Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Steve Huffman, CEO Reddit Kantongi Paket Kompensasi Rp3,05 Triliun

Paket kompensasi Rp3,05 triliun dikantongi CEO Reddit Steve Huffman
Steve Huffman, CEO Reddit Kantongi Paket Kompensasi Rp3,05 Triliun/bloomberg
Steve Huffman, CEO Reddit Kantongi Paket Kompensasi Rp3,05 Triliun/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - CEO Reddit Steve Huffman dikritik karena telah menerima paket kompensasi fantastis sebesar US$193 juta atau Rp3,03 triliun.

Sejak tersiar kabar tentang pembayaran Huffman, pengguna di Quora, Reddit, dan X mengkritik paket kompensasi tersebut.

Beberapa orang merasa jumlah tersebut terlalu tinggi untuk platform yang tidak membayar moderator atau pengguna dan untuk perusahaan yang sejauh ini belum memperoleh keuntungan.

Huffman menjawab pertanyaan dan kritikan itu.

CEO tersebut mengatakan pembayaran yang diterimanya didasarkan pada gaji dan saham, dan anggota dewan Reddit menetapkan jumlah berdasarkan kinerjanya.

Menurut pengajuan SEC, Huffman mendapat gaji sebesar US$341.346 pada tahun 2023, yang relatif rendah untuk seorang CEO sebuah perusahaan publik besar.

Pada bulan Februari, jumlah ini dinaikkan menjadi US$550.000. Dia juga mendapat bonus US$792.000 tahun lalu berdasarkan jumlah pengguna Reddit, pendapatan, dan jenis profitabilitas yang dikenal sebagai EBITDA yang disesuaikan yang tidak termasuk pengeluaran tertentu.

Sebagian besar paket kompensasinya kini berupa unit saham terbatas dan opsi saham. Banyak dari kompensasi ini didasarkan pada Huffman yang bertahan di Reddit hingga akhir tahun 2028, dan beberapa dipicu berdasarkan penyelesaian IPO, menurut pengajuan SEC.

Setengah dari opsi saham berada pada US$25,29, sebuah batasan yang relatif mudah dijangkau. Setengah lainnya hanya akan diberikan jika saham Reddit mencapai $45, $60, dan $90 dalam perdagangan pasar publik selama 10 tahun, jelas pengajuan SEC. Itu adalah batasan yang lebih tinggi dan menyelaraskan kepentingan CEO dengan pemegang saham.

Namun, pengajuan SEC juga menyatakan bahwa beberapa penghargaan RSU berbasis kinerja Huffman sebelumnya dibatalkan karena hibah tersebut "tidak memberikan insentif yang dimaksudkan pada awalnya." Reddit melanjutkan dengan mengatakan bahwa mereka membatalkan banyak “PRSU yang kinerjanya belum tercapai.”

Selain itu, Huffman sudah memiliki sekitar 3,2% saham Reddit. Perusahaan menargetkan valuasi US$6,4 miliar untuk IPO mendatang minggu ini. Jadi, saham sang CEO akan bernilai sekitar US$200 juta, bahkan sebelum kompensasi ekuitas barunya mulai berlaku.

Reddit dan investornya berencana menjual 22 juta saham dan menargetkan harga IPO US$31 hingga US$34.

Zuckerberg versus Elon

Sebaliknya, salah satu pendiri dan CEO Meta, Mark Zuckerberg, mendapat gaji tahunan sebesar $1, dan tidak diberikan bonus dan penghargaan ekuitas nol pada tahun 2020, 2021, dan 2020, menurut pengajuan proksi tahunan terbaru Meta.

Meta membayar lebih dari $20 juta per tahun untuk menutupi keamanan Zuckerberg dan penggunaan jet pribadi. Dan, tentu saja, dia memiliki saham besar di perusahaan tersebut, jadi jika kinerjanya membaik, saham Meta akan naik, sehingga membuatnya semakin kaya. Perusahaan juga mulai mengeluarkan dividen, yang berarti Zuckerberg mengumpulkan ratusan juta dolar per tahun dari pembayaran tersebut.

Elon Musk berada di ujung lain spektrum. Paket gajinya di Tesla bernilai lebih dari $50 miliar. Seorang hakim Delaware baru-baru ini membatalkan kompensasi ini.

Peluang Huffman untuk menjadi lebih kaya
Kembali ke Reddit, kecil kemungkinannya Huffman akan mendapatkan kompensasi sebesar $193 juta. Itu adalah perkiraan yang harus dibuat perusahaan untuk tujuan regulasi dan pengungkapan. Hal ini didasarkan pada estimasi nilai wajar paket pada tanggal tertentu.

RSU barunya dicicil hingga akhir tahun 2028, dan opsi saham dapat dilaksanakan selama 10 tahun, tetapi hanya jika saham Reddit bertahan dan kemudian naik lebih tinggi.

Bagaimanapun, Huffman sudah sangat kaya dan memiliki peluang untuk menjadi lebih kaya lagi ketika Reddit go public.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper