Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Sukses Bisnis Omnichannel, Buat Anda Calon Pengusaha

Buat Anda calon pengusaha, ini tips sukses bisnis omnichannel yang bisa digunakan
Tips Sukses Bisnis Omnichannel, Buat Anda Calon Pengusaha
Tips Sukses Bisnis Omnichannel, Buat Anda Calon Pengusaha

Bisnis.com, JAKARTA - Omnichannel merupakan konsep yang relatif baru di Indonesia. Ini adalah pendekatan yang memudahkan konsumen untuk membeli dan menerima produk melalui beragam kanal penjualan terpadu.

Pendekatan ini meraih momentum dalam beberapa tahun belakangan ini, terutama saat COVID-19, ketika pelaku usaha memahami pentingnya menyediakan pengalaman berbelanja tanpa hambatan untuk memenuhi ekspektasi konsumen.

Salah satu bisnis yang sedang naik daun di Indonesia yakni skincare dan perawatan tubuh.

Daniel Liu, pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Rocketindo memberikan tips bagaimana bisnis omnichannel bisa sukses.

Menurutnya, salah satunya adalah dengan pendekatan omnichannel yang melibatkan opsi daring maupun luring.

Untuk pengalaman luring, mereka memanfaatkan perdagangan modern dan tradisional serta berencana untuk membuka toko pertama mereka.

Selain itu memakai fasilitas pemasaran seperti lewat media sosial terbaik, berkolaborasi dengan KOL (key opinion leader), siaran langsung (live streaming) setiap hari, wawasan pemasaran secara lokal, serta layanan end-to-end termasuk logistik dan lisensi BPOM.

Daniel mengatakan dengan pemasaran yang tepat, produk bisa terjual meskipun semisal harganya lebih tinggi. 

Strategi lainnya, mengembangkan kemitraan dengan berbagai wadah niaga ecommerce sosial seperti Shopee, TikTok, Instagram, Lazada, dan Tokopedia.

Menurutnya, ketika terjadi peningkatan daya beli di tengah pertumbuhan ekonomi di Indonesia, maka konsumen Indonesia akan selalu memiliki lebih banyak pilihan untuk meningkatkan gaya hidup mereka.

Beberapa produk yang menjadi mitra Rocketindo yakni produk-produk perawatan kulit, rambut, serta perawatan ibu dan kosmetik dari Taiwan.

Berdasarkan data Administrasi Dagang Internasional Taiwan, ekspor dari Taiwan ke Indonesia mencapai lebih dari 3 miliar dolar Amerika pada tahun 2023. Pada awal bulan Maret 2024, Rocketindo berhasil membantu enam perusahaan Taiwan memperluas usahanya sampai ke pasar Indonesia.

Perusahaan-perusahaan tersebut adalah Eileen Grace, Miss Daisy, Mamaway, Polynia, SH-RD, serta Chess. Semua merek yang telah memiliki sertifikasi BPOM telah berkontribusi atas kompetisi yang semakin sengit di antara produk perawatan kulit lokal dan internasional, dan dengan demikian meningkatkan standar hidup konsumen Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper