Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Usaha dan Ekspansi Bisnis Prajogo Pangestu, Orang Terkaya di Indonesia

Sederet bisnis dan aksi ekspansi yang membawa Prajogo Pangestu jadi orang terkaya di Indonesia
Prajogo Pangestu
Prajogo Pangestu

Bisnis.com, JAKARTA - Prajogo Pangestu resmi menduduki posisi pertama orang terkaya di Indonesia versi Forbes dengan total kekayaan US$37,7 miliar atau hampir mencaai Rp600 triliun. 

Terbukti sukses membangun bisnis, Prajogo resmi menyabet posisi pertama membalap Low Tuck Kwong yang sebelumnya berada di peringkat pertama, dan Hartono bersaudara masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga. 

Adapun kekayaannya selain bersumber dari jumlah usahanya yang banyak tapi juga berbagai diversifikasi yang dilakukan, serta nilai tambah yang terus digali dari masing-masing perusahaan. 

Berikut ini adalah sejumlah sumber cuan Prajogo Pangestu hingga membawanya ke posisi pertama orang terkaya di Indonesia:

1. Barito Pacific Timber (BRPT)

Barito Pacific Timber adalah salah satu perusahaan pertama yang dimiliki oleh Prajogo Pangestu. Perusahaan ini awalnya berfokus pada industri pulp dan kertas di Indonesia, dan sudah berhasil menjadi salah satu pemain kunci. 

Seiring berjalannya waktu, emiten dengan kode saham BPRT itu melakukan ekspansi ke bidang lain di antaranya petrokimia, agribisnis, dan energi. 

2. Chandra Asri Petrochemical (TPIA)

Melalui ekspansi ke bidang petrokimia, Barito Group membentuk Chandra Asri Petrochemical, dengan Prajogo Pangestu sebagai pemilik saham mayoritas. 

Tak ketinggalan, perusahaan yang menjadi salah satu pemasok petrokimia terbesar di Indonesia ini juga getol melakukan ekspansi.

Pada awal tahun ini TPIA sendiri telah merampungkan akuisisi PT Krakatau Daya Listrik (KDL) dan PT Krakatau Tirta Industri (KTI), di segmen infrastruktur dengan.

Keduanya merupakan entitas usaha dari PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. (KRAS).

3. Petrindo Jaya Kreasi (CUAN)

PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) juga merupakan salah satu perusahaan utama milik Prajogo Pangestu, yang berfokus pada sektor pertambangan mineral dan energi. 

Perusahaan ini didirikan di Jakarta pada 2008 lalu yang mengelola dua konsesi tambang batu bara di Kalimantan dan pertambangan emas di Nusa Tenggara Barat melalui anak usahanya. 

Melantai di bursa Maret 2023, CUAN juga gemar melakukan ekspansi di antarnya mengakuisisi sebagian saham PT Petrosea Tbk. (PTRO) di bidang kontrak tambang dan konstruksi tambang dan migas, serta baru saja menandatangani perjanjian jual beli bersyarat dengan anak usaha PT Indika Energy Tbk. (INDY) untuk kepemilikan 100 persen PT Multi Tambangjaya Utama. 

4. Barito Renewables Energy (BREN)

Terakhir, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) yang baru-baru ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia merupakan perusahaan utama keempat milik Prajogo Pangestu. 

Perusahaan ini memiliki fokus untuk menyediakan energi baru terbarukan, yang lebih ramah lingkungan dan dengan emisi yang lebih kecil. 

Barito Renewables memulai operasionalnya melalui entitas anak perusahaannya, yakni Star Energy Geothermal Group, yang dikenal sebagai pemimpin dalam produksi listrik dari tenaga panas bumi.

Adapun, dari segmen panas bumi, Barito Grup juga akan menyelesaikan proyek Binary Power Plant Salak dalam waktu dekat dengan kapasitas sebesar 14 Megawatt (MW).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper