Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah di Balik Kanky, Merek Sneakers Lokal yang Go Internasional

erek sepatu lokal, Kanky, yang go internasional. Fokus memberdayakan sumber daya dalam negeri. 
Kanky
Kanky

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketika ingin membeli sepatu, merek apa yang pertama kali ada di pikiran? Merek luar negeri atau lokal? Nah, merek satu ini bisa jadi bahan pertimbangan. 

Seiring dengan pertumbuhan minat dan kesadaran orang untuk berolah raga, pasar sepatu olah raga di Indonesia juga ikut bertumbuh. 

Adalah Kanky merek sepatu olah raga lokal yang berhasil bertumbuh hingga go internasional.   

Merek sepatu ini dibangun pada 2019 oleh Alvonsus Ivan di Bandung, Jawa Barat. Alvonsus memulai bisnisnya sebagai distributor sepatu lokal. 

Hingga akhirnya dia menyadari bahwa pasar sepatu olah raga Indonesia cukup baik, dia mulai membangun tim dan mendirikan Kanky.  

Creative Director Kanky, Brian Notodihardjo menjelaskan, Kanky merupakan merek sepatu sneakers lokal yang dari bahan hingga pembuatannya semua dikerjakan di Indonesia. 

“Ini sepatu full lokal, kita pekerjakan hampir 300 orang di pabrik di Surabaya dan kita kerjakan semua di sana. Kami percaya untuk bisa sukses dan harus maju bersama dengan komunitas sekitar,” ungkap Brian.

Brian mengatakan inspirasi untuk membangun Kanky muncul dari kebutuhan masyarakat Indonesia. Menurutnya, industri sepatu di Indonesia dan pangsa pasarnya sebenarnya sudah sangat bagus. 

Saat ini, di era penjualan melalui e-commerce, Kanky sangat terbantu karena bisa membuat produknya melanglang buana ke seluruh Indonesia. 

Go Internasional

Menilik media sosialnya, pada tahun 2022 lalu, Kanky bahkan sempat menjadi salah satu UMKM yang mengisi acara Java in Paris di Le BHV Marais. Produk Kanky juga digunakan oleh oleh grup tari Eko Pece (Eko Dance Company) di acara yang sama. 

Pada acara tersebut, Kanku juga meluncurkan sepatu dengan corak batik dengan slogan "Buah Karya Bangsa di Paris". 

Selain itu, Kanky juga pernah terlibat dalam event internasional lain seperti Powerboat F1H2O World Championship di Danau Toba Februari 2023 lalu, dan menjadi salah satu souvenir yang diberikan dalam ajang perlombaan internasional tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper