merek selama tiga bulan, peralatan memasak, dukungan pemasaran, kemasan, bahan baku, karyawan, dan sistem POS yang lengkap. 

Selain itu, terdapat paket "RaoSpecial" dengan biaya Rp19 juta Paket ini menawarkan semua fasilitas dari paket RaoStandart, namun dengan booth yang lebih besar serta jumlah bahan baku yang lebih banyak. 

Hal ini memberikan kesempatan bagi mitra untuk menyajikan lebih banyak variasi menu kepada pelanggan mereka.

Bagi mereka yang ingin memanfaatkan layanan pesan antar makanan untuk meningkatkan daya jangkau bisnis mereka, terdapat paket "RaoSuper" dengan biaya Rp29 juta rupiah. 

Untuk para mitra yang ingin mengambil langkah lebih jauh dan mendapatkan keuntungan lebih besar, ada paket "RaoSupreme" dengan biaya Rp59 juta dengan free freezer serrta difasilitasi dengan kolaborasi artis terkenal, 

Selain itu, Bola Obi Raos juga menawarkan opsi "Raospectacular Master Mall" seharga Rp89 juta, yang memungkinkan mitra mendapatkan lokasi strategis di pusat perbelanjaan.

Skenario Penjualan Franchiae Bisnis Bola Obi Raos

Bola Obi Raos pun memberikan hitung-hitungan terkait keuntungannya, Misal, paket "RaoSpecial" dengan harga Rp19 juta. 

Dengan asumsi rata-rata penjualan per hari sebanyak 30 porsi dengan harga per porsi sebesar Rp20.000, dan jumlah hari kerja dalam sebulan adalah 26 hari, maka total penjualan dalam satu bulan akan mencapai Rp15,6 juta 

Dalam perhitungan tersebut, harga pokok penjualan atau modal yang dikeluarkan sebesar 30 persen dari total penjualan, yaitu sebesar Rp3,68 juta Sehingga, keuntungan kotor yang diperoleh adalah Rp10 juta

Namun, agar dapat memperoleh keuntungan bersih, beberapa biaya operasional harus diperhitungkan. 

Misalnya, gaji karyawan dan biaya sewa tempat menghabiskan Rp3 juta Dalam skenario ini, total biaya operasional pun mencapai Rp3 juta

Dengan mengurangi total biaya operasional dari keuntungan kotor, keuntungan bersih yang dapat diperoleh dari bisnis ini adalah sebesar Rp7,9 rupiah.

Maka, berdasarkan keuntungan bersih yang diperoleh, estimasi waktu untuk balik modal adalah tiga bulan.

Tahapan Bergabung jadi Mitra

Berikut adalah tahapan bergabung menjadi mitra Bola Obi Raos:

1. Pendaftaran Kemitraan

Calon mitra melakukan pendaftaran kemitraan dengan menghubungi tim Bola Obi Raos. 

Pendaftaran ini biasanya melibatkan pengisian formulir dan pengumpulan dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

2. Pengajuan Lokasi

Setelah pendaftaran diterima, calon mitra dapat mengajukan lokasi untuk outlet Bola Obi Raos yang akan mereka buka. 

Pengajuan lokasi ini biasanya melibatkan penelitian pasar dan analisis untuk memastikan potensi bisnis yang baik.

3. Transfer DP 50 Persen

Setelah pengajuan lokasi disetujui, calon mitra akan diminta untuk mentransfer deposit sebesar 50 persen dari total biaya paket kemitraan yang dipilih. 

4. Pelunasan dan MoU

Setelah transfer deposit dilakukan, calon mitra diharuskan untuk melunasi sisa pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan. 

Selain itu, akan dibuat juga MoU (Memorandum of Understanding) yang berisi perjanjian antara kedua belah pihak, termasuk hak dan kewajiban masing-masing.

5. Persiapan Outlet

Setelah pembayaran lunas, calon mitra dapat memulai persiapan outlet mereka. Ini meliputi perencanaan layout, perolehan peralatan dan perlengkapan, serta pengerjaan renovasi atau penyesuaian lokasi untuk memenuhi standar Bola Obi Raos.

6. Training di Lokasi

Sebelum grand opening, calon mitra dan timnya akan menerima pelatihan dari tim Bola Obi Raos. 

Pelatihan ini meliputi pengetahuan tentang produk, teknik memasak, prosedur operasional, manajemen inventaris, layanan pelanggan, dan aspek-aspek lain yang diperlukan 

7. Grand Opening

Setelah persiapan dan pelatihan selesai, outlet Bola Obi Raos akan diresmikan dengan acara grand opening. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper