Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puluhan Perusahaan Diberi Pelatihan Cegah Fraud oleh Karyawan

Tindakan manipulasi keuangan atau fraud bisa saja terjadi pada sebuah perusahaan. Tindakan ini bisa mengakibatkan kerugian.
Ilustrasi fraud. /Freepik
Ilustrasi fraud. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Tindakan manipulasi keuangan atau fraud bisa saja terjadi pada sebuah perusahaan. Tindakan ini bisa mengakibatkan kerugian pada individu, perusahaan, dan ekonomi secara luas.

Fraud dilakukan dengan maksud untuk menipu atau mendapatkan keuntungan pribadi.

Pelatih bisnis (business coach), Yusman, menggelar pelatihan untuk mengantisipasi tindakan fraud atau manipulasi keuangan di Jakarta.

Coach Yusman yang sudah mempunyai sertifikat AS memberikan pelatihan kepada puluhan pengusaha asal Jakarta, Bali, Medan, Ternate, Surabaya, Solo.

Dalam pelatihan tersebut, diberikan sejumlah tips untuk mencegah pencurian dan penggelapan yang dilakukan oleh karyawan sendiri sehingga perusahaan mengalami kerugian.

Rata-rata kasus fraud agar bisa terdeteksi butuh waktu 12 bulan. Mengacu pada data Association of Certified Fraud Examiners (ACFE) di tahun 2022 perusahaaan-perusahaan di kawasan Asia Pasifik (seperti Indonesia, Singapura, China, Australia, dll) yang mengalami fraud.

"Hanya 17% dari mereka yang bisa berhasil mendapatkan kembali 100% kerugian finansial yang terjadi karena fraud. Tetapi 49% lainnya mengalami kerugian total alias jumlah uang yang digelapkan karyawan perusahaan tidak bisa didapatkan kembali sama sekali," ujar Yusman.

Kemudian waktu yang dihabiskan untuk investigasi dan mengembalikan dana yang dicuri itu sendiri butuh waktu berbulan-bulan, belum lagi proses hukum.

“Maka pepatah mencegah lebih baik dari mengobati sangat terpakai di dunia bisnis dalam konteks fraud,” tegas Yusman.

Fakta mengejutkan, 90% peserta acara workshop ini pernah mengalami fraud di perusahaannya, berkisar dari kerugian Rp50 juta sampai  dengan Rp 3 miliar lebih.

“Fraud bukan hanya terjadi di Departemen Keuangan perusahaan tetapi justru sering terjadi di Operations, di Sales, di HRD, dan lainnya.”

Dalam pelatihan tersebut juga dibahas cara deteksi, pencegahan, dan semua cara karyawan memainkan dan mencuri dari perusahaan secara diam-diam.

"Teknik -teknik dibongkar semua. Juga dibahas 17 indikasi seorang karyawan sedang mencuri dari perusahaan sendiri, tetapi belum terbongkar."

Coach Yusman menerima banyak penghargaan diantaranya 2022 Global ActionMAN di Hawaii, AS; Global Best Community Impact 2021; Best Firms, 2013; Coach with Best Client Results, 2013, dan berbagai penghargaan lainnya. Coach Yusman juga tercatat sebagai Top 50 Coach terbaik di dunia sejak 2016 sampai sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper