Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perjalanan Bisnis Tous les Jour, Waralaba Bakery yang Sempat Viral

Sempat viral di Indonesia, berikut perjalanan bisnis Tous le Jours.
Tous les Jours/
Tous les Jours/

Bisnis.com, JAKARTA - Tous les Jours merupakan perusahaan bakery artisan asal Korea Selatan yang cukup peduli dengan kegiatan social responsibility di tanah air. 

Semisal, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 23 Juli 2023 lalu, TOUS les JOURS Bakery dan Café Indonesia mengundang anak-anak pra sejahtera dari PAUD Swadaya Masyarakat, PAUD Kemuning 16, Tanah Abang, dalam Kids Decorating Party.

Dalam acara ini, anak-anak pra sejahtera  diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan dekorasi cupcake yang penuh kreativitas.

Para peserta diberikan cupcake yang telah dipersiapkan sebelumnya, dan mereka dapat menghias cupcakes tersebut dengan beragam toping dan dekorasi menarik sesuai dengan imajinasi mereka sendiri.

Kegiatan ini bertujuan untuk merangsang kreativitas dan keterampilan anak, serta memberikan pengalaman pembelajaran di luar kelas yang menyenangkan.

"Kami berharap anak-anak pra sejahtera bisa mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk memperoleh pengalaman menarik dan menyenangkan. Tous Les Jours berencana untuk melanjutkan berbagai kegiatan ESG sebagai bentuk pelaksanaan tanggung jawab sosial di masa depan," ujar Jeong Soowon selaku Presiden Direktur TOUS les JOURS Indonesia.

Sebelumnya, TOUS les JOURS juga telah terlibat dalam berbagai kegiatan Corporate Social dan Responsibility (CSR), yang meliputi berbagai program untuk meningkatkan kualitias pendidikan dalam program TOUS les JOURS Baking Academy, bidang lingkungan melalui program Make Everyday Earth Day dan dibidang kesejahterahan melalui program Foodbank by TOUS les JOURS.

Lantas seperti apa perjalanan bisnis bakery artisan yang sempat viral di tanah air ini?

Awal mula berdiri

Tous Les Jours merupakan waralaba toko roti asal Korea Selatan yang dimiliki oleh CJ Foodville, dari CJ Group.

Tous Les Jours memiliki arti 'tiap hari' dalam Bahasa Prancis.

Toko roti "Asia-Prancis" ini memiliki lebih dari 1.300 toko di Asia dan Amerika Serikat.

Tous Les Jours didirikan tahun 1996, dengan toko pertamanya di Guri, Korea Selatan.

Tous Les Jours kemudian mendirikan pabrik adonan beku di Um-Sung, Korea Selatan pada November 1997.

Saat itu mereka mulai memproduksi serta mendistribusikan produknya secara massal.

Baru pada September 1998, Tous Les Jours mulai buka peluang franchise.

Tous Les Jours membuka toko ke-100 pada bulan April 1999, dan toko ke-300 pada bulan Juni 2001.

Pada bulan Mei 2002, Tous Les Jours mulai menjual kopi, roti lapis, jus buah, dan produk minuman lain. Tous Les Jours kemudian mengubah konsepnya menjadi kafe pada bulan Januari 2003.

Hingga bulan Desember 2013, Tous Les Jours telah memiliki 124 gerai di luar Korea, yang tersebar di Tiongkok, Amerika Serikat, Vietnam, Indonesia, Filipina, Kamboja, Malaysia, dan Mongolia. Pada tanggal 25 Mei 2017, Tous Les Jours mengumumkan penutupan empat gerainya di Malaysia.

Dikutip dari laman resminya, disebutkan sejak peluncuran kami di Amerika Serikat pada tahun 2004, TOUS les JOURS telah berkembang menjadi toko roti lingkungan terkemuka yang berspesialisasi dalam makanan panggang yang terinspirasi dari Prancis-Asia, minuman kerajinan tangan, serta kopi dan espresso yang berani dan beraroma yang dibuat dengan bahan-bahan terbaik.

Hingga saat ini, mereka memiliki lebih dari 90 lokasi di seluruh Amerika Serikat, dan lebih dari 1.650 di seluruh dunia.

Sementara itu, TOUS les JOURS pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2011 dan saat ini telah mengoperasikan total 52 toko di kota-kota besar di Indonesia. Tous Les Jours juga telah mendapatkan sertifikasi Halal pada tahun 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper