Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Sekadar Makan Siang Gratis, Simak Cara Orang Jepang Meningkatkan Kecerdasan IQ

Banyak orang Jepang yang melakukan meditasi untuk mendapatkan ketenangan dan menjernihkan pikiran.
Simak tips sukses dan pintar ala orang Jepang/Ilustrasi resesi Jepang. Warga Jepang melintasi zebra cross di kawasan Shibuya, Tokyo. Dok Bloomberg
Simak tips sukses dan pintar ala orang Jepang/Ilustrasi resesi Jepang. Warga Jepang melintasi zebra cross di kawasan Shibuya, Tokyo. Dok Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia siap memberikan program makan siang gratis, untuk meningkatkan kualitas masyarakat. Sementara itu, orang Jepang dikenal karena kedisiplinan dan kecerdasan melalui inovasinya.

Otak mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan IQ dan fokus. Jika mengalami masalah kesehatan pada otak maka akan mempengaruhi fungsi dan kinerja otak.

Dilansir dari indianexpress.com dan level.game, kekuatan kognitif akan membantu seseorang dalam mengelola tugas, berkomunikasi, mengambil keputusan dengan cepat.

Banyak orang yang ingin mempunyai IQ dan fokus yang baik dalam hidupnya. Apakah Anda salah satunya tapi bingung caranya? Nah cobalah untuk mengikuti cara yang dilakukan orang Jepang ini.

Simak cara yang dilakukan orang Jepang untuk meningkatkan IQ dan fokus

1. Meditasi

Banyak orang Jepang yang melakukan meditasi untuk mendapatkan ketenangan dan menjernihkan pikiran, hal serupa juga dilakukan orang Jepang. Namun, mereka melakukan meditasi dengan tujuan yang tidak biasa yakni untuk meningkatkan IQ dan fokus.

Meditasi yang dilakukan orang Jepang yaitu meditasi zazen, mereka melakukannya dengan cara duduk tenang dengan mereka memusatkan perhatian pada pernapasan dan postur tubuh.

Manfaat dari meditasi zazen yakni dapat meningkatkan konsentrasi. Peran konsentrasi sangat penting dalam meningkatkan IQ dan fokus karena ketika seseorang kehilangan konsentrasinya maka akan kesulitan untuk memahami suatu hal dan mempengaruhi kemampuan berpikirnya.

2. Manajemen waktu

Negara Jepang sangat terkenal dengan orang-orangnya yang disiplin, salah satunya yakni disiplin waktu. Mereka terbiasa untuk bergerak cepat dan mengatur segala aktivitas agar bisa berjalan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Orang Jepang melakukan teknik podomoro yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo, teknik podomoro merupakan teknik manajemen waktu yang dilakukan dengan membagi waktu antara bekerja atau belajar dan istirahat. Waktu yang digunakan yakni selama 25 menit yang dibagi menjadi 20 menit bekerja atau belajar dan 5 menit istirahat.

Teknik podomoro yang dilakukan memiliki tujuan yakni untuk mendapatkan kualitas yang maksimal dalam pekerjaan atau pembelajaran dan waktu istirahat yang cukup. Teknik ini juga dapat membantu dalam meningkatkan fokus dan IQ seseorang.

3. Kualitas tidur

Kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi kinerja seseorang. Ketika, seseorang mempunyai kualita tidur yang buruk maka mereka cenderung kesulitan untuk berkonsentrasi.

Upaya yang dilakukan orang Jepang untuk meningkatkan IQ dan fokus yakni dengan meningkatkan kualitas tidur. Bagi, orang Jepang tidur yang cukup dapat membantu dalam meningkatkan daya ingat, sementara tidur yang buruk dapat menghambat fungsi kognitif.

4. Pola makan

Pola makan sehat akan mempengaruhi kesehatan, tidak terkecuali kesehatan otak. Jika, seseorang banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dengan jangka waktu panjang maka akan mempengaruhi perkembangan otak.

Dalam upaya meningkatkan IQ, orang Jepang memperhatikan pola makan yang dijalani, mereka mempunyai kebiasaan untuk mengonsumsi makanan kaya akan asam lemak omega-3, antioksidan dan nutrisi.

Berikut makanan pokok orang Jepang yang dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif.
1. Ikan
2. Rumput laut
3. Sayuran segar
4. Teh hijau

5. Shodo atau kaligrafi Jepang

Shodo merupakan seni kaligrafi Jepang yang dibuat menggunakan kuas, seni ini bukan hanya sekedar tulisan indah saja akan tetapi dibutuhkan konsentrasi dalam membuatnya.

Salah satu cara yang dilakukan orang Jepang dalam upaya meningkatkan fokus mereka yakni dengan membuat shodo atau kaligrafi Jepang. Membuat shodo akan melatih pikiran untuk tetap hadir dan fokus dalam membentuk setiap karakter.

Jika, Anda mempunyai masalah fokus maka cobalah untuk berlatih membuat kaligrafi shodo atau kaligrafi lainnya.

6. Shiritori atau permainan rantai kata

Jika mendengar kata bermain pasti yang terlintas dalam otak adalah kegiatan yang menghibur, menyenangkan, atau dapat menghilangkan rasa bosan. Namun, ternyata ada permainan yang dapat meningkatkan IQ dan fokus.

Shiritori merupakan permainan rantai kata asal Jepang, permainan ini bukan hanya menyenangkan dan menarik saja. Namun, permainan ini cukup menantang yakni dimana para pemain akan bergiliran membentuk kata yang dimulai dengan suku kata terakhir dari kata sebelumnya.

Dalam melakukan permainan para pemain membutuhkan pemikiran cepat, ingatan yang baik, dan konsentrasi penuh sehingga permainan ini cocok dalam meningkatkan IQ dan fokus seseorang.

7. Pranayama atau latihan pernapasan

Pranayama merupakan latihan pernapasan yang dilakukan Orang Jepang untuk meningkatkan IQ dan fokus. Manfaat lain yang diberikan jika melakukan pranayama secara rutin yakni akan meningkatkan daya ingat dan keterampilan dalam pengambilan keputusan.

Penelitian International Journal of Yoga menyatakan latihan pranayama dapat membantu mengurangi stres dan dapat meningkatkan kesehatan kognitif. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper