Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tidak Ada Kata Terlambat, Simak 5 Cara Menetapkan Resolusi 2024

Bila Anda memiliki resolusi 2024, maka segeralah menetapkan cara dan strategi untuk mencapai target tahun ini.
Cara menetapkan target resolusi tahun baru 2024
Cara menetapkan target resolusi tahun baru 2024

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang memasang target tahun baru pada 2024 dan mempertimbangkan kembali tujuan mereka bahkan sebelum bulan Januari berakhir.

Psikolog Candice Seti mengatakan resolusi 2024 tidak pernah terlambat untuk dirancang. Anda bisa membuat dan menetapkan target kapan hendak memulai target tersebut. Misalnya saja, saat Anda ingin diet, maka tentukan alasan Anda untuk diet. 

Jika Anda hampir menyerah, atau sudah memulai cara untuk mencapai target, maka jangan pernah ragu untuk bersemangat dan memulai kembali. Manusia cenderung berhasil dalam mencapai tujuan, asalkan Anda memiliki pendekatan yang tepat dan menetapkannya untuk alasan yang tepat.

“Sangat penting untuk mencapai resolusi Tahun Baru melalui sudut pandang yang sama dengan menetapkan tujuan,” kata Seti, dikutip dari Cnet, Selasa (23/1/2024).

Simak cara untuk mencapai resolusi Tahun Baru 2024:

1. Temukan alasan untuk mencapai target 

Saat membuat goals, maka Anda perlu menetapkan keinginan agar resolusi Anda bisa efektif. Misalnya, saat seseorang ingin menurunkan berat badan, apakah tujuannya untuk kesehatan atau hanya mengikuti tren saja.

“Penurunan berat badan bukanlah tujuan. Penurunan berat badan adalah sarana untuk mencapai tujuan."

Untuk mencapai tujuan Anda menurunkan berat badan sebanyak X kilogram, misalnya, cari tahu alasan mengapa Anda menginginkan penurunan berat badan. 

Apakah kamu pikir kamu akan merasa lebih baik jika memiliki berat badan ideal? Apakah menurut Anda itu akan membuat Anda merasa lebih berenergi? Akankah senyummu lebih manis saat memiliki berat badan ideal tersebut.

2. Bila Sempat Berhenti, Maka Mulai Lagi

Orang-orang mungkin memilih awal tahun 2024 untuk menetapkan resolusi tahun baru. Maka tidak ada kata putus asa untuk memulai dan menggapai target yang Anda tentukan. Bila Anda mulai malas untuk mengejar target Anda, maka susun ulang target dan cara mencapainya melalui langkah-langkah kecil. 


3. Motivasi diri sendiri

Secara alami, tujuan jangka pendek bisa membuatmu menjangkau cita-cita jangka panjang. Ingatlah untuk memotivassi dan menetapkan tujuan tertentu akan memotivasi Anda.

Bila Anda memiliki target tim, maka segeralah untuk menetapkan target tim untuk mencapai yang terbaik. Bekerjalah dengan tim Anda untuk mencapai tujuan bersama

4. Ambil langkah kecil dan teratur, menuju tujuan besar

Jika Anda memiliki target besar yang sedang Anda kerjakan, maka berlatihlah bangun lebih awal setiap pagi sebelum memulai hari kerja biasa, agar sesuai dengan hasrat kreatif Anda. 

Namun, jika Anda tidak bisa menetapkan waktu tidur yang teratur, maka carilah waktu kecil lain dalam sehari yang dapat Anda curahkan untuk mengerjakannya.


5. Carilah komunitas yang berpikiran sama

Kelilingilah diri Anda dengan orang-orang yang memiliki tujuan atau minat yang sama, agar dapat memotivasimu dan membuat Anda tidak merasa sendirian.

Carilah komunitas yang sama dari media sosialmu. Misalnya, ada kelompok yang ingin berhenti minum alkohol, atau ingin berhenti merokok, atau bergabunglah dengan komunitas yang ingin menurunkan berat badan. Komunitas yang baik, akan membantumu mencapai goals dan tujuanmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper