Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Produsen Sepatu Lokal Ganjar-Mahfud di Debat Capres Final, Cuma Rp300.000-an

Sosok di balik sepatu Rp300.000-an yang digunakan capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD saat debat capres final 2024
Intip Sepatu Lokal Ganjar-Mahfud di Debat Capres Final, Cuma Rp300.000-an
Intip Sepatu Lokal Ganjar-Mahfud di Debat Capres Final, Cuma Rp300.000-an

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam debat final calon presiden 2024, Minggu (4/2/2024), pakaian yang dikenakan pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD kembali mencolok. 

Sepanjang melakukan debat dan kampanye, keduanya kerap menonjol. Alih-alih menggunakan kemeja atau jas, mereka kerap muncul dengan menggunakan produk-produk buatan lokal. 

Termasuk pada debat capres terakhir sebelum pemilu yang dilaksanakan pada Minggu (4/2/2024), keduanya mengenakan sepatu lokal dengan harga murah meriah. 

"Outfit #ganjarmahfud2024 di debat pamungkas ini karya @rawtype_Riot dan @marque.co. Keren, nyaman, dan bikin bangga. Tetap sat set, dan tas tes," tulis Ganjar dalam akun Instagram pribadinya. 

Tak seperti pakaian dan sepatu yang dikenakan sebelumnya yang harganya cukup tinggi untuk produk lokal. Sepatu yang digunakan pada debat kali ini hanya seharga Rp300.000-an. 

Mengutip akun Instagram Marque.co, sepatu tersebut tidak dibuat secara custom seperti jaketnya. Sehingga, sepatu ini bisa dibeli oleh siapa saja yang ingin "kembaran" dengan Ganjar dan Mahfud. 

"Yang mau kembaran sama Pak ganjar dan Prof. Mahfud kalian bisa pesan sepatunya, Ready Stock ya!!" tulis Marque.co. 

Sepatu tersebut tersedia dalam ukuran 39-46 dengan hanya hanya Rp395.000. Sepatu sneakers kasual tersebut dibuat dengna model vintage modern, menggunakan tiga material utama yakni kulit, suede, dan nilon. 

Sosok di balik Marque.co    

Sepatu yang digunakan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 ini juga dibuat di Bandung oleh Marcello David Chandra. 

Sebelum membangun brand Marque.co pada 2020, Marcello sudah berpengalaman membangun beberapa bisnis dari makanan, minuman, dan juga bisnis pakaian yang tak hanya dikembangkan di Indonesia, tapi juga di Australia. 

Dia memulai berbisnis dari bisnis pakaian dengan meluncurkan brand MXH Co. Clothing Line pada 2014 dan yakiniku dan shabu-shabu bernama Sakura pada 2015. Namun bisnis pakaiannya harus tutup pada 2018. 

Kemudian sambil menempuh pendidikan lebih lanjut, dia juga pernah bekerja sebagai petugas penghubung tamu di restoran di Crowne Plaza di China pada 2016. 

Marcello juga pernah bekerja di posisi yang sama di Cyren Restaurant and Bar, dan di The Westin Melbourne di Australia pada 2017.

Setelah beberapa kali bekerja di bidang makanan dan minuman, pada 2019 Marcello memulai bebereapa bisnis di Bandung, mulai dari ChipsMeats yang merupakan paket makanan ringan Halal atau disebut ‘halal snack pack’ pertama di Indonesia, yang merupakan comfort food populer di Australia. Dia juga mendirikan restoran steal Marble Hot Stone Grilled Steak pada 2021.  

Pada 2020, Marcello bersama dengan Monique Angelica Tan membangun bisnis sepatu sekaligus fesyen, menggunakan nama keduanya, terciptalan Marque.Co. 

Mengawali bisnis ini dengan spesialisasi sepatu kets, saat ini jenama tersebut tengah memperluas produknya ke barang  fesyen lainnya.  

Marcello menjalankan bisnis Marque.Co selama setahun selama berada di Australia, hingga akhirnya memutuskan untuk kembali ke Indonesia pada Maret 2021. 

Kini sepatu tersebut sudah banyak ditampilkan di berbagai acara, termasuk acara debat capres 2024. Dalam unggahan foto di akun Marque.Co, sepatu tersebut juga turut menarik perhatian dan dikomentari oleh calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. 

"Aku juga pengin kembaran seperti beliau berdua," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper