Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Ide Bisnis dengan Teknologi AI, Berpeluang Cuan Tanpa Modal

Berikut daftar bisnis yang berpeluang cuan dengan memanfaatkan teknologi AI gratis.
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus pemutusan hubungan kerja atau PHK akibat himpitan artificial Intellegent atau AI kian marak. 

Melansir dari Bisnis, salah satunya adalah Grab, platform layanan on demand bermarkas di Singapura yang tengah melakukan restrukrisasi organisasi di seluruh wilayah operasional, termasuk Indonesia. 

Menariknya, dalam menghadapi perubahan yang disebabkan oleh perkembangan teknologi, membuat orang justru berhasil menemukan cara baru untuk menciptakan peluang bisnis dan menghasilkan pendapatan. 

Melansir dari Go Banking Rates, banyak profesional yang melihat perkembangan teknologi sebagai peluang untuk mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat menghasilkan keuntungan bahkan tanpa modal. 

Terdapat berbagai peluang bisnis yang melibatkan penggunaan kecerdasan buatan (AI). Simak ulasannya. 

1. Desain Grafis Otomatis

Anda dapat mengembangkan alat AI yang menggunakan teknologi pengenalan gambar untuk menghasilkan desain grafis otomatis. Misalnya, platform yang dapat membuat logo, template presentasi, atau ilustrasi berdasarkan preferensi pengguna.

2. Pengeditan Gambar Otomatis

Dalam industri fotografi atau media, Anda dapat membangun alat AI yang mampu mengedit gambar secara otomatis. Algoritma AI dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar, memperbaiki pencahayaan, atau menghapus objek yang tidak diinginkan.

4. Kreativitas Musik dan Seni

Industri teknologi artificial intelligence (AI) belakangan semakin gencar dikembangkan untuk dimanfaatkan dalam kegiatan manusia. 

Salah satu teknologi AI yang sedang ramai digunakan yaitu AI Voice Generator. Di media sosial, AI Voice Generator banyak digunakan untuk mengganti sebuah lagu dengan suara milik orang lain. 

Salah satu contohnya di TikTok, ramai unggahan pemanfaatan AI Voice Generator untuk mengganti lagu dengan suara tiruan orang lain. Lagu tersebut seakan-akan dinyanyikan oleh artis lain atau bahkan tokoh publik.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan AI untuk menghasilkan karya musik atau seni yang unik. Contohnya, algoritma generatif dapat menciptakan melodi atau lukisan berdasarkan pola dan tren yang diberikan. 

5. Penerjemah Otomatis

Anda dapat mengembangkan platform atau aplikasi yang menggunakan AI untuk menerjemahkan teks secara otomatis antara berbagai bahasa.

Ini dapat menjadi peluang bisnis yang menarik dalam era globalisasi dan konektivitas yang tinggi.

6. Social Media Manajemen

Dengan menggunakan ChatGPT untuk manajemen media sosial, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat konten media sosial yang efektif dan menarik guna mempromosikan situs web afiliasi Anda. 

Dengan ChatGPT sebagai asisten, Anda juga dapat menjual jasa sebagai manajer media sosial kepada perusahaan lain.

Kemampuan untuk menggunakan ChatGPT dengan efektif dalam menciptakan jenis konten yang tepat adalah keterampilan khusus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper