Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Tokoh di Balik Kesuksesan Brand Smartphone Ternama Dunia

Di balik kesuksesan tiap brand smartphone di dunia, ada 10 orang paling berpengaruh yang menciptakannya berikut ini
Tim Cook/Bloomberg
Tim Cook/Bloomberg

6. Ski Li (Founder dan Global CEO realme)

Pendiri merek smartphone dengan pertumbuhan paling cepat di dunia, realme, Ski Li membawa perusahaannya, yang juga didirikan di bawah BKK Electronics dari underdog yang tak pernah dilihat orang sebelumnya, menjadi terdepan di industri hanya dalam waktu singkat, sejak 2018. 

Li merupakna lulusan Nanjing University of Aeronautics and Astronautics, dan sempat menjabat sebagai kepala operaasi luar negeri Oppo sebelum mendirikan realme. Pengalaman kerja sebelumnya dia manfaatkan untuk memecahkan pertumbuhan realme di luar China, terutama di pasar India. 

7. Sundar Pichai (CEO Alphabet Inc.)

Sebagai CEO Alphabet Inc. sejak 2015, Sundar Pichai harus memegang beberapa tugas sekaligus. Selain memimpin perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, dia juga menjadi pengusaha Cloud dan pendukung keberlanjutan.

Pichai bersama dengan SVP-nya, Rick Osterloh tengah bersiap menaklukan pasar smartphone. Meskipun mereknya kurang terkenal di awal, generasi terbaru Pixel phone sebagai salah satu produk Google, mulai bisa bersaing dengan Apple dan Samsung. 

8. Ren Zhengfei (CEO Huawei) 

Siapa sangka, Huawei didirikan oleh seorang anggota dari Korps Teknik Militer China, Ren Zhengfei. Dia mendirikan Huawei pada tahun 1987, kemudian membangun merek tersebut menjadi pusat kekuatan elektronik dan teknologi China.  

Meskipun sukses mengembangkan pusat data, komputasi awan, dan industri elektronik konsumen China, bisnis smartphone Huawei sedang menurun, lantaran terkena sanksi luar negeri dan diambil alih oleh pesaing China yang lebih muda.  

Meski mengalami kemunduran, Zhengfei terus meminta karyawan di divisi smartphone-nya untuk berjuang keras demi masa depan di mana dia mengklaim tidak akan ada yang berani menggertak Huawei.

9. Xu Ziyang (CEO dan Executive Director ZTE)

Xu Ziyang bergabung dengan ZTE pada 1998, dan menjadi CEO serta Executive Director dari perusahaan yang sebagian dimiliki Pemerintah China ini pada 2018.  

Xu Ziyang mendapat penghargaan karena memiliki pola pikir global dan wawasan mendalam tentang pasar komunikasi internasional. Xu tetap memegang kendali perusahaan yang pada 2021 melaporkan pendapatan yang meroket. 

Sebelumnya, Xu adalah lulusan University of Electronic Science and Technology di China. 

10. George Zhao (CEO Honor)

Sebagai CEO Honor, mantan anak usaha Huawei yang dijual pada 2020 untuk menghindari sanksi AS, George Zhao membawa kejutan pada industri smartphone. 

Terlepas dari adanya jaminan bahwa Honor akan terus memproduksi ponsel murah dan secara umum tidak akan mengguncang industri, perusahaan Zhao telah meluncurkan serangkaian ponsel andalan yang telah diterima dengan baik di pasaran. 

Dengan besarnya ruang untuk berkembang, Zhao diprediksi punya rencana besar untuk mengembangkan Honor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper