Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

25 Ide Jualan Takjil Selama Ramadan dengan Modal Kecil, Dijamin Laris Manis

25 ide jualan takjil selama Ramadan yang tak perlu modal besar dan bisa laris manis.
25 Ide Jualan Takjil Selama Ramadan dengan Modal Kecil, Dijamin Laris Manis/ilustrasi
25 Ide Jualan Takjil Selama Ramadan dengan Modal Kecil, Dijamin Laris Manis/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Bulan puasa sudah di depan mata. Ramadan bukan hanya momentum yang tepat untuk mengumpulkan amal ibadah, tapi bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendulang cuan. 

Sepanjang bulan puasa, akan ada banyak orang yang tidak sempat memasak sendiri di rumah sehingga akan berbondong-bondong berburu takjil untuk berbuka puasa. 

Memanfaatkan momentum tersebut, berjualan makanan dan minuman akan sangat cocok, terlebih karena jualan makanan dan minuman adalah salah satu bisnis yang menguntungkan dengan modal minim. 

Berikut ini rekomendasi dan ide jualan yang bisa laris manis dengan modal minim saat Ramadan mendatang:

1. Aneka Gorengan

Gorengan jadi salah satu kudapan yang seperti wajib muncul di meja makan saat sore hari, terutama saat menjelang buka puasa. 

Gorengan yang dijual bisa disediakan dalam beberapa jenis, mulai dari yang asin seperti bakwan, tahu isi, comro, tempe goreng, dan singkong goreng. Selain itu, sediakan pula yang manis seperti pisang dan ubi goreng. Agar lebih lengkap sediakan pula cabai rawit atau sambal khusus seperti bumbu kacang. Umumnya, gorengan bermodal kecil hingga bisa mendapat untung meski dijual Rp1.000 per buah. 

2. Jalangkote

Pedagang jalangkote umumnya menjajakan dagangannya terpisah dengan gorengan umumnya. Camilan satu ini bisa dibuat dengan modal minim karena hanya adonan yang diisi sayur seperti kentang, toge, wortel dan dilengkapi soun lalu digoreng. 

Jalangkote juga bisa dijual dengan harga lebih tinggi dari gorengan umumnya, mulai dari Rp3.000 per buah, sehingga bisa lebih menguntungkan.  

3. Risol Mayo

Risol juga menarik menjadi ide jualan. Termasuk dalam golongan gorengan, camilan ini memiliki banyak penggemar terutama untuk buka puasa. 

Umumnya risol berisi sayuran dan ayam. Namun, jika ingin memberikan nilai tambah, bisa dengan membuatnya menjadi risol mayo, yang berisi mayonais, telur, dan daging asap. Dengan menggunakan bahan berkualitas, risol mayo sudah bisa menghasilkan untung jika dijual mulai dari harga Rpp4.000

4. Kolak pisang atau ubi

Kolak juga menjadi kudapan wajib untuk berbuka puasa. Untuk membuat kolak tak hanya dari bahan dasar pisang, tapi juga bisa ditambah dengan ubi untuk menambah gizi dan isinya. Modal untuk membuat 10 porsi kolak umumnya hanya memerlukan biaya sekitar Rp50.000 - Rp70.000, sehingga menjual seporsi kolak dengan harga Rp10.000 pun sudah bisa mendulang banyak untung. 

5. Pisang nugget

Selain hanya digoreng, pisang nugget juga menjadi salah satu camilan manis yang kekinian dan memiliki banyak penggemar. 

Pisang nugget cocok untuk jualan karena harga pisang dan bahan lainnya yang terjangkau dan cara mengolahnya yang praktis. Pisang ini bisa dijual Rp1.000 per potong, atau menjual seporsi pisang berisi 10 potong dengan banyak topping seperti saus cokelat dan keju seharga Rp15.000 pun sudah sangat menguntungkan. 

6. Pisang Cokelat

Olahan pisang lainnya yang memiliki banyak peminat adalah pisang cokelat. Bahannya yang murah, seperti pisang, kulit lumpia, dan meses dan pembuatannya yang mudah membuat pisang cokelat bisa jadi ide jualan yang menarik. 

7. Martabak mini

Membuat martabak dengan ukuran normal baik yang telur dan yang manis, sepertinya perlu banyak modal dan membutuhkan keahlian tersendiri. Oleh karena itu, menjual martabak mini bisa menjadi pilihan. 

Pasalnya, kita tidak perlu beli bahan sebanyak untuk membuat martabak ukuran normal, dan bisa menjualnya per potong dengan harga yang lebih menguntungkan misalnya Rp5.000 per buah. 

8. Kue putu

Kue putu yang wangi dan lembut ini membutuhkan modal minim untuk membuatnya, jika memiliki alat yang dibutuhkan menjual kue putu bisa jadi ide yang cocok untuk berjualan takjil selama Ramadan. 

9. Klepon

Sejenis dengan kue putu, yang lembut dan manis dengan gula merah di dalamnya, serta bentuknya yang kecil, cocok untuk yang ingin buka puasa dengan segera. Kue tradisional ini bisa memakan modal hingga Rp200.000 sekali jualan, namun dengan menjual seporsi klepon seharga Rp5.000 saja sudah bisa menghasilkan keuntungan sampai Rp15 juta dalam sebulan.   

10. Sosis bakar

Setelah berbagai pilihan camilan manis, sosis bakar juga bisa menjadi pilihan praktis untuk dimakan saat buka puasa, karena rasanya yang gurih. 

Menjual sosis bisa menguntungkan mulai dari harga Rp5.000 per tusuk, tergantung ukuran dan kualitas sosisnya.

11. Dimsum

Saat ini dimsum sudah semakin mudah dicari, ada yang bikin sendiri atau dari suplier pabrik-pabrik makanan beku. Untuk sebuah dimsum saat ini bisa dibuat dengan modal di bawah Rp2.000 sehingga bisa dijual seharga Rp3.000 per pcs. 

Adapun, saat ini banyak pabrik yang membuka kemitraan reseller dengan modal hanya Rp100.000, dengan rasa yang sudah dijamin enak dan tanpa repot memasak. 

12. Roti bakar

Roti bakar juga merupakan salah satu makanan yang mudah dibuat dan memakan modal minim. Misalnya, seporsi roti bakar hanya memakan modal Rp5.000 bisa dijual dengan harga Rp15.000 sampai dengan Rp20.000 tergantung dengan isiannya. 

13. Dadar gulung

Kue tradisional lainnya yang memiliki banyak penggemar, terutama untuk buka puasa adalah kue dadar gulung. Kue ini jadi cocok menjadi ide jualan. 

Bahan untuk membuat kue ini cukup terjangkau, dengan tepung terigu, gula merah, kelapa, air, pewarna, dan garam, umumnya hanya memakan biaya sekitar Rp120.000 untuk menghasilkan sekitar 100 kue, sehingga menjual kue ini dengan harga Rp2.000 per pcs sudah cukup menguntungkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper