Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Pengusaha Karaoke Tanah Air, Mayoritas Diisi Musisi Terkenal

Daftar delapan pebisnis karaoke di Indonesia yang mayoritas dimiliki musisi.
Petugas Polisi berjaga di depan Rumah Karaoke Inul Vista di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (31/3)./Basri Marzuki
Petugas Polisi berjaga di depan Rumah Karaoke Inul Vista di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (31/3)./Basri Marzuki

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemilik tempat hiburan tanah air, terutama tempat karaoke sedang ketar-ketir lantaran pemerintah menerapkan pajak hingga 75 persen.

Aturan tersebut tertuang dalam UU No. 1/2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusar dan Pemerintah Daerah. 

Dalam beleid tersebut, diatur pajak barang dan jasa tertentu (PBJT) untuk jasa hiburan seperti diskotik, karaoke, klab malam, bar, dan mandi uap atau spa ditetapkan paling rendah 40 persen dan paling tinggi 75 persen. 

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak rumah karaoke keluarga, beberapa di antaranya bahkan dimiliki oleh para artis-artis ternama tanah air. 

Beberapa pengusaha karaoke yang perusahaannya masih berdiri saat ini di antaranya Santoso Setyadji, Ahmad Dhani, Inul Daratista, Rossa, Maia Estianty, Charly Van Houten, Syahrini, dan Anang Hermansyah.

Mereka tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Rumah Bernyanyi Keluarga Indonesia (Aperki). 

Berikut profil pengusaha karaoke di Indonesia:

1. Anang Hermansyah

Penyanyi sekaligus politikus Anang Hermansyah kembali membuka rumah karaoke yang baru dibuka beberapa tahun belakangan. 

Sebelumnya, pada 2013 Anang sempat membuka Anang Family Karaoke. Sayangnya bisnis karaokenya yang sudah tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Gorontalo, Jember, Sukabumi, dan Cilegon itu harus tutup karena pandemi pada 2020.

Kemudian, pada 2023 Anang kembali membuka Anang Family Karaoke dan Hi5five Lounge di Kota Malang, Jawa Timur. Rumah karaoke tersebut merupakan yang pertama kali menerapkan penarikan royalti dari setiap lagu yang dinyanyikan di tempat karaoke tersebut. 

2. Syahrini

Rini Fatimah Zaelani, atau yang dikenal dengan nama Syahrini juga mendapatkan pundi-pundi penghasilan dari usaha karaoke. Dia merupakan pemilik karaoke Princess Syahrini Family KTV.

Syahrini mendirikan bisnis karaoke pada 2013. Tempat karaoke tersebut sempat diterpa sejumlah kontroversi di antaranya tidak memiliki izin operasi. Namun, beberapa cabang terpantau masih beroperasi sampai dengan tahun ini. 

3. Charly Van Houten

Nama Charly Van Houten sudah tak asing di dunia musisi. Dia adalah mantan vokalis ST12, yang kemudian berganti nama menjadi Setia Band. 

Selain menjadi penyanyi, dia ternyata juga memiliki bisnis karaoke keluarga bernama rand Charly VHT, yang pertama kali dibuka di Bandung pada 2011. 

Berbeda dari tempat karaoke lainnya, rumah karaoke milik Charly tidak menjual minuman keras dan mematok harga yang cukup terjangkau, mulai dari 50.000 per jam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper