Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 15 Pemain Bola Termahal di Dunia, dari Cristiano Ronaldo sampai Erling Haaland

15 Pemain bola dengan bayaran tertinggi, mayoritas dari klub di Arab Saudi
Ini 15 Pemain Bola Termahal di Dunia, dari Cristiano Ronaldo sampai Erling Haaland
Ini 15 Pemain Bola Termahal di Dunia, dari Cristiano Ronaldo sampai Erling Haaland

Bisnis.com, JAKARTA - Sepak bola tidak diragukan lagi merupakan olahraga paling populer di dunia. Olah raga satu ini diperkirakan memiliki lebih dari 3,5 miliar penggemar, hampir separuh penduduk dunia. 

Dengan popularitas yang besar, datanglah bayaran yang besar bagi para pemainnya Jumlahnya telah mencapai angka yang sangat tinggi dan trennya tampaknya tidak ada tanda akan melambat.

Kali ini, Bisnis akan mengulas daftar pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. 

Melansir Square Mile, berikut adalah gaji para pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia:

1. Cristiano Ronaldo (Al Nassr) - Rp3,40 triliun per tahun

Memiliki perjalanan karier di dunia sepak bola selama 20 tahun, Ronaldo telah menjadi orang pertama yang mencetak gol di lima Piala Dunia. Jadi mungkin tidak mengherankan jika dia berada di peringkat teratas dalam daftar pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia.

Pada musim panas 2021 lalu, dia menjadi pemain dengan bayaran tertinggi dalam sejarah Liga Premier Inggris ketika dia menandatangani kontrak dua tahun dengan klub lamanya Manchester United. 

Kepindahannya baru-baru ini ke Al Nassr, setelah “memenangkan segalanya" di Eropa, membuat sang pemain mendapatkan penghasilan sebesar US$200 juta per tahun yang menjadikan pemenang Ballon d’Or lima kali itu sebagai pemain sepak bola dengan penghasilan tertinggi di dunia.

2. Neymar Jr. (Al Hilal) - Rp1,69 triliun per tahun

Transfer sensasional Neymar Jr dari PSG ke klub Arab Saudi, Al Hilal, telah menjadikan pemain asal Brasil itu sebagai pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia. 

Gajinya sebesar £86 juta atau sekitar Rp1,69 triliun per tahun dan belum memperhitungkan pendapatan komersialnya, yang akan meningkatkan pendapatan tahunannya hingga begitu tinggi. 

Ditambah lagi, Neymar akan menikmati sejumlah keuntungan dari pemilik klubnya di Saudi, termasuk armada supercar, jet pribadi, rumah besar dengan kolam renang sendiri. 

Kariernya mungkin merupakan salah satu pencapaian yang buruk di lapangan, tetapi dalam hal gaji, Neymar adalah pembuat sejarah. Bukan hanya pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia tetapi pesepakbola dengan bayaran tertinggi sepanjang masa.

3. Karim Benzema (Al Ittihad) - Rp1,67 triliun per tahun

Selama berada di Real Madrid, Karim Benzema selalu bermain di bawah bayang-bayang Ronaldo, dan meskipun keduanya bermain untuk klub berbeda di Arab Saudi, legenda Portugal itu masih memiliki keunggulan dalam hal gaji.

Di lapangan, Benzema mungkin terbukti lebih sukses, tidak hanya karena striker Prancis itu tiga tahun lebih muda dari Ronaldo, tapi klubnya Al-Ittihad adalah juara Arab Saudi saat ini. Memang Al-Ittihad secara luas dianggap sebagai tim paling sukses dalam sejarah Saudi.

Penambahan Benzema yang brilian seharusnya membuat mereka difavoritkan untuk mempertahankan gelar musim depan. Al-Ittihad membayar Benzema £85 juta atau Rp1,67 triliun per tahun sehingga klub itu tentu mengharapkan hasil yang maksimal.

4. Kylian Mbappe (PSG) - Rp1,22 triliun

PSG dulunya adalah klub bola dengan anggaran belanja terbesar di dunia, namun raksasa Prancis itu terhempas dana dari Timur Tengah. Meski begitu, PSG masih tahu cara mengeluarkan uang.

Menariknya, Parisians masih belum cukup untuk menjuarai Liga Champions UEFA.  Namun demikian, Kylian Mbappe sebelumnya menduduki posisi teratas sebagai pesepakbola dengan bayaran tertinggi di dunia ketika ia menandatangani kontraknya dengan PSG.

Meski sering menyatakan keinginannya bermain untuk Real Madrid, Mbappe memilih untuk tidak bergabung dengan raksasa Spanyol tersebut dan malah berkomitmen masa depannya di Paris dalam kesepakatan yang tampaknya memberinya kendali atas penunjukan pelatih dan rekrutmen pemain.

Namun kepindahan ke Madrid tampaknya hampir pasti pada musim panas ini atau tahun depan.

5. Lionel Messi (Inter Miami) - Rp1,08 triliun per tahun

Lionel Messi bisa dibilang pesepakbola terhebat dalam sejarah dan tentu saja gajinya mencerminkan statusnya.

Namun Messi mendapat bayaran dari kesepakatan besarnya dengan PSG ketika dia pindah ke MLS dan Inter Miami. Dia juga menolak tawaran besar dari Liga Saudi untuk berangkat ke Amerika Serikat.

Messi akan dengan nyaman menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di MLS dan juga akan menghasilkan jutaan dolar dalam kesepakatan komersial. Ditambah lagi dia bisa bergaul dengan David Beckham.

6. Riyad Mahrez (Al Ahli) - Rp885,58 miliar per tahun

Riyad Mahrez akan selalu mendapat tempat dalam cerita rakyat Premier League sebagai pemain bintang kemenangan luar biasa Leicester City di Premier League 2016.

Kepindahannya selanjutnya ke Manchester City mungkin terbukti kurang romantis, tetapi kami membayangkan penyerang asal Aljazair itu tidak peduli sedikit pun ketika mempertimbangkan lemari trofinya.

Kepindahan ke Arab Saudi dan Al Ahli adalah langkah alami berikutnya bagi pemain yang memenangkan segalanya di pertandingan Inggris itu

7. Sadio Mane (Al Nassr) - Rp688,78 miliar per tahun

Seperti Mahrez, Sadio Mané adalah penyerang menarik yang berkembang di klub Premier League yang lebih kecil, hingga kemudian pindah ke klub raksasa, dan memenangkan setiap trofi sebelum pindah ke Arab Saudi pada 2023.

Bagi Mané, perjalanan dari Southhampton, Liverpool, hingga Al Nassr, di mana dia bekerja sama dengan Ronaldo, mungkin akan menjadi kemitraan terhebat di dunia lima tahun sebelumnya.

Striker asal Senegal ini akan selalu mendapat perhatian dari penggemar Liverpool atas perannya dalam kemenangan Liga Premier dan Liga Champions bersama Mo Salah dan Robert Firmino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper