Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Steve Huffman, Salah Satu Pendiri Reddit yang Belajar jadi Programmer Sejak Usia 8 Tahun

Belajar jadi progammer sejak usia 8 tahun, kenalin salah satu pendiri Reddit Steve Huffman
Steve Huffman/bloomberg
Steve Huffman/bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Reddit adalah sebuah situs web agregasi berita sosial, pemeringkatan konten, dan diskusi asal Amerika Serikat.

Pengguna terdaftar mengirimkan konten ke situs tersebut seperti tautan, posting teks, gambar, dan video, yang kemudian di "upvote" atau "downvote" oleh setiap anggota lainnya.

Situs ini menjadi salah satu yang paling banyak dipakai di AS dan berbagai negara lainnya.

Di balik kesuksesan Reddit, ada nama Steve Huffman salah satu pendiri dan CEO dari agregasi berita sosial dan situs web diskusi Reddit

Huffman adalah seorang pengembang web dan pengusaha Amerika yang membuat situs web dengan Alexis Ohanian pada tahun 2005 dan menjualnya jutaan dolar pada tahun berikutnya.

Dia menjual situs itu hanya beberapa hari lagi dari ulang tahunnya yang ke-23.

Dia juga ikut mendirikan situs web mesin pencari tiket pesawat Hipmunk dengan penulis dan pengembang perangkat lunak Adam Goldstein.

Huffman masuk dalam daftar 30 di bawah 30 oleh 'Inc.' majalah bisnis pada tahun 2011.

Steve Huffman lahir pada 12 November 1983 di Warrenton, Virginia, Amerika Serikat. Ibunya adalah seorang pengacara yang menyelesaikan sekolah hukum ketika Steven masih kecil.

Dia memiliki tiga adik laki-laki. Dia lulus dari Wakefield School di The Plains, Virginia, pada tahun 2001. Dia memperoleh gelarnya di bidang ilmu komputer dari University of Virginia pada tahun 2005.

Saat itu dia telah berkencan dengan Katie Babiarz, seorang mahasiswa kedokteran, selama beberapa tahun. Mereka mempertahankan hubungan jarak jauh saat dia sedang membangun Reddit di Boston, dan kemudian menikah pada tahun 2009, namun bercerai.

Memulai dari usia 8 tahun

Steve Huffman mulai memprogram ketika dia berusia sekitar delapan tahun.

Selama tahun seniornya di universitas, dia dan teman sekamarnya Alexis Ohanian mengembangkan sistem pemesanan makanan berbasis telepon bernama 'My Mobile Menu', disingkat menjadi 'MMM'.

Sayangnya, aplikasi itu ditolak karena tidak cukup banyak orang yang menjelajahi internet di ponsel mereka pada saat itu. Namun, mereka sukses mengembangkan ide start-up lainnya, yang disebutnya "front page of the Internet".

Huffman mengkodekan seluruh situs Reddit di Lisp dalam satu bulan. Y Combinator mendanai peluncurannya pada bulan Juni 2005.

Situs tersebut tumbuh secara eksponensial dalam waktu singkat. Tapi, Huffman dan Ohanian, memutuskan untuk menjual situs tersebut ke perusahaan media massa Condé Nast pada tanggal 31 Oktober 2006 seharga US$10-20 juta. Huffman tetap menjabat CEO Reddit hingga 2009.

Karier Huffman

Pada tahun 2010, Steve Huffman bersama-sama membuat situs perjalanan Hipmunk dengan Adam Goldstein, seorang penulis dan pengembang perangkat lunak.

Situs web ini juga didanai oleh Y Combinator, dan Huffman menjabat sebagai Chief Technology Officer, sementara Goldstein menjadi CEO-nya.

Setelah CEO Reddit saat itu Ellen Pao mengundurkan diri, Huffman dipekerjakan di posisi itu dan segera fokus pada pengembangan aplikasi iOS dan Android.

Selain beberapa peningkatan teknologi, dia juga menyiapkan pedoman konten baru, menjadikan situs lebih ramah pengiklan, dan memimpin desain ulang situs web, yang diluncurkan pada April 2018 setelah satu tahun pengembangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper