Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puyo, Dessert Populer yang Dibangun dengan Modal Rp5 Juta

Modal Rp5 juta, pemilik Puyo pertama kali kembangkan silky desserts yang kini populer itu.
Gerai Puyo di Mal/supermal Karawaci
Gerai Puyo di Mal/supermal Karawaci

Bisnis.com, JAKARTA – Puyo Desserts adalah merek makanan penutup berupa puding Silky Deserts dan minuman manis Silky Drinks. Merek F&B ini berasal dari Indonesia.

Puyo Desserts didirikan oleh dua bersaudara, Adrian Agus dan Eugenie Patricia Agus. Mereka memulai bisnis ini pada Juli 2013. Pada saat pertama kali merintis usaha makanan penutup ini, Eugenie sendiri masih berusia 19 tahun.

Dilansir dari Instagram, nama Puyo diambil dari nama panggilan sepupu Adrian dan Eugenie yang bernama Darren. “Cocok juga nama ini untuk puding,” kata Adrian dalam unggahan video tersebut.

Usaha Puyo Desserts sebagai usaha keluarga ini dimulai dengan modal hanya Rp5 juta dan tanpa suntikan dana lanjutan. Hal ini disampaikan Adrian dalam sesi BukaTalks oleh Bukalapak yang diunggah di YouTube (6/8/2023).

Modal Rp5 juta tersebut digunakan untuk membeli bahan baku dan sebuah kulkas bekas untuk menyimpan produk. Promosi Puyo Desserts sendiri dilakukan dari mulut ke mulut dan menggunakan media sosial Instagram.

Puding Puyo pada awalnya dijual dengan cara dipesan melalui aplikasi pesan Whatsapp. Kemudian, Adrian dan Eugenie akan membuat pesanan yang baru bisa diantar dua hari setelah pemesanan menggunakan kendaraan pribadi.

Produk yang laku terjual tersebut membuat Adrian dan Eugenie memperbesar usaha mereka.

“Kita punya tujuan agar suatu hari bisa masuk ke mal,” kata Adrian. Mereka mulai membangun citra produk dengan mengikuti berbagai bazaar makanan yang diadakan di mal.

Dilansir dari situs resminya, toko Puyo Dessert pertama dibuka pada September 2013. Stan pertama itu dibuka di Living World Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Inspirasi membuat puding dengan tekstur lembut “silky” berasal dari ayah Agus bersaudara yang gemar memasak. Dari resep sang ayah, Adrian dan Eugenie merancang resep Puyo Desserts selama berbulan-bulan sebelum dipasarkan.

Tekstur “silky” menjadi nilai jual utama produk puding ini. Tekstur tersebut membedakannya dari tekstur puding pada umumnya.

Dalam 10 tahun perkembangan Puyo Desserts, mereka telah mengembangkan produk baru, yakni minuman manis berbagai rasa yang dikombinasikan dengan puding. Minuman ini diberi nama Silky Drinks.

Kedua co-founder menyatakan keinginan mereka untuk menjadi merek makanan penutup asal Indonesia berkelas dunia. Hal itu dinyatakan dengan usaha meningkatkan kualitas produk.

Keunggulan produk Puyo Desserts selain teksturnya adalah kandungan kalori yang rendah, tanpa bahan pengawet tambahan, dan tidak mengandung lemak trans.

Saat ini, Puyo Desserts telah membuka toko di berbagai kota. Saat ini Puyo Desserts memiliki lebih dari 90 toko yang tersebar di Jakarta, Depok, tangerang, Bogor, Bekasi, Bandung, Cirebon, Cilegon, Serang, dan Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler