Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Bisnis RM Padang Payakumbuah Punya Arief Muhammad, Modal Mulai Rp1,5 Miliar

RM Padang Payakumbuah kini menjadi perbincangan publik, lantaran pembukaan outletnya di Kemang mengundang Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto
RM Payakumbuah/instagram
RM Payakumbuah/instagram

Bisnis.com, JAKARTA - RM Padang Payakumbuah merupakan salah satu dari bisnis franchise milik Arief Muhammad yang cukup dikenal baik oleh masyarakat umum. 

Salah satu mitra yang tergabung adalah Gilang Widhia Pramana alias Juragan 99 yang membuka outletnya di Kemang pada Minggu (25/6/2023). Bahkan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pun hadir dalam rangka meresmikan pembukaan restoran minang tersebut. 

Di bawah bendera usaha PT Rasa Muda Makmur (Akang Group), rumah makan yang baru didirikan pada Juni 2022 ini telah memiliki lima cabang, mulai dari Tangerang Selatan hingga Jakarta Selatan. 

Lantas, seperti apa peluang bisnis franchise dari RM Payakumbuah?

Konsep Kerja Sama RM Padang Payakumbuah 

Sejauh ini, RM Padang Payakumbuah masih membuka peluang kemitraan hanya untuk area Jabodetabek. 

Nantinya, mitra harus membayar untuk mendapatkan lisensi merek dagang PYK.

Selain itu, mitra juga harus menanggung biaya modal (CAPEX) dan biaya operasional (OPEX) yang diperlukan untuk mempersiapkan dan menjalankan bisnis awal mereka.

Biaya modal (CAPEX) umumnya mencakup pembelian aset tetap seperti peralatan, furnitur, dan renovasi tempat usaha. 

Peluang Bisnis RM Padang Payakumbuah Punya Arief Muhammad, Modal Mulai Rp1,5 Miliar

Sementara itu, biaya operasional (OPEX) meliputi biaya harian dalam menjalankan bisnis seperti biaya sewa, gaji karyawan, bahan baku, utilitas, dan sebagainya.

Terkait profit sharing, PYK dan mitra akan membagi keuntungan dengan rasio 30:70 selama 24 bulan pertama, dan kemudian berubah menjadi rasio 50:50 secara tetap sampai berakhirnya periode kerja sama.

Syarat Bisnis Franchise Mitra RM Padang Payakumbuah 

1. Mitra membeli brand licence PYK

Selain CAPEX dan OPEX, mitra juga akan membayar untuk mendapatkan lisensi merek dagang PYK, yang memberikan hak kepada mereka untuk menggunakan merek dagang PYK untuk tujuan komersial.

2. Luas bangunan

Pihak PYK harus memiliki luas bangunan minimal 350 meter per segi. Di luar itu, mitra juga harus memiliki area parker yang cukup untuk menampung minimal 10 mobil.

3. Operasional outlet

Mitra akan mengoperasikan outlet dengan menggunakan karyawan yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh PYK.

4. Pengadaan bahan baku

Mitra diwajibkan untuk mengambil bahan baku dari PYK, dengan Stock Keeping Unit SKU A yaitu bahan baku dasar dan SKU B sebagai bahan baku daging dan ayam.

Biaya Bisnis Franchise Mitra RM Payakumbuah

Biaya wajib atau biaya tetap yang harus Anda tanggung untuk mendapatkan franchise Mitra RM Padang Payakumbuah sebesar Rp1,5 miliar. 

Biaya tersebut mencakup beberapa fasilitas. Mulai dari lisensi merek dagang mitra selama 5 tahun, jasa proses rekrutmen karyawan, pelatihan, dan pendampingan dalam menjalankan bisnis.

Sejumlah aktivasi pemasaran, termasuk upacara peluncuran yang pun nantinya akan dilakukan oleh Arief Muhammad. 

Peluang Bisnis RM Padang Payakumbuah Punya Arief Muhammad, Modal Mulai Rp1,5 Miliar

Tak hanya itu, jasa desain tata letak outlet, survei lokasi tempat usaha hingga biaya untuk sistem POS atau kasir elektronik selama tahun pertama pun akan menjadi tanggung jawab pihak PYK 

Selain biaya tetap sebesar Rp1,5 miliar, ada juga biaya tambahan yang bersifat perkiraan dan dapat berubah dan tidak meningkat tergantung pada vendor dan kondisi tempat usaha. 

1. Renovasi: Biaya renovasi outlet tergantung pada kondisi dan ukuran outlet (sekitar Rp3 juta rupiah per meter persegi).

2. Furniture & Fixture: Biaya untuk perabotan dan perlengkapan outlet sebesar Rp500 juta rupiah.

3. Peralatan dapur dan bar: Biaya untuk peralatan dapur dan bar sebesar Rp750 juta rupiah.

4. UtensilsBiaya untuk peralatan makan sebesar 300 juta rupiah.

5. Biaya perijinan: Ini mencakup biaya untuk mendapatkan izin iklan selama tahun pertama sebesar 150 juta rupiah.

Alur Kemitraan Bisnis Franchise RM Payakumbuah

Berikut adalah langkah-langkah dalam alur kemitraan tersebut:

1. Seleksi Administratif

Tahap ini melibatkan proses seleksi administrative, di mana mitra akan mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan 

2. Pembayaran Commitment Fee

Setelah melewati seleksi administratif, Anda akan diminta untuk membayar commitment fee atau biaya komitmen. 

3. Survei Lokasi

Pada tahap ini, pihak Mitra RM Payakumbuah akan melakukan survei lokasi. Tujuan survei ini adalah untuk mengevaluasi apakah lokasi yang Anda pilih cocok untuk membuka outlet Mitra RM Payakumbuah.

4. Gambar Arsitektur 

Sehabis survei lokasi, langkah selanjutnya adalah menghasilkan gambar arsitektur. Ini melibatkan desain tata letak outlet sesuai dengan standar Mitra RM Payakumbuah.

5.  Pembayaran Paket Kemitraan

Ini adalah biaya yang perlu Anda bayarkan untuk memperoleh hak menggunakan merek dagang Mitra RM Payakumbuah dan mendapatkan dukungan operasional dan pelatihan.

6. Penandatanganan Perjanjian

Setelah pembayaran paket kemitraan, Anda akan menandatangani perjanjian kemitraan dengan Mitra RM Payakumbuah. Perjanjian ini akan mengatur hak dan kewajiban kedua belah pihak.

7. Renovasi

Di sini, Anda dapat memulai proses renovasi outlet sesuai dengan gambar arsitektur yang disetujui. Renovasi tersebut bertujuan untuk mengubah outlet menjadi sesuai dengan standar Mitra RM Payakumbuah.

8. Pelatihan & Pra-pembukaan

Usai renovasi, maka akan ada pelatihan guna mempersiapkan mitra dalam mengoperasikan outlet dengan baik sebelum pembukaan resmi.

9. Go Live

Setelah melalui tahap pelatihan dan pra-pembukaan, outlet Anda siap untuk beroperasi secara resmi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper