Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Biaya dan Cara Franchise 3 Merek Bakery Ternama, Mulai dari Rp500 Juta

Cara dan biaya franchise tiga merek toko roti dan kue ternama di Indonesia
Tours Le Jours
Tours Le Jours

Bisnis.com, JAKARTA - Roti menjadi salah satu panganan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Meskipun bukan makanan pokok, pecinta roti dan kue di Indonesia tak pernah ada habisnya. 

Tak hanya menjadi camilan, roti juga sering kali dijadikan oleh-oleh atau bingkisan ketika hari besar. Hal ini membuat prospek pasarnya semakin besar dan bagus. 

Untuk bisa menangkap pasar pecinta roti dan kue, kini tak perlu memulai dari awal. Ada sejumlah merek dagang roti dan kue yang sudah punya nama besar dan membuka kesempatan untuk franchise atau waralaba.   

Dengan nama yang sudah terkenal, nantinya mitranya tidak perlu repot melakukan promosi dan dipastikan memiliki omze yang menjanjikan. 

Berikut tiga brand toko roti dan kue yang membuka kesempatan franchise mulai dari harga Rp500 juta.

1. BreadLife 

Intip Biaya dan Cara Franchise 3 Merek Bakery Ternama, Mulai dari Rp500 Juta

BreadLife merupakan franchise toko roti dengan khas Jepang terbesar di Indonesia. Bisnis waralaba satu ini sudah memiliki lebih dari 52 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia seperti Jabodetabek, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, dan kota-kota lainnya.

Sebagai salah satu toko roti favorit masyarakat, BreadLife menawarkan berbagai produk roti khas Jepang yang premium dengan cita rasa yang nikmat. 

Produk BreadLife yang selalu fresh dan dibuat dengan bahan baku berkualitas menjadi nilai tambah bagi toko roti ini. Produk dari toko kue dan roti ini juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Untuk bisa menjalankan bisnis franchise ini, calon mitra bisa menyiapkan modal di kisaran Rp500 juta hingga Rp900 juta. Dengan biaya investasi tersebut, mitra BreadLife akan mendapatkan peralatan pembuatan kue, produk kue dan roti, serta fit and equipment dari Bread Life. 

Selain itu, modal investasi awal ini juga sudah termasuk dengan branding dan promosi.

2. Holland Bakery

Intip Biaya dan Cara Franchise 3 Merek Bakery Ternama, Mulai dari Rp500 Juta

Nama toko roti dan kue ini sudah cukup melegenda di Indonesia, apa lagi dengan ciri khas tokonya yang menggunakan baling-baling khas Belanda.    

Hingga kini Holland Bakery sudah memiliki lebih dari 200 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota lainnya.

Toko kue dan roti ini menawarkan berbagai macam produk roti modern dengan kualitas premium dan kue seperti kue basah, kue kering, kue pesta, hingga jajanan pasar yang tak kalah nikmat dan tenar. 

Untuk mengikuti franchise Holland Bakery dan besaran biaya modal yang perlu dipersiapkan, memang tidak disebutkan syarat dan caranya. Calon mitra bisa langsung menghubungi Customer Service Holland Bakery.

Namun, secara umum, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin membuka bisnis kuliner, antara lain memiliki pilihan lokasi usaha yang strategis, memiliki jaminan legal sebelum menginvestasikan dana, dan mematuhi hak dan serta kewajiban mitra.

3. Tous Le Jours

Intip Biaya dan Cara Franchise 3 Merek Bakery Ternama, Mulai dari Rp500 Juta

Toko roti dengan ciri khas Asia-Prancis ini tak hanya menjual roti dan kue, tapi juga menyediakan berbagai macam jenis minuman. 

Toko kue asal Korea Selatan ini saat ini sudah memiliki  lebih dari 1.650 lebih toko secara global, di Asia dan Amerika Serikat. 

Di Indonesia sendiri, Tous les Jours sudah berdiri sejak 2011 dan saat ini telah tersebar ke lebih dari 50 gerai, seperti Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali. 

Untuk membuka bisnis toko roti dan kue Tous Le Jours dii Indonesia belum ada keterangan yang jelas terkait dengan biaya dan cara franchisenya. Namun, mengutip laman resmi tljus.com, untuk membuka kemitraan Tous Le Jours dibutuhkan dana awal untuk franchise sebesar US$40.000 atau sekitar Rp612 juta untuk 10 tahun. 

Biaya tersebut belum termasuk untuk renovasi toko, tergantung dari ukurannya, biaya membuka satu toko Tous Le Jours bisa berkisar antara Rp10 miliar - Rp15 miliar. 

Selain itu, ada pula biaya royalti 5 persen dan biaya marketing 2 persen dari omzet penjualan. Pemodal juga disyaratkan memiliki kekayaan bersih US$1 juta dan aset likuid US$400.000. 

Apabila seorang calon mitra tertarik bergabung, maka ada lima tahapan, yakni: 

1. Application

Calon mitra dapat mengisi formulir kemitraan dengan mengakses tljus.com. Formulir tersebut nantinya akan ditinjau oleh tim Tous Le Jours. 

2. Interview

Pihak manajemen akan menghubungi calon mitra, mendiskusikan pengalaman dan tujuan membuka toko 

3. Financial Review 

Pihak manajemen kemudian melakukan verifikasi kesiapan modal 

4. Approval 

Apabila disetujui, maka mitra dapat mempersiapkan untuk pembukaan gerai 

5. Grand Opening 

Di sini, mitra sudah bisa melakukan penjualan dan melakukan pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper