Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pelanggan Nasional, Ini 10 Cara Mendapatkan Pelanggan Baru dengan Cepat

Bangkitkan minat pelanggan baru untuk mempublikasikan produk dan jasa pada Hari Pelanggan Nasional. Jangan lupa berikan promo dan hadiah.
Hari Pelanggan Nasional pada 4 September dan cara menarik pelanggan baru/PDRWeb
Hari Pelanggan Nasional pada 4 September dan cara menarik pelanggan baru/PDRWeb

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Pelanggan Nasional diperingati pada 4 September 2023. Simak beberapa cara dan tips untuk memiliki banyak pelanggan setia.

Pada Hari Pelanggan Nasional, banyak korporasi yang memberikan hadiah dan pelayanan mendadak istimewa kepada pelanggannya. Namun, apa saja yang perlu dilakukan agar memiliki banyak pelanggan?

Simak 10 cara untuk menarik pelanggan baru:

1. Minta referensi

Referensi adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan baru, tetapi jika Anda duduk santai dan menunggu pelanggan Anda merekomendasikan produk dan jasa, maka hal itu terlalu lama.

Bersikap lebih gesit, ambil kendali dengan menerapkan sistem untuk secara aktif meminta referensi dari pelanggan Anda yang puas. Jalin komunikasi ke pelanggan yang telah ada.

2. Jaringan

Lakukan promosi dari mulut ke mulut dengan berpartisipasi dalam organisasi dan acara yang relevan dengan sektor industri yang sejalan Anda jalani.

Pakai pertanyaan "Apakah saya bisa membantu Anda? Bagaimana cara untuk membantu Anda?", komunikasi yang baik akan membangun hubungan yang mengarah pada pelanggan baru.


3. Tawarkan diskon dan promo

Diskon dan promo bisa menarik pelanggan baru untuk membeli produk dan menggunakan jasa Anda. Penawaran khusus tersebut bisa mencuri perhatian semua orang. 

hari pelanggan nasional
hari pelanggan nasional


4. Hubungi kembali pelanggan lama

Segala sesuatu yang lama bisa menjadi baru lagi—termasuk pelanggan lama yang sudah lama tidak menggunakan produk dan jasa Anda. Kunjungi kontak pelanggan Anda secara rutin dan, setelah enam bulan atau satu tahun tanpa interaksi atau pembelian, hubungi pelanggan yang tidak aktif dengan penawaran khusus melalui email, WA, atau media sosial. 

5. Perbaiki media sosial dan situs web Anda

Konsumen dan pembeli B2B akan lebih percaya bila perusahaan atau UMKM memiliki situs dan media sosial yang memiliki visualisasi yang bagus. Situs web Anda menjadi jalan untuk menarik pelanggan baru. 

Periksa kembali situs web Anda untuk memastikan desain, konten, grafik, dan SEO mutakhir. Jika ini bukan keahlian Anda, ada baiknya meminta layanan dari perusahaan desain situs web dan/atau pakar SEO untuk membantu.

6. Bermitra dengan bisnis pelengkap

Bergabunglah dengan bisnis yang memiliki basis pelanggan serupa,tetapi tidak bersaing secara langsung, dan susun strategi bagaimana Anda dapat menargetkan pelanggan satu sama lain untuk mendorong bisnis baru satu sama lain. Misalnya, situs web pakaian hamil dan situs produk bayi dapat bekerja sama untuk menawarkan diskon dan penawaran kepada pelanggan satu sama lain.


7. Promosikan keahlian Anda

Bangkitkan minat pelanggan baru untuk mempublikasikan produk dan jasa. Misalnya, bila pelanggan memposting di media sosialnya dan memberikan testimoni bakso yang dikonsumsi, maka akan mendapatkan bonus kerupuk tambahan. Sekilas terlihat sepele, tetapi ini bisa berhasil.

cara menarik pelanggan baru
cara menarik pelanggan baru


8. Gunakan ulasan online untuk keuntungan Anda

Apakah bisnis Anda mendapatkan ulasan online dari pelanggan? Ulasan baik menjadi keputusan masyarakat untuk memakai dan menggunakan jasa tersebut. Saat Anda dipuji, maka siap-siaplah akan banyak pelanggan baru yang datang.


9. Berpartisipasi dalam acara komunitas

Tingkatkan profil Anda di komunitas Anda dengan mengambil bagian dalam acara dan organisasi amal. Sponsori acara lari lokal, atur donasi “mainan untuk anak-anak” saat liburan, atau sediakan peralatan untuk tim Liga Kecil di kota Anda. Ini membuat nama Anda dikenal, yang membantu mendatangkan pelanggan baru.


10. Ajaklah teman

Penawaran beli satu, gratis satu bisa memperkenalkan pelanggan baru ke bisnis Anda. Misalnya, sebuah restoran dapat menawarkan penawaran spesial “beli satu hidangan utama, dapatkan yang kedua gratis”. Ini ampuh untuk menarik lebih banyak pelanggan. Anda juga bisa menggunakan Hari Pelanggan Nasional, 4 September 2023 sebagai momentum mencari konsumen baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper